Sukses

Konsep Adalah Ide atau Gagasan, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Ketahui pengertian tentang konsep, kenali ciri dan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Konsep adalah kata yang berasal dari bahasa Latin Akhir conceptus, dan dari bahasa Latin concipere, yang berarti "untuk memasukkan, memahami, menerima." Konsep adalah ide yang dikandung dalam pikiran.

Semula kata conceptus memiliki arti yang sama dengan memasukkan sperma ke dalam rahim. Kemudian kata itu mengalami perluasan makna, sehingga memiliki makna "memasukkan ide ke dalam pikiran."

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa konsep adalah ide atau gagasan. Tentu saja konsep adalah kata yang tidak bisa dimaknai secara sederhana. Namun dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa konsep adalah sesuatu yang terkait dengan ide, gagasan, dan aktivitas berpikir.

Konsep adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsep adalah gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai konsep, ada baiknya kita mempelajari pengertian konsep menurut para ahli. Berikut adalah pengertian konsep menurut para ahli, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

1. Konsep Menurut Soedjadi

Konsep adalah suatu ide abstrak yang bisa digunakan untuk penggolongan atau klasifikasi yang umumnya dinyatakan dengan serangkaian kata atau istilah.

2. Konsep Menurut Aristoteles

Dalam bukunya “Teori konsep klasik” Aristoteles menjelaskan bahwa konsep adalah komponen utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

3. Konsep Menurut Bahri

Pengertian konsep tersebut merupakan satu kesatuan makna yang mewakili serangkaian objek yang memiliki kesamaan properti. rancangan itu sendiri dapat dilambangkan dalam bentuk kata (simbol bahasa).

4. Konsep Menurut Umar

Konsep adalah beberapa teori yang berkaitan dengan suatu objek. rancangan dapat dibuat dengan mengklasifikasikan dan mengelompokkan objek tertentu dengan karakteristik yang sama atau mirip.

5. Konsep Menurut Woodruff

Pengertian konsep menurut Woodruff adalah suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek atau benda).

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Konsep

Dari sejumlah pengertian konsep yang dikemukakan para ahli, dapat diketahui bahwa konsep memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

1. Konsep ini sifatnya abstrak dan gambaran mental dari objek, peristiwa atau kegiatan.

2. Secara umum konsep adalah kumpulan benda yang memiliki sifat atau kualitas.

3. Konsep bersifat personal.

4. Konsep dapat dipahami dengan belajar dari pengalaman.

5. Arti konsep bukan pertanyaan tentang makna kata seperti dalam kamus, tapi lebih luas dan berbeda.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Konsep

Selain memiliki ciri yang menjadi tanda sesuatu disebut sebagai konsep, konsep juga memiliki beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

1. Konsep Jarak

Konsep jarak menguji jarak antara satu tempat dan tempat lainnya. Rancangan jarak dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu jarak relatif dan jarak absolut. Semakin sempit jarak antar daerah, semakin mudah komunikasi dan hubungan timbal balik. Jarak absolut diukur memakai satuan panjang dan jarak relatif dgn memperhitungkan waktu, biaya dan rute.

2. Konsep Pola

Penataan objek spasial di permukaan bumi diperiksa menggunakan konsep pola. Aktivitas manusia dalam penggunaan alam membentuk pola spasial tertentu. Contohnya adalah rumah dengan motif memanjang di sepanjang garis sungai.

3. Konsep Keterjangkauan

Konsep aksesibilitas ekonomi menguji aksesibilitas suatu tempat. Ketersediaan infrastruktur untuk mencapai suatu daerah menentukan tingkat aksesibilitas. Daerah-daerah terpencil bisa diakses jika ada sarana dan fasilitas yang memadai.

4. Konsep Aglomerasi

Konsep aglomerasi terkait dengan konsentrasi atau pengelompokan suatu fenomena di permukaan bumi. Misalnya, konsentrasi area komersial di pusat kota.

5. Konsep Morfologis

Konsep morfologi terkait dengan bentuk permukaan bumi. Misalnya, bentuk sungai yang berliku-liku akibat proses erosi dan sedimentasi yang telah terjadi pada permukaan rendah.

6. Konsep Keterkaitan Keruangan

Konsep koneksi spasial menunjukkan sejauh mana kebutuhan bersama antar daerah. Sebagai contoh, perbedaan potensial antar daerah mempromosikan hubungan dalam memenuhi kebutuhan material dan sosial penduduk. Contohnya adalah di daerah di pantai, harga ikan murah karena dekat pantai tempat banyak ikan diproduksi.

7. Konsep Nilai Guna

Setiap daerah mempunyai potensi yang berbeda. Keragaman potensi memiliki nilai guna yang beragam pula. Ciri-ciri populasi suatu daerah dapat menentukan nilai penggunaan suatu wilayah. Jika banyak potensi dikembangkan, maka semakin besar nilai untuk digunakan di rumah. Contohnya adalah pantai dimanfaatkan para petani untuk mencari nafkah, tetapi pantai manfaatkan oleh wisatawan sebagai objek wisata.

8. Konsep Interaksi dan Interdependensi

Interaksi menunjukkan hubungan antara dua wilayah atau lebih. Saling ketergantungan adalah hubungan antar daerah yang telah mencapai tahap kecanduan. Misalnya, petani desa menghasilkan gandum, sementara kota memilih gandum dalam bahan makanan olahan.

5 dari 5 halaman

Fungsi Konsep

Konsep memiliki sejumlah fungsi dan kegunaan dalam berbagai bidang. Berikut merupakan beberapa fungsi konsep secara umum.

1. Fungsi Konsep Kognitif

Fungsi konsep kognitif adalah suatu kemampuan manusia dalam berfikir secara optimal, dengan membentuk sebuah konsep agar dalam kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik.

2. Fungsi Konsep Evaluatif

Fungsi konsep evaluatif adalah suatu kemampuan manusia dalam meneliti dan menentukan nilai dari sebuah objek tertentu dan menjadi Ilmu Pengetahuan yang baru dalam kehidupan sehari-harinya.

3. Fungsi Konsep Operasional

Fungsi konsep operasional adalah suatu kemampuan manusia dalam melaksanakan proses suatu penelitian pada objek tertentu, dengan menggunakan sebuah konsep agar menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Fungsi Konsep Komunikasi

Fungsi konsep komunikasi adalah suatu kemampuan manusia dalam menjelaskan suatu ide atau gagasan atas suatu objek dan peristiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.