Sukses

40 Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Perangkat keras komputer atau hardware adalah alat mengoperasikan komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami ada empat puluh macam perangkat keras komputer yang perlu diketahui. Perangkat keras komputer atau hardware adalah komponen penting dari penyusun komputer yang berbentuk fisik atau benda. Fungsi utama perangkat keras komputer atau hardware adalah alat mengoperasikan komputer.

Apa saja macam perangkat keras komputer yang dimaksudkan tersebut? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, empat puluh macam perangkat keras komputer adalah terdiri dari media input (media masukkan), media pemroses, media output (media keluaran), dan media menyimpanan.

Dalam buku berjudul Panduan Pengantar Belajar Hardware dan Software oleh Yudha Yudhanto, dijelaskan pada setiap komputer pasti disusun oleh empat macam perangkat keras komputer seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Contoh macam perangkat keras input adalah keyboard dan mouse. Macam perangkat keras pemroses adalah prosesor sebagai pelaksana perintah.

Kemudian macam perangkat keras output adalah monitor yang bisa menampilkan teks dari media masukkan keyboard. Terakhir, macam perangkat keras penyimpanan adalah harddisk yang berperan penting menyimpan data di sebuah komputer.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam empat puluh macam perangkat komputer dan penjelasan fungsinya, Minggu (31/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasan Fungsinya

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah macam perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer. Terutama CPU sebagai macam perangkat keras komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer. Macam perangkat keras komputer seperti CPU disebut otak dari komputer.

2. Motherboard (Mainboard)

Mainboard adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya terhubungnya komponen-komponen. Ini papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

3. Monitor

Monitor adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer. Keluaran dari macam perangkat keras komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

4. Keyboard

Keyboard adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu. Kemudian fungsi macam perangkat keras komputer ini melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard sebagai macam perangkat keras komputer disebut sebagai papan ketik pada komputer.

5. Mouse

Mouse adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor.

6. RAM (Random Access Memory)

Ram (Random Access Memory) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

7. Harddisk

Harddisk adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai penyimpanan. Ini macam perangkat keras komputer yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida. Harddisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

8. Processor

Processor adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya melakukan pembacaan, pengertian, dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.

9. Power Supply 

Power Supply adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

10. LAN Card (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.

3 dari 5 halaman

Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasan Fungsinya

11. Trackball

Trackball adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

12. Lightpen

Lightpen adalah macam perangkat keras komputer atau pointer elektronik yang fungsinya memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).

13. Barcode Reader

Barcode Reader adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya membaca barcode data.

14. Digitizer

Digitizer adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya merubah perangkat atau data analog menjadi data digital.

15. CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

16. Touchpad

Touchpad adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus.

Macam perangkat keras komputer ini dapat menerjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor.

Dijelaskan, macam perangkat keras komputer touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

17. WebCam

WebCam adalah macam perangkat keras komputer yang disebut bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web). Macam perangkat keras komputer ini berperan sebagai program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

18. Microphone

Microphone adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone sebagai macam perangkat keras komputer memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

19. Magnetic Tape

Magnetic Tape adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.

20. Projector

Projecetor adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

4 dari 5 halaman

Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasan Fungsinya

21. AGP Card (Accelerated Graphics Port)

AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

22. VGA Card (Video Graphics Accelerator)

VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

23. FDD (Floppy Disk Drive)

FDD (Floopy Disk Drive) adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.

24. Joystick

Joystick adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

25. Printer

Printer adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mencetak data seperti gambar atau foto, tulisan pada media kertas.

26. CD ROM atau DVD ROM

CD ROM atau DVD ROM adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

27. Scanner

Scanner adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Fungsi macam perangkat keras komputer ini adalah mengcopy data objek, lalu dipindahkan kedalam memory komputer, dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

28. Modem

Modem adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menghubungkan komputer ke jaringan internet.

29. Speaker

Speaker adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

30. Flashdisk

Flashdisk adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Kapasitas macam perangkat keras komputer seperti flashdisk adalah ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

5 dari 5 halaman

Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasan Fungsinya

31. UPS (Uninterruptible Power Supply)

UPS adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya memberikan suplai atau menghantarkan listrik ketika tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi. Macam perangkat keras komputer ini disebut pula sebagai cadangan listrik ketika tegangan listrik utamanya padam.

32. Tv Tuner Card

Tv Tuner Card adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menyiarkan tv pada komputer.

33. Network Card

Network Card adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya penghubung antara komputer server dengan komputer client. Network card sebagai macam perangkat keras komputer adalah berperan sebagai jembatan.

34. Kabel Data

Kabel data adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone.

35. Headset

Headset adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.

36. Heatsink (Kipas Pendingin)

Heatsink adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya membantu proses pendinginan pada processor agar komputer lebih stabil.

37. Sound Card

Sound Card adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.

38. Router

Router adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

39. Hub atau Switch

Hub atau switch adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.

40. Card Reader

Card Reader adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya. Mulai dari SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.