Sukses

14 Manfaat Akar Alang-Alang sebagai Obat Berbagai Penyakit, Aman tanpa Efek Samping

Ketahui manfaat akar alang-alang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa timbulkan efek samping.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat akar alang-alang memang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Umumnya, manfaat akar alang-alang hanya diketahui sebagai obat panas dalam. Lebih dari itu manfaat akar alang-alang sangatlah kaya.

Manfaat akar alang-alang sering kita jumpai sebagai salah satu bahan obat panas dalam. Itu adalah salah satu manfaat praktis yang bisa kita peroleh dari alang-alang, mengingat sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan.

Namun, penting untuk diketahui  bahwa manfaat akar alang-alang tidak hanya sekadar dapat menjadi obat panas dalam saja, tapi juga memiliki manfaat lain yang juga tak kalah penting bagi kesehatan.

Bahkan manfaat akar alang-alang juga dipercaya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, manfaat akar alang-alang sebagai obat juga dinilai paling aman, karena tidak menimbulkan efek samping. Berikut manfaat akar alang-alang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aman tanpa efek samping

Keamanan akar alang-alang sebagai obat diungkapkan oleh Zuraida Zulkarnain, dkk., dalam artikel ilmiahnya berjudul, "Studi Literatur untuk Memperoleh Dasar Ilmiah Penggunaan Akar Alang-alang sebagai Ramuan Jamu untuk Penyembuhan Beberapa Penyakit di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus" (2019).

Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa sampai saat ini belum ada laporan kematian akibat overdosis alang-alang. Ini dibuktikan pada sebuah eksperimen terhadap lima ekor tikus yang diberikan ekstrak alang-alang dengan dosis tertentu. Dalam 14 hari tidak terjadi tanda-tanda toksisitas baik secara histopatologis maupun mortalitas.

Dengan begitu dapat dipahami bahwa selain dipercaya sebagai obat yang manjur untuk segala jenis penyakit, manfaat akar alang-alang juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dengan kata lain, akar alang-alang merupakan bahan yang aman untuk dikonsumsi demi mendapatkan manfaat kesehatan.

Lalu apa saja manfaat akar alang-alang bagi kesehatan? Berikut adalah sejumlah manfaat akar alang-alang bagi kesehatan, seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/7/2022).

3 dari 5 halaman

Manfaat akar alang-alang untuk obat panas dalam sampai hipertensi

1. Mengatasi Panas Dalam

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, manfaat akar alang-alang lebih banyak dikenal adalah sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Maka tidak mengherankan jika banyak produk minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya.

Dengan demikian, manfaat akar alang-alang bisa sebagai obat panas dalam bisa kita peroleh secara praktis tanpa perlu mengolahnya sendiri.

2. Obat Mimisan

Manfaat akar alang-alang tidak sebatas hanya mengobati panas dalam, namun juga dapat menghentikan pendarahan di hidung atau yang disebut mimisan. Manfaat akar alang-alang untuk menghentikan mimisan bisa kita dapatkan dengan cara yang cukup mudah.

Cukup cuci bersih akar alang-alang, kemudian tumbuk hingga memar dan berair. Setelah itu peras sampai hanya tersisa airnya, kemudian minumlah air sari dari akar alang-alang tersebut secara rutin.

3. Obat Asma

Manfaat akar alang-alang ternyata juga bisa mengatasi penyakit pernapasan seperti asma. Bahkan untuk mendapatkan manfaat obat asma dari akar alang-alang juga tidak sulit.

Cara membuat ramuan tradisional  ini adalah dengan menyiapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur. Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dengan 200 ml air.

Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum secara rutin agar asma dapat berhenti. Namun perlu juga diketahui berbagai pantangan kegiatan dan makanan bagi penderita asma untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh.

4. Obat Hipertensi

Manfaat akar alang-alang lainnya juga bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Ini tidak lain karena peran zat aktif yang terdapat pada akar alang-alang. Zat ini berperan aktif mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Dengan mengonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin, dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat akar alang-alang untuk sebagai obat hipertensi tentu akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan. Penderita hipertensi diharapkan untuk menghindari beberapa makanan seperti udang, melinjo, dan konsumsi garam yang berlebih.

5. Atasi Masalah Susah Buang Air Kecil

Masalah buang air kecil tentu membuat tidak nyaman, namun, manfaat akar alang-alang bisa mengatasi hal itu. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat masalah buang air kencing cukup dengan merebus potongan akar alang-alang yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Minum air rebusannya secara rutin 2 kali sehari. Jangan lupa disaring dahulu sebelum diminum.

4 dari 5 halaman

Manfaat akar alang-alang untuk obat diare sampai pendarahan

 

6. Menjaga Kesehatan Kesehatan Jantung

Manfaat akar alang-alang juga dapat menjaga kesehatan jantung. Ini tak lepas dari kandungan akar alang-alang berupa imperanene dan graminone B. Kedua zat ini ini berkhasiat untuk menghambat pembekuan sel darah dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh aorta di jantung.

Mengonsumsi air rebusan akar alang-alang yang telah disaring secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung.

7. Obat Diare

Manfaat akar alang-alang juga dapat mengobati diare, baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat diare, cukup cuci 250 gram akar alang-alang, kemudian rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah itu, saring air rebusan akar alang-alang. Minum setelah buang air besar.

8. Obat Keputihan

Manfaat akar alang-alang lainnya adalah dapat mengatasi keputihan. Keputihan memang kondisi yang umum dialami perempuan. Namun sebagian jenis keputihan bisa jadi sangat merepotkan dan mengganggu. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan akar alang-alang.

Akar alang-alang dapat direbus bersama dengan bahan-bahan herbal alami lainnya seperti daun pepaya dan pulasari. Air rebusan yang telah disaring dapat diminum secara rutin sebanyak dua kali sehari, siang dan malam. Ramuan ini dipercaya dapat mengobati keputihan dan mencegah keputihan muncul kembali.

9. Obat Kencing Manis

Manfaat akar alang-alang yang selanjutnya adalah sebagai obat kencing manis. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat kencing manis, siapkan 100 gram akar alang-alang yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Potong dadu akar alang-alang kemudian rebus bersama dengan dua gelas air.

Setelah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas. Konsumsi air rebusan saat masih hangat. Apabila dikonsumsi sebanyak dua kali sehari secara rutin, minuman herbal akar alang-alang ini akan membantu kamu meredakan penyakit kencing manis.

10. Obat Muntah Darah

Menurut ahli, manfaat akar alang-alang juga dipercaya ampuh atasi gangguan perut salah satunya adalah muntah darah. Untuk bisa mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat muntah darah, cukup 30-70 gr akar alang-alang, kemudian potong kecil-kecil rebus dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa sekitar 1 gelas. Minum jika sudah dingin dan lakukan secara rutin sampai muntah darah hilang.

5 dari 5 halaman

Manfaat akar alang-alang untuk atasi peradangan

11. Obat Radang Ginjal

Manfaat akar alang-alang juga dipercaya sebagai obat radang ginjal yang ampuh, bahkan untuk mengatasi radang ginjal yang sudah parah. untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat radang ginjal, siapkan 30 gr atau secukupnya akar ilalang, potong kecil-kecil rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari. Namun tetap mengecek keadaan penyakit Anda.

12. Atasi Kencing Darah

Manfaat akar alang-alang juga dipercaya dapat mengatasi kencing darah. Kencing darah dapat terjadi oleh banyak penyebab, umumnya karena terjadi pendarah dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat kencing darah, cukup siapkan akar alang-alang kering lalu direbus dengan 2 gelas air, tambahkan 3 irisan tang kwe semacam labu putih atau beligo sampai mendidih hingga menyisakan 1 gelas air. Minumlah secara rutin 2 kali sehari sampai kencing darah hilang.

13. Sebagai Obat Kencing Terus Menerus

Masalah buang air kecil memang sangat mengganggu. Apalagi jika terjadi terus menerus. Namun manfaat akar alang-alang juga dipercaya dapat mengatasi masalah ini.

Manfaat akar alang-alang sebagai obat untuk mengatasi masalah buang air kecil yang terjadi terus menerus bisa tidak lepas dari peran kandungan dalam akar alang-alang memang sangat menolong sistem ginjal pada tubuh.

14. Sebagai Obat Radang Hati

Tidak hanya ampuh mengatasi radang ginjal, manfaat akar alang-alang juga dipercaya dapat mengatasi radang atau pendarahan pada organ vital lainnya, termasuk hati. Caranya, siapkan akar ilalang secukupnya, rebus dan diminum secara rutin.

Demikian sejumlah manfaat akar alang-alang yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam jenis penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.