Sukses

Penyebab Kencing Batu dan Cara Mencegahnya yang Perlu Diketahui

Mengenal penyebab kencing batu dan cara pencegahannya yang bisa diterapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kencing batu adalah salah satu penyakit yang cukup sering ditemui. Penyebab kencing batu ialah endapan yang mengeras di ginjal, kandung kemih, ataupun saluran kencing. Kencing batu bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat, dan bila tidak segera ditangani, juga bisa menyebabkan rusaknya fungsi ginjal dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Mengutip dari situs Kidney.org, setiap tahunnya ada lebih dari setengah juta orang masuk ke UGD karena masalah kencing batu. Menurut perkiraan, sebanyak 1 dari 10 orang akan memiliki kencing batu selama masa hidupnya. Laki-laki memiliki riisiko lebih besar untuk terkena kencing batu dibandingkan perempuan.

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab kencing batu. Akan tetapi, kebanyakan dari penyebab tersebut adalah gaya hidup. Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup sehat penting untuk mencegah supaya kita tidak menderita penyakit ini.

Berikut ini beberapa penyebab kencing batu, beserta cara menanganinya yang dirangkum oleh tim Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kencing Batu dan Gejalanya

Kencing batu disebabkan karena limbah tubuh yang seharusnya larut dan dibuang bersama dengan urin mengendap dan mengeras membentuk batu. Mengutip dari situs Kidney.org, urin mengandung banyak limbah yang larut di dalamnya. Ketika terlalu banyak limbah, tetapi terlalu sedikit cairan maka limbah akan mulai membentuk kristal. Kristal-kristal ini kemudian menarik elemen-elemen lain yang kemudian membuatnya semakin besar, kecuali bila mereka dikeluarkan dari tubuh dengan urin.

Biasanya, orang-orang yang memiliki cairan yang cukup dapat membuang kristal-kristal ini atau zat-zat kimia lain dalam urin menghentikan pembentukan batu. Setelah batu terbentuk, maka ia bisa tetap berada di dalam ginjal maupun bergerak melalui saluran kemih menuju ke ureter.

Pada beberapa kesempatan, batu-batu yang berukuran kecil dapat keluar dari tubuh tanpa menyebabkan rasa sakit yang terlalu parah. Akan tetapi, kencing batu dapat menyebabkan penyumbatan urin di ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra yang menyebabkan rasa sakit.

Berikut ini adalah berbagai gejala kencing batu yang dikutip dari situs Clevelandclinic:

- Merasakan sakit di bagian belakang bawah atau sisi tubuh

- Merasakan mual dan atau muntah yang disertai rasa sakit

- Ada darah di urin

- Merasakan sakit ketika buang air kecil

- Sulit atau tidak bisa buang air kecil

- Merasa butuh untuk buang air kecil lebih sering

- Demam

- Urin terlihat keruh dan bau

3 dari 4 halaman

Penyebab Kencing Batu

Setelah mengetahui apa itu kencing batu dan gejalanya, baik untuk kita mengetahui apa penyebab kencing batu. Berikut ini adalah penyebab kencing batu:

1. Kurang Minum Air Putih

Penyebab kencing batu yang pertama ialah kurangnya konsumsi air putih. Kurangnya konsumsi air putih adalah penyebab utama kencing batu.

Air putih penting bagi tubuh untuk membantu membuah limbah-limbah yang ada di dalam tubuh. Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan limbah dalam tubuh mengendap dan kemudian mengkristal. Kristal-kristal yang terbentuk dari endapan limbah tersebutlah yang menyebabkan kencing batu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hariny untuk mencegah kristal-kristal tersebut terbentuk dan menyebabkan kencing batu.

2. Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat bisa menjadi penyebab kencing batu. Mengkonsumsi terlalu banyak protein hewani atau daging-dagingan dan kurangnya konsumsi buah-buahan dapat menyebabkan urin menjadi semakin asam. Hal ini bisa menyebabkan kencing batu. Terlalu banyak mengkonsumsi sodium (garam) dan gula juga bisa meningkatkan resiko terbentuknya batu yang menyebabkan kencing batu.

3. Penyakit atau masalah kesehatan

Penyebab kencing batu yang berikutnya ialah penyakit atau masalah kesehatan. Beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang diderita seseorang dapat membantu meningkatkan potensi kencing batu. Beberapa penyakit yang bisa meningkatkan resiko kencing batu adalah Hypercalciuria, tekanan darah tinggi, diabetes, oesteoporosis, kista ginjal, penyakit paratiroid, penyakit radang usus, dan diare kronis.

Penyakit kencing batu juga bisa disebabkan oleh berbagai tindakan medis seperti operasi penurunan berat badan, atau operasi perut dan usus lainnya. Selain itu, obesitas atau kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kencing batu.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kencing Batu

Setelah mengetahui penyebab kencing batu, ada baiknya apa bila kita mengetahui cara mencegah penyakit ini. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau menurunkan resiko terkena penyakit kencing batu. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kencing batu:

1. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Kurangnya konsumsi air putih adalah salah satu penyebab utama dari kencing batu. Mengonsumsi air putih yang mencukupi setiap hari membantu tubuh untuk membuang limbah yang terdapat di dalam tubuh dan mencegah terbentuknya batu yang menyebabkan kencing batu.

Seseorang disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 12 gelas air putih setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kencing batu.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Pola makan juga dapat mempengaruhi resiko seseorang terkena penyakit kencing batu. Mengurangi konsumsi daging atau protein hewani berlebihan dapat membantu kita untuk menurunkan resiko kencing batu karena protein hewani dapat menyebabkan urin menjadi asam dan dapat memicu terbentuknya batu di ginjal.

Mengonsumsi cukup buah-buahan dapat membantu seseorang untuk menurunkan keasaman urin. Selain itu, kita juga perlu untuk menjaga jumlah garam dan gula yang kita konsumsi untuk mencegah penyakit ini.

3. Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab kencing batu. Bagi orang yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badannya menjadi normal bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena penyakit kencing batu.

Akan tetapi, perlu hati-hati untuk tidak mengikuti pola diet dengan konsumsi protein hewani berlebihan karena ini juga bisa menambah resiko terkena kencing batu. Pola diet yang seimbang antara konsumsi daging, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu untuk mencegah kencing batu dan menjaga kesehatan badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.