Sukses

7 Penyebab Tenggorokan Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Penyebab tenggorokan gatal bisa juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab tenggorokan gatal perlu kamu pahami untuk mencegah dan mengatasinya. Masalah tenggorokan gatal biasanya diikuti dengan gejala batuk. Hal ini merupakan cara alami tubuh membersihkan sumber iritasi di saluran pernapasan.

Tenggorokan gatal merupakan gejala yang pada umumnya tidak berbahaya, jadi tidak perlu penanganan khusus. Biasanya, kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, kamu sebaiknya tidak meremehkan kondisi ini.

Penyebab tenggorokan gatal bisa juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lainnya. Gejala tenggorokan gatal dapat menandakan kamu sedang mengalami penyakit yang cukup serius, seperti radang amandel, asma, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022) tentang penyebab tenggorokan gatal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Gatal

Penyebab tenggorokan gatal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penyebab tenggorokan gatal bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan hingga kondisi penderita. Berikut beberapa penyebab tenggorokan gatal:

- Virus. 

Penyebab tenggorokan gatal yang paling umum adalah infeksi virus. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Jenis virus yang bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal yaitu rhinovirus, influenza, mononucleosis, ebv, coronavirus, dan banyak lagi.

- Bakteri. 

Sejumlah infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab tenggorokan gatal, yang paling umum adalah streptococcus pyogenes (streptococcus grup a). Bahkan hal ini menyebabkan hampir 40 persen kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

- Alergi. 

Ketika sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan, ia melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan. Lendir berlebih di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan. Ini disebut tetesan postnasal dan dapat mengiritasi tenggorokan. Inilah yang menjadi penyebab tenggorokan gatal akibat alergi.

- Udara kering. 

Udara dalam ruangan yang kering bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal dan terasa kasar. Bernapas melalui mulut -seringkali karena hidung tersumbat kronis- juga dapat menjadi penyebab tenggorokan gatal dan kering. Udara kering dapat menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan, serta membuatnya terasa kering dan gatal.

3 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Gatal

- Iritan. 

Banyak bahan kimia dan zat lain di lingkungan yang mengiritasi tenggorokan, termasuk rokok dan asap tembakau lainnya, polusi udara, dan produk pembersih dan bahan kimia lainnya. mengunyah tembakau, minum alkohol, dan makan makanan pedas juga bisa mengiritasi tenggorokan.

- GERD.

Penyakit gastroesophageal reflux (gerd) adalah suatu kondisi di mana asam dari perut kembali ke kerongkongan. Asam membakar kerongkongan dan tenggorokan, menyebabkan gejala seperti mulas dan refluks asam. Asam yang sampai ke tenggorokan bisa mengiritasi tenggorokan dan menjadi penyebab tenggorokan gatal.

- Cedera dan ketegangan otot. 

Cedera apa pun, seperti benturan atau luka di leher, bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal dan sakit. Makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa membuatnya iritasi. Sakit tenggorokan bisa terjadi setelah berteriak, berbicara dengan keras, atau bernyanyi dalam jangka waktu yang lama.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Minum Air Putih

Jika mengalami tenggorokan gatal, kamu perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Ketika kamu kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan terjadi. Kamu harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin berwarna kuning terang atau jernih.

Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya. Minum setidaknya dua liter air putih per hari dan pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan menjadi penyebab tenggorokan gatal nantinya.

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi tenggorokan gatal berikutnya bisa dengan kumur air garam. Larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Hal ini jika diterapkan beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan saat menelan.

Kamu cukup mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari.

Minum Air Hangat Campur Madu

Tidak hanya garam, air hangat yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari. Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Minum Teh

Minum teh saat sedang tenggorokan gatal juga bisa membantu mengurangi atau meredakannya. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan. Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan.

Kumur Air Kunyit

Kunyit merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Termasuk sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal. Cara menggunakannya mudah saja, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

Air Perasan Lemon

Penyebab tenggorokan gatal juga bisa kamu atasi dengan air perasan lemon. Sebagai salah satu cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami, kamu cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk segera mendapatkan hasilnya. Properti astringent yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.