Sukses

Viral Penampakan Gapura dan Jalan Tak Sinkron, Bikin Nyasar

Liputan6.com, Jakarta Gapura sudah tak asing lagi ditempatkan pada konstruksi jalanan. Biasanya gapura dibangun untuk menandakan memasuki sebuah wilayah atau sebagai tanda perbatasan wilayah. Mulai dari batas desa, hingga batas provinsi punya gapura ikonik-nya masing-masing.

Umumnya, gapura bakal didirikan persis dan tepat berada di atas jalan. Namun berbeda dengan video nyeleneh yang belakangan viral di jagat maya. Lewat unggahan akun Tik Tok @hestytanser, jalan dan gapura ini tak sinkron. 

Awal video tersebut menunjukkan sebuah gapura yang berdiri megah. Bahkan terlihat cat yang masih terbilang baru. Namun tak ada jalan lebar di bawahnya, yang ada malah jalan setapak yang biasa dilewati pejalan kaki. 

Justru jalan lebar menganga tepat di samping gapura megah itu. Bahkan bisa untuk berpapasan bagi kendaraan roda empat. Diketahui gapura dan jalan yang tak sinkron ini berada di Kecamatan Warmare, Manokwari, Papua barat.

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum penampakan gapura tak sinkron dengan jalan ini melansir dari akun Tik Tok @hestytanser, Sabtu (16/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ditumbuhi Semak

Video yang menyita perhatian itu memperlihatkan gapura megah yang berdiri tak sejajar dengan jalan utama. Bahkan jalan setapak di bawahnya justru sekilas ditumbuhi semak. Tak perlu ditanyakan lagi, rumput liar menutupi seluruh permukaan tanah area gapura itu berdiri.

Selain tak sinkron dengan jalan utama, gapura dengan jalan setapak ini seolah dimiliki seorang saja. Gapura setinggi hampir 5 meter itu bahkan seolah menjadi gapura masuk rumah di belakangnya. Tak sedikit netizen yang merasa terhibur dengan uniknya gapura ini. 

3 dari 4 halaman

Bikin Nyasar

Gapura berwarna hitam dengan panjang 10 meter itu memang tampak meyakinkan sebagai pintu gerbang utama sebuah wilayah. Namun siapa sangka, gapura yang tak sinkron dengan jalan utama ini kerap menyesatkan para pengguna jalan yang bukan berasal dari wilayah itu. Seperti para kurir pengantar barang yang justru nyasar.

“Saya pernah antar barang masuk kesitu hampir saja salah jalan untungnya ada yang ngasih tau,” curhat pengguna TikTok @kang_mimisan_.

Tak heran jika gapura berwarna hitam dengan motif cokelat itu bikin nyasar. Warga sekitar seolah sudah wajar dengan ketidak sinkronan gapura dengan jalan utama itu. 

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Melihat video gapura dan jalan yang tak sejajar ini, banyak netizen yang heran. Bahkan mereka menganggap pembangunan gapura itu penuh misteri asal-usulnya. Selebihnya tak sedikit netizen yang selalu bingung jika lewat wilayah itu. 

“Sampai sekarang sa masih bingung tiap kali lewat dpn gapura ini,” komentar akun @jacksonamtiran

“Kayanya itu bukan gapura...itu kaya pintu masuk rumah yg didalam,” komentar akun @roydesidrive.

“Jalan yang lama memang di situ kk, yang sampingnya itu baru di buat,” komentar akun @osebetamaluku

“Tempat masuknya mahkluk tak kasat mata,” komentar akun @mayudskuy

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.