Sukses

30 Wisata Yogya Pegunungan, Cocok untuk Healing

Liputan6.com, Jakarta Wisata Yogya menawarkan sejuta pesona yang memikat hati. Salah satu wisata Yogya yang jadi tujuan para pelancong adalah pegunungan. Ada banyak pilihan wisata Yogya yang bisa dikunjungi. 

Wisata Yogya pegunungan juga tersebar di berbagai lokasi, mulai dari Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo. Dari wisata Yogya ini, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang sejuk dan asri.

Wisata Yogya pegunungan ini cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat healing. Berikut 30 wisata Yogya pegunungan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(1/7/2022).

2 dari 6 halaman

Wisata Yogya Pegunungan

Merapi Park

Merapi Park berlokasi di Jalan Kaliurang KM 23, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Wisata Yogya satu ini menghadirkan 12 landmark dunia seperti menara Eiffel, Menara Pisa, Big Ben, Kincir angin khas Belanda dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke destinasi ini cukup Rp 20 ribu pada weekday dan Rp 22 ribu pada weekend.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata Yogya pegunungan yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi destinasi wisata Yogya populer. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi wajib dikunjungi bagi kamu yang tertarik mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

Goa Jepang Kaliurang

Di daerah Kaliurang, terdapat sebuah gua yang dulunya digunakan tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat wisata Yogya ini terasa sejuk dan alami. Terlebih, ada sekawanan monyet yang hidup di sekitar gua.

Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan wisata Yogya pegunungan berupa embung atau kolam yang sejuk dan asri. Di sini juga terdapat beberapa bebek air mainan yang bisa ditumpangi. Selain itu, terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya.

 

3 dari 6 halaman

Wisata Yogya Pegunungan

Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata Yogya satu ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air Terjun Muncar ini berasal dari lereng bukit Plawangan yang merupakan salah satu bukit di Gunung Merapi.

Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Wisata Yogya ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Di sini banyak spot foto yang sangat instagramable berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat sangat dekat.

Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja merupakan sebuah pemandian yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. Pemandian ini juga biasanya disebut dengan Pemandian Tirta Budi. Air di pemandian ini sangat jernih dan segar khas pegunungan.

Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning merupakan wisata Yogya yang sering dijadikan tempat berkemah. Selain mempunyai pemandangan yang indah, tempat ini juga punya panorama yang menarik disertai dengan latar Gunung Merapi.

Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang sangat delat dengan The Lost World Castle. Di wisata Yogya ini kamu bisa melihat rumah hobbit yang lucu dan penuh warna. Rumah Hobbit Kaliurang juga mempunyai pemandangan yang bagus dengan latar belakang gunung Merapi.

Batu Alien

Batu Alien termasuk wisata Yogya yang cukuo banyak dikunjungi. Batu alien sebenarnya merupakan batu besar sisa erupsi gunung merapi pada 2010. Batu ini memiliki bentuk aneh sehingga disebut batu alien. Faktanya batu tersebut berubah yang diakibatkan lahar panas pada saat kejadian gunung meletus. Wisata Merapi Batu Alien berada di Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman.

4 dari 6 halaman

Wisata Yogya Pegunungan

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan adalah wisata Yogya yang cukup unik dan populer. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris. Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan termasuk tempat wisata Yogya kekinian di kawasan Bantul. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Jika beruntung, di pagi hari kamu akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri kamu dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata Yogya kekinian yang sangat hits. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Bukit Bintang

Obyek wisata Yogya yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan tempat wisata Yogya yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

5 dari 6 halaman

Wisata Yogya Pegunungan

Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan wisata dataran tinggi yang ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Kalibiru sebenarnya merupakan area hutan lindung yang dikelola masyarakat setempat sebagai objek wisata alam. Dari Kalibiru, wisatawan bisa menyaksikan megahnya Perbukitan Menoreh dari ketinggian.

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona. Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, kamu juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

Kebun Teh Nglinggo

Dengan pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Di sini kamu dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat.

Air Terjun Sri Gethuk

Obyek wisata Yogya selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

Bukit Pengilon

Obyek wisata Yogya ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

6 dari 6 halaman

Wisata Yogya Pegunungan

Gunung Api Purba Nglanggeran

Di atas gunung api purba ini dapat melihat pesona matahari terbit dan juga matahari terbenam yang cantik. Apalagi di tempat tersebut juga terdapat danau yang sangat cantik.

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Di wisata Yogya ini pengunjung bisa menyusuri gua Pindul dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Jomblang merupakan gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Di sini pengunjung bisa melakukan caving dan menemukan sebuah lorong alami yang menghubungkan antara Gua Jomblang dan juga Gua Grubug. Di wisata Gunung Kidul ini terdapat stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam gua.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Gua ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan telaga buatan yang dibangun di puncak tertinggi Bukit Batur Agung, Gunung Kidul. Tempat wisata ini masih tergolong baru. Wisata Yogya ini juga merupakan sarana pengairan bagi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di kawasan ini. Di sini pengunjung bisa bersantai, menyakiskan matahari terbenam, hingga berkemah.

Gunung Ireng Srumbung

Gunung Ireng merupakan gunung api purba yang berada di Dusun Srumbung Desa Pengkok Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Gunung Ireng adalah gunung api purba berumur tersier. Seperti gunung api lainnya yang berada dalam struktur cincin api, Gunung Ireng juga pernah melakukan aktivitas erupsinya. Wisata Yogya satu ini kerap jadi lokasi untuk mencari sunset di sore hari.