Sukses

10 Tempat Wisata di Malang yang Murah, Cocok untuk Healing

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak tempat wisata di Malang yang murah dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Terletak di provinsi Jawa Timur, Malang dikenal memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Terdapat banyak pilihan tempat wisata yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan referensi masing-masing.

Tempat wisata di Malang yang murah juga ada banyak sehingga wisatawan tidak perlu khawatir harus merogoh kocek cukup dalam untuk sekali perjalanan liburan ke Malang. Pilihan wisata nya pun beragam mulai dari wisata alam, edukasi, budaya hingga kuliner ada di Malang.

Tiket masuk tempat wisata di Malang yang murah berkisar antara Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 10.000 per orang, selain itu juga terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi gratis dan hanya perlu membayar biaya parkir untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi.

Sebagai rekomendasi untuk anda yang ingin berlibur ke tempat wisata di Malang yang murah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022) rekomendasi tempat wisata di Malang yang murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

1. Museum Brawijaya

Tempat wisata di Malang yang murah di urutan pertama adalah museum brawijaya. Dinamakan berdasarkan salah satu angkatan darat yang paling menonjol selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, Museum Brawijaya menampilkan beberapa artileri yang digunakan dalam banyak pertempuran yang terjadi pada tahun 1940-an.

Salah satu bagian sejarah yang paling menarik terletak di halaman tengah museum. Dikenal sebagai 'Gerbong Maut' atau 'Kereta Kematian', gerbong kereta yang tampaknya tidak berbahaya ini telah merenggut lebih banyak nyawa selama perang.

Alamat: Jalan Ijen No.25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang, Jawa Timur.

Tiket masuk: Rp. 5,000

 

2. Museum Kesehatan Jiwa

Didirikan pada pertengahan 2009, Museum Kesehatan Jiwa di Malang adalah museum kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Bertempat di Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, bangunan ini kini telah dibuka untuk umum dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran, sekaligus penelitian di bidang kesehatan jiwa.

Karena ukuran museum ini sangat kecil, hanya 700 item yang dipajang di Museum Kesehatan Mental namun lebih dari cukup untuk membuat pengunjung merinding. Item pajangan diantaranya berupa dokumentasi memutar otak dalam bentuk teks dan gambar yang menunjukkan seberapa besar kesehatan mental telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan ada koleksi jaket lurus, belenggu dari berbagai bahan, dan bahkan peralatan operasi otak.

Alamat: Jl. Ahmad Yani Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tiket masuk: Gratis

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

3. Perkebunan Teh Wonosari

Hanya berjarak 30 menit berkendara ke utara dari Kota Malang terdapat perkebunan teh Wonosari, perkebunan teh seluas 950 hektar yang terletak damai di lereng Gunung Arjuna yang dingin. Oasis hijau ini adalah tempat yang sempurna bagi para pelancong untuk mendapat ketenangan pikiran dan jiwa.

Anda dapat berkendara di sekitar perkebunan, atau mengikuti tur dimana anda akan menemukan jembatan kayu panjang yang menghadap ke perkebunan teh yang luas. Ini adalah lanskap yang cukup besar dengan pemandangan yang menakjubkan

Alamat:  Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur 65153 (Koordinat disini )

Tiket Masuk: Rp. 10.000

 

4. Masjid Tiban

Tidak hanya wisata alam, wisatawan juga bisa melakukan wisata religi di Malang. Masjid Tiban adalah salah satu permata arsitektur tersembunyi yang terletak di wilayah Turen, Malang. Masjid ini sebenarnya berfungsi sebagai pondok pesantren dengan nama Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahmah yang dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Ahmad.

Dengan eksterior biru cerah dan interior yang sangat detail, masjid sepuluh lantai ini akan mengingatkan anda pada Kerajaan Persia yang indah dan cocok sebagai latar belakang foto yang instagramable. Pastikan untuk menjelajahi setiap lantai karena setiap lantai memiliki desain interior, tujuan, dan cerita yang berbeda.

Alamat: Jl. Anggur, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur

Tiket Masuk: Gratis

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

5. Pasar Malam Alun-Alun Batu

Tempat wisata di Malang yang murah berikutnya adalah pasar malam di alun-alun kota Batu. Pasar malam ini adalah salah satu pasar malam terbaik di mana anda dapat tenggelam dalam kehidupan malam lokal yang semarak dan berburu jajanan kaki lima yang unik seperti  Telur Gulung yang lezat, Indomie pedas yang gila, dan crepes jumbo.

Alamat: Jl. Diponegoro, Sisir, Batu, Jawa Timur.

Tiket Masuk: Gratis

 

6. Goa Pinus

Goa Pinus menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi dengan hutan pinus yang khas dan panorama kota Batu. Dikelilingi dengan udara segar yang sejuk menyegarkan pikiran dan tubuh, perjalanan menuju Goa Pinus sendiri cukup menyenangkan.

Meskipun tempat ini awalnya dikenal dengan aktivitas penambangan pasirnya, tempat ini telah berubah menjadi tempat wisata impian bagi para wisatawan yang suka berfoto ria. Saat anda masuk, anda akan menuju ke gua setinggi 1 meter. Setelah itu anda akan masuk ke area pengamatan dengan pemandangan perbukitan yang menyenangkan memberi jalan ke sawah yang indah.

Alamat: Gg. Mbah Ba'i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp. 10.000

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

7. Kampung Pelangi

Sebelum 2016, Kampung Jodipan dan Tridi tak lebih dari kawasan kumuh yang membosankan. Namun nasib desa ini berubah setelah sekelompok mahasiswa dari universitas setempat mengusulkan untuk melukis desa tersebut dengan mural dan corak warna-warni.

Sekarang, hampir setiap bagian dari desa-desa ini telah berubah menjadi bingkai yang sempurna untuk fotografer. Cara terbaik untuk mulai menjelajahi Kampung Jodipan adalah dari jembatan jalan Brantas.

Alamat: Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Biaya masuk: Rp. 3.000

 

8. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Tempat wisata di Malang yang murah selanjutnya adalah pantai Mbehi dan teluk Bidadari. Pantai Mbehi terkenal dengan airnya yang berwarna biru kehijauan, pasir putih, dan hutan lindung yang indah yang terletak di seberangnya.

Alasan Anda harus pergi ke pantai ini adalah fenomena alam langka yang berupa kawah khusus dengan lubang di tengahnya yang memberikan kesan terbukanya karang raksasa ke laut. Selama gelombang besar, air naik melalui lubang dengan suara auman yang menyertai dan pemandangan semburan air yang menakjubkan.

Kemudian tidak jauh dari kawah, anda dapat menemukan Teluk Bidadari yang merupakan ceruk di bebatuan yang membentuk kolam alami yang dangkal. Tempat yang bagus untuk berendam, dengan latar belakang Samudra Hindia yang luar biasa dan pemandangannya yang memukau.

Alamat: Sumber Rejo, Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp. 10,000

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

9. Banyu Anjlok

Banyu Anjlok adalah kombinasi sempurna antara air terjun dan pantai yang terletak di desa Purwodadi, Banyu Anjlok adalah tempat yang cukup terpencil dan sangat cocok bagi anda yang ingin melarikan diri ke tempat yang tenang dan menawan. Disini anda dapat berlibur dengan menikmati bermain di pantai atau mengambil gambar air terjun yang indah.

Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur

Tiket Masuk: Rp. 10,000

 

10. Pantai Batu Bengkung

Tempat wisata di malang yang murah berikutnya adalah pantai bengkuang. Karena lokasi pantai ini yang berhadapan langsung dengan Laut Selatan dengan ombaknya yang besar, maka pantai ini bukanlah tempat yang ideal untuk berenang atau aktivitas air sejenis lainnya.

Meskipun demikian, ini adalah tempat yang menakjubkan untuk menikmati panorama pantai yang sangat indah, terutama saat matahari terbenam. Semakin glamour pemandangannya saat air surut saat tebing-tebing berbatu terlihat, siap diabadikan sebagai latar belakang untuk foto yang bagus.

Selain sebagai tempat rekreasi, pantai ini juga menjadi tempat camping favorit dan fasilitas penunjang seperti tempat parkir 24 jam, toilet, dan toko makanan, semuanya tersedia untuk digunakan wisatawan.

Alamat: Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk: Rp. 5,000

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS