Sukses

Ilmuwan Ini Minta Maaf Setelah Bagikan Foto Bintang yang Ternyata Sosis Pedas

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, seorang ilmuwan terkenal memberikan permohonan maaf usai mencuitkan sebuah gambar bintang yang sebenarnya adalah sosis. Ilmuwan asal Perancis Etienne Klein, ini sebelumnya mengunggah sebuah gambar yang ia sebut sebagai bintang yang ditangkap menggunakan Teleskop Angkasa James Webb. Padahal, sebenarnya gambar tersebut merupakan sekeping chorizo atau sosis pedas.

Klein adalah seorang fisikawan di Komisi Energi Alternatif dan Energi Atom Prancis, memposting foto itu minggu lalu. Klein mengatakan foto itu adalah Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari, yang terletak hanya 4,2 tahun cahaya. Namun selang beberapa waktu, Klein kemudian membantah klaim gambar tersebut, serta melakukan permohonan maaf. 

Berikut ini rangkuman kisahnya, yang Liputan6.com rangkum dari Siakapkeli.my, Minggu (7/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Klaim potret bintang yang paling dekat dengan matahari

Foto yang awalnya tampak asli, menunjukkan cakram merah tua dengan pusaran putih dengan latar belakang hitam di belakangnya. Klein mengatakan foto itu adalah Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari, yang terletak hanya 4,2 tahun cahaya.

"Tingkat detail ini, dunia baru terungkap setiap hari," cuit Klein di akunTwitter resminya.

 

3 dari 4 halaman

Ternyata cuma sosis

Tetapi dalam satu cuitan susulan, Klein mengungkapkan bahwa foto itu bukan bintang, akan tetapi sepotong chorizo, sejenis sosis pedas dari Spanyol. Niatnya mengunggah gambar tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran akan berita hoax yang mudah menyebar.

Pernyataan itu membuat banyak orang marah padanya. Klein kemudian meminta maaf atas tipuan itu, dan mengatakan kepada saluran berita Prancis Le Point dan mengklaim bahwa niat awalnya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan berita palsu secara online.

“Saya datang untuk menyampaikan permintaan maaf saya kepada mereka yang mungkin terkejut dengan tipuan saya, yang tidak orisinal." tulis @EtienneKlein. 

"Mengingat beberapa komentar, saya merasa terdorong untuk mengklarifikasi bahwa tweet yang menunjukkan foto yang diduga dari Proxima Centauri ini adalah suatu bentuk hiburan. Mari kita belajar untuk waspada terhadap argumen dari otoritas sebanyak kefasihan spontan dari gambar-gambar tertentu…." cuit Klein pada Senin (1/8/2022).

 

4 dari 4 halaman

Unggah gambar sebenarnya

Akhirnya, pada awal pekan Klein men-tweet tentang foto sebenarnya dari Chariot Wheel Galaxy. Unggahan tersebut berupa gambar berwarna hitam bulat, serta bertabur cahaya kemerah-merahan dengan keterangan “Dari galaksi Chariot Wheel dan galaksi pendampingnya, diambil oleh JWST. Terletak 500 juta tahun cahaya jauhnya, itu tidak diragukan lagi spiral di masa lalunya” tulis Klein.

 

Reporter: Silvia Estefina Subitmele

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS