Sukses

8 Wisata Samarinda, Destinasi Wisata Budaya Juga Religi Yang Menawan

Wisata Samarinda yang wajib untuk dikunjungi, memiliki pesona alam menarik.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mendengar tentang wisata Samarinda, maka hal pertama yang muncul di pikiran adalah Sungai Mahakam. Sungai yang merupakan salah satu ikon serta ciri khas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini, bukan tanpa alasan, namun sungai mahakam merupakan sungai terbesar dengan panjang mencapai 920 km. Tidak heran, jika hal ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer untuk dikunjungi.

Selain itu, wisata Samarinda juga memiliki pesona alam menarik, serta para wisatawan juga bisa mencoba pengalaman unik di berbagai desa budaya di Samarinda. Para pengunjung juga memiliki kesempatan menenun serta mempelajari berbagai budaya Suku Dayak dan berbagai ciri khasnya.

Terdapat juga berbagai rekomendasi destinasi wisata Samarinda yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari panorama alam juga sajian air pantai jernih, kampung budaya yang menawarkan berbagai macam keunikan, serta memberikan berbagai pengalaman menarik yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa melepas penat dari banyaknya aktivitas untuk menikmati keindahan kota Samarinda.

Berikut ini wisata Samarinda yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Samarinda

1. Kampung Tenun Samarinda

Wisata Samarinda yang sangat populer juga menjadi rekomendasi liburan keluarga, yaitu Kampung Tenun Samarinda. Tempat yang memiliki budaya penghasil kain tenun ciri khas Kota Samarinda ini, terletak di Kecamatan Samarinda seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid. Saat berada di sini, kamu bisa melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan merasakan pengalaman membuat kain tenun sendiri dengan menggunakan alat, yang akan didampingi oleh para pengrajin profesional. Selain mendapatkan pengalaman menenun kain secara langsung, pengunjung juga bisa memilih berbagai jenis kain tenun menarik yang bisa dibawa pulang sebagai cinderamata untuk keluarga maupun teman di kampung halaman.

2. Desa Budaya Pampang

Wisata Samarinda selanjutnya adalah Desa Budaya pampang. Tempat yang juga termasuk dalam salah satu wisata budaya Samarinda membuat pengunjung bisa mempelajari sejarah serta budaya Dayak yang unik. Mulai dari ukiran-ukiran khas yang terdapat pada rumah adat suku Dayak atau serta memiliki kesempatan untuk mencoba memakai pakaian adat Suku Dayak dan berfoto.

Selain itu, kamu bisa melihat pertunjukan seni tarian yang sering digelar oleh masyarakat setempat. Pertunjukan seni ini biasanya dilaksanakan pada hari Minggu pukul 13.00 – 15 00 WITA yang bertempat di gedung pertemuan desa, di mana kamu memiliki kesempatan juga untuk melihat seluruh warga setempat mengenakan pakaian adat yang khas dan unik.

3 dari 5 halaman

Wisata Samarinda

3. Tepian Sungai Mahakam

Wisata Samarinda yang cukup populer, serta menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi adalah tepian Sungai Mahakam. Tempat yang merupakan destinasi populer ini, membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan luasnya Sungai Mahakam yang berada tepat di wilayah Kabupaten Kutai Barat. Terlebih ketika para wisatawan mengunjunginya di malam hari. Keindahan yang terpancar dari Sungai Mahakam, sangat terlihat berbeda namun tetap menarik untuk dinikmati.

Tempat ini juga bisa kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman, karena di sepanjang tepi Sungai Mahakam akan difasilitasi tempat duduk untuk  menikmati panorama pemandangannya. Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi jajanan kuliner yang lezat dengan harga yang terjangkau.

4. River Cruise Sungai Mahakam

Masih di lokasi yang sama dengan Sungai Mahakam, pengunjung bisa menikmati pemandangan secara lebih dekat dengan menggunakan River Cruise Sungai Mahakam. Dengan kapal ini, kamu bisa menyusuri luasnya Sungai Mahakam dengan panjang sekitar 920 km.

Selain pemandangan alam yang indah, pengunjung bisa melihat tiga kebudayaan berbeda yang berada di sepanjang aliran Sungai Mahakam. Mulai dari kebudayaan pesisir yang berada di kota Samarinda, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, serta kebudayaan dengan pedalaman di Kutai Barat sampai ke Mahakam Ulu.

4 dari 5 halaman

Wisata Samarinda

5. Samarinda Islamic Center

Wisata Samarinda selanjutnya yang cukup populer, serta menjadi rekomendasi yang tidak kalah menarik yaitu Samarinda Islamic Center. Tempat ini merupakan wisata religi yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini, pengunjung bisa melihat Masjid Islamic Center yang megah dan indah dengan gaya arsitektur khas Hagia Sophia, Turki.

Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat menara utama tunggal yang mencapai tinggi 99 meter. Ketinggian angka ini diambil dari jumlah asmaul husna atau keistimewaan nama Allah yang selalu diingat oleh masyarakat muslim. Selain melihat bangunan masjid yang megah, tentu saja Anda bisa menunaikan ibadah selama jeda perjalanan.

6. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan salah satu wisata Samarinda dengan pemandangan yang sangat menarik, karena pengunjung bisa menikmati panorama alam indah dan jernihnya air laut di tepian pantai. Selain itu pengunjung juga bisa menghabiskan waktu untuk berenang maupun bermain pasir putih bersama anak-anak maupun teman-teman. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang menyenangkan.

Tempat ini juga tersedia beberapa fasilitas yang disediakan untuk menjelajahi keindahan bawah laut.Pulau ini terletak di Selat Makassar Bontang, Kalimantan Timur ini cukup mudah untuk diakses melalui jalur laut juga udara. Akan tetapi, perjalanan panjang akan terbayar dengan suguhan pemandangan indah Pulau Beras Basah.

5 dari 5 halaman

Wisata Samarinda

7. Pulau Kumala

Wisata samarinda selanjutnya yang menjadi rekomendasi liburan keluarga adalah tempat wisata Pulau Kumala. Terletak di Tenggarong Kutai Kartanegara, destinasi wisata Pulau Kumala cukup identik dengan warga Samarinda. Meskipun berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Muksin Tenggarong Timbau Tenggarong, Kaltim, tempat ini terdapat jembatan penyeberangan yang mendekatkan dua kota saling bertetangga, dengan lokasi tempat wisata yang cukup strategis, karena jaraknya yang dekat dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum atau pribadi.  Pulau Kumala juga memiliki beragam jenis atraksi wisata, mulai dari jet coaster, kereta gantung, gokar, komedi putar, dan kereta api mini yang akan mengantarkan kamu mengelilingi area wisata sekitar.

8. Wisata Air Terjun Pinang Seribu

Wisata Samarinda selanjutnya, adalah wisata Air Terjun Pinang Seribu. Selain wisata alam yang indah, destinasi wisata air terjun ini menjadi rekomendasi ketika berkunjung ke Samarinda. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik seperti tatakan anak tangga sehingga air terjun ini bisa pijaki. Namun jika ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada saat cuaca mendukung agar medan area tidak terlalu licin dan aman, sehingga kamu juga mandi dengan tenang juga menikmati suasana yang ada.

 

Reporter: Silvia Estefina Subitmele

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.