Sukses

9 Wisata Pantai Malang yang Menawan dan Eksotis, Wajib Mampir saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Pantai merupakan salah satu destinasi yang memang sering dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata. Hamparan pasir serta birunya laut, mampu menciptakan pemandangan indah dan eksotis yang memanjakan mata juga menyegarkan pikiran para wisatawan. Manfaat kesehatan pun juga bisa didapatkan saat bersantai di pantai. Wisata pantai Malang adalah salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat musim liburan.

Di Indonesia sendiri, memiliki banyak sekali gugusan pulau dan pantai yang indah juga menawan. Salah satunya adalah wisata pantai Malang, Jawa Timur. Malang memang menjadi kota yang cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata, karena selain wisata pantai, terdapat juga objek wisata lain seperti taman hingga pegunungan.

Wisata pantai Malang membuat pengunjung bisa merasakan hangatnya sinar matahari, dan menyaksikan panorama terbit dan tenggelamnya matahari yang romantis. Salah satu wisata pantai Malang yang cukup terkenal, adalah Pantai Tiga Warna, Pantai Goa Cina, dan masih banyak lagi.

Berikut ini wisata pantai Malang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Pantai Malang

1. Pantai Goa Cina

Wisata pantai Malang yang terakhir yakni Pantai Goa Cina. Lokasi pantai ini berada di daerah Sitiarjo, Sumbermanjing. Pantai eksotis ini mungkin masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun pemandangan di sana jangan sampai terlewatkan.

Pantai Goa Cina memiliki goa yang cukup terkenal karena misterius. Terdapat juga tiga pulau indah di sekelilingnya, serta pemandangan matahari terbit yang cantik. Tiga pulau di sekeliling pantai ini adalah Pulau Bantengan, Pulau Nyonya, dan Pulau Goa Cina yang sering menimbulkan gemuruh suara alam karena fenomena langka.

2. Pantai Ngliyep

Wisata pantai Malang selanjutnya adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Di sini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut serta deru ombak yang cukup tenang.

Suasana pantai ini juga tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai menikmati udara pantai di sana. Selain pesona pasir putihnya, di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Dan bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

3. Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka adalah wisata pantai Malang yang cukup terkenal dengan fenomena watu ngebros, yaitu fenomena semburan air yang muncul dari sela bebatuan karang. Semburan tersebut adalah hasil pertemuan ombak selatan dan utara yang menghasilkan suara gemuruh cukup besar. Lokasi dari Pantai Jonggring Saloka juga berada di Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang.

Pantai ini juga cukup sulit untuk di kunjungi, sehingga masih belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Namun wisata pantai Malang yang satu ini tidak akan mengecewakan dan pastinya memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjungnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Wisata Pantai Malang

4. Pantai Tiga Warna

Wisata pantai Malang yang cukup terkenal, adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini berlokasi di Jl. Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. Pantai Tiga Warna sesuai dengan namanya, memiliki tiga warna berbeda yang sangat memukau ketika dipandang. Tiga warna berbeda yang ditampilkan sebenarnya menunjukkan tiga zona kedalaman laut. Selain menjadi destinasi wisata yang indah, area ini juga termasuk dalam hutan lindung atau hutan konservasi cagar alam Pulau Sempu.

Untuk menikmati pemandangan pantai ini, pengunjung perlu melakukan trakking yang membutuhkan sedikit usaha. Setelah sampai, Anda dapat menyaksikan terumbu karang yang kaya serta unik, karena tempatnya berdekatan dengan Pulau Sempu dan Pantai Sendang Biru. Pengunjung juga bisa melakukan camping, dan juga snorkeling saat berada di pantai ini.

5. Pantai Balekambang

Wisata pantai Malang selanjutnya adalah Pantai Balekambang. Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur ini, harus dikunjungi ketika musim liburan. Salah satu keunikan Pantai Balekambang ini adalah terdapat bangunan Pura yang berdiri di daratan yang terpisah dari pantai, yang disebut Pulau Ismoyo. Anda bisa menuju ke Pura tersebut melalui jembatan panjang yang telah disediakan.

Tidak hanya keunikan Pura, akan tetapi tampilan pantainya sendiri juga menyuguhkan pemandangan cantik sejauh mata memandang. Pasir putih dan birunya laut, disertai semilir angin, membuat pantai sangat cocok sebagai tempat melepas penat dan penyegar pikiran. Tersedia juga fasilitas mulai dari mushola, toilet, camping ground hingga wahana flying fox.

6. Pantai Jembatan Panjang

Wisata pantai Malang yang tidak ketinggalan panoramanya adalah Pantai Jembatan Panjang. Pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. Lokasi pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Balekambang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki bangunan jembatan, yang sama seperti yang ada di Pantai Balekambang. Akan tetapi, ujung jembatan ini bukanlah Pura, melainkan Pulau Hanoman.

Pulau Hanoman, juga sudah tersedia jalur khusus untuk berkeliling. pengunjung akan mendapatkan panorama berbeda dari samudra yang luas dari pulau ini. Jika Anda ingin menikmati pemandangan pantai yang menenangkan, pantai ini akan menjadi pilihan yang bagus untuk berlibur.

4 dari 4 halaman

Wisata Pantai Malang

7. Pantai Batu Bengkung

Wisata pantai Malang berikutnya adalah Pantai Bengkung. Pantai ini berlokasi di Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. Pantai ini tidak kalah memesona, memiliki pemandangan berupa pasir putih kecokelatan yang disertai dengan laut biru, membuat pantai ini terlihat unik.

Di sini, pengunjung bisa melihat dinding karang yang seolah memisahkan pantai dengan air laut. Ombak besar yang ada di pantai ini akan ditahan oleh dinding alami, sehingga menciptakan pemandangan pantai unik yang tak bisa disaksikan di sebagian besar pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki kolam alami yang berisikan air asin.

8. Pantai Mbehi

Wisata pantai Malang berikutnya adalah Pantai Mbehi. Tempat ini berlokasi di Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. Pantai Malang ini berada di balik hutan lindung, sehingga pemandangan asri yang ada di pantai ini masih sangat terjaga. Untuk menuju pantai ini membutuhkan perjalanan yang cukup jauh. Namun, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan memukau yang disuguhkan oleh Pantai Mbehi.

Pantai ini juga memiliki air berwarna biru kehijauan, dan terdapat pula lubang mirip kawah yang tembus langsung ke permukaan laut. Jadi, saat ombak besar datang, air akan menyembur dari lubang kawah dengan suara yang keras. Pengunjung juga bisa menikmati ceruk yang diisi air laut di pantai ini. Ceruk ini menyerupai kolam renang dan dinamai dengan sebutan Teluk Bidadari. Sehingga pengunjung bisa berenang atau berendam sambil menikmati pemandangan pantai yang asri.

9. Pantai Watu Leter

Wisata pantai Malang selanjutnya adalah Pantai Watu Leter. Pantai ini berlokasi di Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. Memiliki suasana yang menenangkan, membuat siapa saja ingin berkunjung untuk  mendapatkan ketenangan. Usaha dalam menempuh perjalanan panjang, akan terbayar ketika melihat jernihnya air dan pasir putih yang menyegarkan mata. Pantai Watu Leter juga menjadi tempat konservasi penyu, jadi jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan pelepasan penyu-penyu ini ke alam bebas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS