Sukses

12 Wisata Banjarnegara Terbaik dan Harga Tiket Masuknya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Banjarnegara bisa menjadi salah satu tujuan menarik untuk wisatawan yang ingin melakukan perjalanan liburan bersama dengan keluarga. Terdapat banyak tempat eksotis di Banjarnegara yang menawarkan pesona keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu tempat wisata Banjarnegara yang sangat populer dikunjungi adalah dataran tinggi Dieng. Namun selain itu di Banjarnegara terdapat banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah bagusnya, apalagi mengingat masih sedikit wisatawan yang mengetahui tentang tempat wisata Banjarnegara.

Hal ini membuat wisata Banjarnegara masih sangat asri karena jarang terjamah manusia dan sepi sehingga cocok untuk wisatawan yang tidak suka dengan keramaian. Selain wisata alam, Banjarnegara juga memiliki wisata budaya dan kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang tempat wisata banjarnegara, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022). Rekomendasi tempat wisata Banjarnegara terbaik yang wajib untuk dikunjungi.

2 dari 5 halaman

Wisata Banjarnegara Terbaik

1. Candi Dieng

Wisata Banjarnegara yang pertama adalah candi Dieng. Mengunjungi Candi Dieng adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Dataran Tinggi Dieng. Pura ini merupakan salah satu objek wisata paling populer di Dataran Tinggi Dieng yang jarang dilewatkan oleh para wisatawan yang datang.

Candi Dieng adalah kompleks candi yang terdiri dari 9 candi individu yaitu Candi Arjuna, Gatotkaca, Bima, Semar, Sembadra, Satyaki, Srikandi, Dwarawati, dan Gangsiran Aswatama. Namun hanya beberapa dari mereka yang masih berdiri kokoh. Nama-nama candi sendiri berasal dari tokoh wayang tradisional Indonesia.

Tiket Masuk: Rp. 10.000

 

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di area yang sama dengan Candi Dieng, Kawah Sikidang menawarkan pemandangan kawah yang indah dan merupakan salah satu kawah paling megah di Indonesia. Anda bisa menyaksikan fenomena geologi air kawah yang menyembur dari perut bumi dalam jarak yang dekat.

Selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan hijau yang indah di sekitar kawah dengan menyewa kuda, sepeda gunung, sepeda trail, atau ATV. Anda juga bisa membeli oleh-oleh yang hanya bisa ditemukan di kawasan Kawah Dieng.

Tiket Masuk: Rp. 10.000

 

3. Air Terjun Pitu

Terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Air Terjun Pitu menawarkan pemandangan yang menakjubkan yang dapat dikatakan sebagai salah satu air terjun paling spektakuler di Indonesia. Ini adalah air terjun dengan tujuh tingkat yang indah. Nama Pitu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti tujuh, mencerminkan jumlah tingkatan air terjun.

Untuk sampai di setiap tingkatan air terjun, anda harus melewati anak tangga yang telah disediakan. Air Terjun Pitu terletak jauh dari hiruk pikuk kota, di dalam sebuah desa kecil di Banjarnegara. Lingkungan yang masih terjaga keindahannya dapat menghilangkan semua penat anda.

Tiket Masuk: Rp. 5.000

3 dari 5 halaman

Wisata Banjarnegara Terbaik

4. Taman Rekreasi Satwa Serulingmas

Wisata banjarnegara yang selanjutnya adalah Taman Rekreasi Satwa Serulingmas. Taman ini adalah atraksi edukatif yang paling baik dinikmati bersama anggota keluarga, terutama anak-anak. Ada banyak hewan yang diawetkan di taman, yang akan memberi pengalaman edukasi yang luar biasa.

Mirip dengan taman rekreasi satwa liar lainnya, anda dapat memiliki pengalaman baru berinteraksi dengan hewan dengan memberi mereka makan. anda juga bisa menyaksikan beberapa atraksi hewan di panggung terbuka. Ditambah ada fasilitas lain seperti kolam renang dan wahana rekreasi.

Tiket Masuk: Rp. 10.000 - Rp. 20.000

 

5. Sungai Serayu

Untuk anda yang suka tantangan wajib mengunjungi Sungai Serayu. Terletak di Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, sungai Serayu menjadi spot favorit para pecinta arung jeram yang suka menantang diri dengan aliran sungai yang seru namun mengasyikkan.

Terletak di Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, sungai Serayu juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang indah yang pasti akan memanjakan mata. Penduduk desa selalu dengan senang hati menyambut pengunjung di desa mereka dan membantu mereka mendapatkan pengalaman terbaik di sungai Serayu.

Tiket Arum Jeram: Rp. 180.000 - Rp. 450.000 

 

6. Wadas Tumpang

Wisata Banjarnegara juga mencangkup wisata budaya yaitu Wadas Tumpang. Terletak di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang. Penduduk desa ini masih memegang tradisi kuno di mana mereka akan menyajikan persembahan kepada alam dan melakukan ritual para leluhur.

Selain sisi magis dan budaya, Wadas Tumpang juga menyuguhkan pemandangan indah dengan tanaman hijau di setiap sudut dan udara yang menyegarkan untuk dihirup. Ditambah anda juga dapat menemukan monyet putih berkeliaran di sekitar area, yang sangat menakjubkan.

Tiket Masuk: Rp. 0

4 dari 5 halaman

Wisata Banjarnegara Terbaik

7. Waduk Mrica

Waduk Mrica diklaim sebagai waduk terbesar di Asia Tenggara yang menampung air dari sungai Serayu. Sebagai yang terbesar, waduk ini juga menjadi sumber listrik untuk wilayah Bali dan Jawa. Alasan lainnya tentu saja karena menawarkan pemandangan yang indah dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Anda bisa mengunjungi situs ini bersama keluarga dan menikmati kebersamaan yang hangat. Anda juga bisa menyewa alat pancing, peralatan golf, dan perahu untuk memaksimalkan momen liburan dengan kegiatan bersama keluarga.

Tiket Masuk: Rp. 2.000

 

8. Air Terjun Sikopel

Air Terjun Sikopel terletak di Babadan, Pagentan, Banjarnegara, air terjun Sikopel ini diyakini memiliki mitos tertentu di dalamnya. Dimana penduduk setempat percaya bahwa dengan mandi di air terjun, anda akan mendapatkan kembali masa muda Anda.

Selain mitos yang berkembang, keindahan air terjunnya juga sangat menarik untuk dilihat. Air terjun dihiasi dengan tanaman hijau yang menenangkan di sekitarnya yang cocok dengan air terjun setinggi 70 meter ini

Tiket Masuk: Rp. 2.000

 

9. Danau Dringo

Tempat wisata banjarnegara yang berikutnya adalah danau Dringo. Danau ini merupakan danau tertinggi dan terindah di Dataran Tinggi Dieng, wilayah Banjarnegara. Terletak di Pekasiran Batur, Banjarnegara. Sama seperti atraksi menarik dan indah lainnya, Anda perlu berjalan sekitar 20 menit melewati jalan berbatu untuk mencapainya.

Keindahan danau Dringo mengundang banyak wisatawan untuk berkemah di sana dan bermalam di tepi danau. Berkemah disini akan menjadi pengalaman yang menakjubkan di mana anda bisa berbaring di ruang terbuka, menatap langit berbintang dengan danau yang indah dan menenangkan terbentang di depan mata.

Tiket Masuk: Rp. 5.000

5 dari 5 halaman

Wisata Banjarnegara Terbaik

10. Air Terjun Mrawu

Selanjutnya ada Air Terjun Mrawu. Mirip dengan air terjun Pitu, untuk mencapai air terjun ini anda harus menelusuri jalur yang panjang dan menantang. Namun tentunya rasa lelah itu akan terhapus dengan indahnya pemandangan di sepanjang perjalanan dan air terjun itu sendiri.

Lokasinya yang jauh dari keramaian membuat tempat ini memiliki udara yang segar dan masih terjaga. Anda dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan penat selama berlibur di air terjun mrawu sambil bermain air bersama keluarga.

Tiket Masuk: Rp. 5.000 

 

11. Danau Merdada 

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Danau Merdada berbentuk kaldera karena terbentuk dari letusan gunung berapi yang tergenang air. Fakta ini membuat danau menjadi begitu indah karena dikelilingi oleh pemandangan gunung.

Selain pemandangannya yang indah dan sekitarnya, perlu anda ketahui juga bahwa ini adalah danau terbesar di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Oleh karena itu, luangkan waktu dan kunjungi danau ini selama berada di Banjarnegara.

 Tiket Masuk: Rp. 5.000

 

12. Gunung Lanang

Tempat wisata Banjarnegara terakhir yang wajib dikunjungi adalah gunung lanang. Lanang untuk gunung ini konon berasal dari penampakan gunung itu sendiri yang entah bagaimana terlihat seperti alat kelamin laki-laki dari jauh.

Gunung Lanang dipandang sebagai gunung suci di mana penduduk setempat menyajikan sesaji dan digunakan sebagai tempat untuk bermeditasi. Konon pasangan Gunung Tampomas yang konon betina. Oleh karena itu, Anda diharapkan untuk memperhatikan sikap Anda ketika datang ke gunung ini.

Tiket Masuk: Rp. 5.000