Sukses

Cara Memakai Masker yang Benar di Tengah Pandemi Covid-19, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai masker yang benar perlu untuk diketahui serta dipahami oleh semua orang. Mengingat kondisi pandemi virus Covid-19 yang tidak kunjung mereda, mengharuskan orang menggunakan masker dalam beraktivitas. Selain menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir, menggunakan masker juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Saat ini virus Covid-19 tidak kunjung usai, dan sekarang menjadi beberapa varian baru, salah satunya Omicron. Meningkatnya virus yang bermunculan, maka masyarakat perlu memahami tentang cara memakai masker yang benar, dengan begitu dapat terhindar dari penyakit.

Selain itu, cara memakai masker yang benar merupakan arahan pemerintah agar masyarakat tidak terpapar virus, selain menjalani social distancing, juga protokol kesehatan lainnya saat berkegiatan di luar.

Berikut ini Liputan6.com merangkum cara memakai masker yang benar dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Memakai Masker yang Benar

1. Pakai Masker yang Lapisannya Lebih dari Satu

Cara memakai masker yang benar di tengah pandemi Covid-19 adalah harus memilih masker yang memiliki lapis tidak hanya 1. Akan tetapi wajib mengenakan masker dengan lapisan lebih dari 1. Lebih dari itu, penggunaan masker yang terbaik sebenarnya adalah masker medis, karena dengan lapisan yang dimiliki, akan mencegah droplet masuk melalui masker. Selain itu, membantu mencegah virus keluar dari mulut dan juga hidung apabila kondisi tubuh sedang menurun atau Anda yang sedang mengalami sakit

2. Pakai Masker dengan Kawat Hidung

Cara memakai masker yang benar berikutnya adalah, harus memastikan adanya kawat yang terletak di bagian hidung maskernya, karena hal ini sangat bermanfaat serta perlu dilakukan dan tidak boleh disepelekan. Kawat pada masker ini memiliki fungsi untuk mengencangkan sisi masker di bagian atas. Dengan begitu, udara yang masuk dan keluar dapat terminimalisir. Hal ini juga membuat masker terpasang dengan benar dan rapat, sehingga dapat mencegah virus masuk ke dalam hidung atau pun mulut.

3 dari 5 halaman

Cara Memakai Masker yang Benar

3. Pastikan Tak Ada Celah

Langkah berikutnya yang perlu diketahui tentang cara memakai masker yang benar, adalah memastikan tidak ada celah agar udara tidak masuk. Cobalah memegang kedua sisi masker di pipi terlebih dahulu ketika mengenakannya. Apabila masih terdapat celah, ini artinya masker belum terpasang dengan baik, benar dan sempurna.

Jika Anda bernapas dan masih merasakan udara hangat keluar dari sekitar mulut, ini menandakan masker sudah terpasang dengan baik. Anda juga bisa mengenakan aksesoris seperti mask fitter untuk memastikan celah-celah masker sudah terpasang dengan baik dan aman.

4. Memakai Dua Masker

Cara memakai masker yang benar selain lapisan yang lebih dari satu,  disarankan juga untuk memakai dua masker. Memang terkadang memilih masker medis dengan lapisan lebih dari 1 saja itu tidak cukup. Oleh karena itu, Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan dua masker sekaligus.

Dengan menggunakan dua masker, juga tak bisa dilakukan sembarangan, dan perlu menjadi perhatian. Anda juga harus paham, cara yang benar dalam mengenakannya adalah yang pertama, Anda harus menggunakan masker medis terlebih dahulu, kemudian timpa dengan masker berbahan dasar kain.

Pastikan Anda tidak mengenakan dua masker medis sekaligus karena sebenarnya ini merupakan cara yang kurang efektif untuk menghalau penularan penyakit. Tak hanya itu, khusus untuk masker medis berjenis KN95 Anda tidak diperbolehkan untuk melapisinya dengan masker kain.

5. Ikat Tali Masker

Cara memakai masker yang benar selanjutnya, Anda bisa mengikat tali maskernya, agar masker semakin pas di wajah dan tidak terdapat celah pada seluruh bagiannya. Mengikat tali masker perlu dilakukan pada kedua sisi masker, dengan tujuan agar udara tak mudah keluar dan masuk begitu saja.

4 dari 5 halaman

Cara Melepas Masker dengan Benar

Tak berbeda dengan cara memakai masker yang benar, sebelum melepaskan masker yang digunakan, ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar bersih. Berikut cara melepas masker yang benar:

a. Langkah yang pertama, menghindari menyentuh bagian depan masker setelah melepasnya, karena ini merupakan bagian yang dipenuhi oleh kuman, sehingga bisa menyentuh bagian tali atau karet pengaitnya saja.

b. Langkah berikutnya, ketika akan melepaskan masker karet, peganglah kedua karet yang menempel di telinga dan lepaskan dari telinga untuk dibuang ke tempat sampah. Saat membuang masker bekas pakai, jangan lupa untuk merobek menjadi dua bagian. Hal ini menghindari penyalahgunaan masker bekas.

c. Untuk melepas tali masker, juga bisa dengan membuka tali bawahnya dan selanjutnya lepaskan tali bagian atasnya.

5 dari 5 halaman

Buanglah Masker yang Basah atau Kotor

Apabila mengenakan masker yang hanya sekali pakai dan sudah nampak kotor juga terkena air, maka tandanya harus segera dibuang ke tempat sampah tanpa menyentuh bagian depan masker.

Ketika sudah melepas masker dan membuangnya ke tempat sampah, segeralah cuci tangan atau pakailah cairan pembersih tangan. Dijelaskan oleh NHS, tak ada waktu pasti berapa lama Anda bisa memakai masker medis sekali pakai.

Yang paling penting adalah harus segera ganti masker apabila sudah kotor, basah atau bahkan rusak. Begitulah cara memakai masker yang benar serta cara melepasnya yang perlu dipahami.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS