Sukses

12 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Secara Medis Dan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang baik adalah dengan merawatnya dengan benar. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu caranya dan cenderung membiarkan bekas luka hingga menyebabkan bekas yang sulit hilang sepenuhnya di kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dapat dilakukan dengan berbagai macam metode perawatan, mulai dari menggunakan peralatan medis hingga alami. dalam kebanyakan kasus semakin cepat luka sembuh, semakin sedikit kolagen yang akan disimpan, dan semakin sedikit bekas luka yang terlihat.

Umumnya bekas luka yang tidak segera disembuhkan dan diberi perawatan, seringkali akan berubah warna menjadi hitam, putih dan kemerahan. Serta kadangkala jika memiliki riwayat keluarga, bekas luka yang tidak dirawat dengan baik akan tumbuh menjadi keloid yang menonjol.

Walau tidak mengganggu kesehatan namun memiliki bekas luka dapat membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022), tentang cara menghilangkan bekas luka di kaki, baik secara medis maupun dengan bahan alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Ketahui Jenis Bekas Luka

Ketahui bekas luka apa yang dimiliki. Sebelum anda memilih perawatan, penting bagi anda untuk mengetahui bekas luka yang dihadapi, karena beberapa perawatan hanya akan bekerja untuk jenis bekas luka tertentu. Pastikan untuk selalu konsultasikan dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan apa pun. Kategori bekas luka meliputi:

Bekas luka keloid: ini adalah bekas luka besar seperti pertumbuhan yang dihasilkan dari luka yang sembuh sendiri terlalu agresif. Bekas luka keloid dapat tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu dan kadang-kadang bahkan kembali setelah perawatan.

Bekas luka hipertrofik: ini adalah bekas luka menonjol yang awalnya berwarna merah atau merah muda. Mereka akan memudar dengan sendirinya seiring waktu. Bekas luka ini mungkin akibat luka bakar atau operasi dan bisa terasa gatal.

Bekas luka atrofi: bekas luka ini adalah lubang dalam yang tertinggal setelah jerawat parah atau cacar air.

Stretch mark: ini adalah bekas luka tipis berwarna ungu kemerahan yang terjadi karena kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat. Mereka sangat umum pada wanita hamil. Seiring waktu, bekas luka ini akan memudar dan menjadi keputihan.

Bekas luka kontraktur: bekas luka ini biasanya disebabkan oleh luka bakar yang parah dan dapat menutupi area kulit yang luas. Bekas luka ini mungkin terasa kencang, terutama jika berada di sekitar persendian, dan berpotensi membatasi pergerakan tubuh.

Bintik hitam: jenis tanda ini sebenarnya bukan bekas luka, tetapi jenis hiperpigmentasi pasca-inflamasi, biasanya disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki

1. Lembaran silikon

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang pertama adalah dengan menggunakan lembaran silikon. Lembaran silikon dapat digunakan untuk menyembuhkan kulit, bukan luka terbuka. Mereka adalah gel atau lembaran bergaya lembut dan fleksibel yang diaplikasikan seperti pembalut berperekat.

Lembaran silikon dirancang untuk membantu melembutkan kulit dan meratakan bekas luka. Dipakai setiap hari, lembaran ini dapat dicuci dan digunakan kembali hingga 3 bulan. Anda tidak memerlukan resep karena obat ini dapat dibeli di apotik terdekat.

 

2. Pengelupasan kimia

Pengelupasan kimia dapat digunakan untuk mengobati jaringan parut ringan. Larutan kimia melarutkan lapisan terluar kulit untuk membantu meningkatkan pergantian sel dan memperlihatkan kulit yang lebih halus dan tidak teratur.

Perawatan ini bekerja lebih baik untuk orang-orang dengan kulit yang lebih terang. Profesional estetika biasanya melakukan pengelupasan kimia. Jika anda memiliki kulit yang lebih gelap, pengelupasan asam glikolat mungkin lebih efektif. Asam azelaic juga merupakan pilihan yang baik untuk mengobati jerawat dan pigmen di wajah.

 

3. Terapi laser

Juga disebut sebagai laser skin resurfacing atau laser scar revision, terapi laser menargetkan pembuluh darah yang dapat mengurangi munculnya bekas luka. Terapi laser ini hanya boleh dilakukan dengan bantuan dari dokter atau ahli estetika.

Meskipun tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, cahaya yang terpancar dapat membuat bekas luka menjadi lebih rata, mengurangi kemerahan, serta mengurangi rasa sakit dan gatal.

 

4. Steroid

Cara menghilangkan bekas luka di kaki berikutnya adalah dengan steroid. Suntikan kortikosteroid ini  efektif untuk mengobati jenis bekas luka tertentu, seperti bekas luka tebal atau keloid. Steroid disuntikkan langsung ke jaringan parut untuk membantu mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar yang mungkin dihasilkan oleh bekas luka ini.

Suntikan mengurangi pembengkakan dan meratakan bekas luka. Suntikan cenderung diberikan pada beberapa kesempatan selama beberapa bulan. Sebelumnya anda dapat bertanya kepada dokter sebelum memutuskan apakah cocok menggunakan steroid atau tidak.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

5. Krim Obat

Penggunaan krim obat bergantung pada jenis bekas luka yang dimiliki, dokter mungkin dapat meresepkan krim yang sesuai dengan kelas luka. Produk-produk ini sering mengandung retinoid tinggi atau steroid topikal untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak.

Pastikan untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari, terutama saat bekas luka sedang dalam proses penyembuhan. Oleskan tabir surya setiap hari dan pilih pakaian pelindung sinar matahari seperti topi dan syal saat terkena sinar matahari.

 

6. Krim OTC

Cara menghilangkan bekas luka di kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan krim OTC. Ada banyak pilihan krim OTC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan sehingga anda disarankan untuk bertanya dahulu kepada dokter untuk krim OTC yang tepat.

Krim ini tidak mengandung bahan aktif yang baik untuk kulit serta memiliki tujuan untuk mengurangi ukuran dan tampilan bekas luka yang dimiliki, serta dapat mengurangi gejala kemerahan atau gatal pada bekas luka.

 

7. Dermabrasi

Dermabrasi adalah metode pengelupasan kulit, menggunakan sikat kawat berputar atau roda berlian, yang menghilangkan lapisan atas kulit di atas dan di sekitar bekas luka. Dalam minggu-minggu setelah prosedur, kulit baru akan tumbuh kembali, dan munculnya bekas luka akan sangat berkurang.

Dermabrasi biasanya digunakan untuk jerawat dan bekas luka wajah lainnya, meskipun dapat dilakukan pada kaki oleh ahli bedah yang berkualifikasi. Dermabrasi pada kaki adalah prosedur yang rumit karena kulit pada kaki sangat tipis dan berisiko menimbulkan lebih banyak bahaya daripada manfaat jika dilakukan secara tidak benar.

Dermabrasi pada kaki biasanya hanya direkomendasikan untuk flek hitam atau bekas luka yang menjorok akibat gigitan nyamuk dan serangga. Bekas luka keloid atau hipertrofik tidak boleh diobati dengan dermabrasi.

 

8. Suntik Kolagen

Suntikan kolagen atau lemak lainnya bisa sangat membantu dalam memperbaiki tampilan bekas luka yang menjorok, seperti bopeng akibat cacar air. Kolagen adalah protein hewani alami, yang disuntikkan ke kulit dengan jarum halus, sehingga mengisi bekas luka yang menjorok.

Meski sangat efektif, hasil perawatan kolagen tidak permanen, karena tubuh menyerap kolagen alami. Anda perlu menyuntik ulang kolagen ke bekas luka setelah sekitar empat bulan. Anda juga perlu melakukan tes kulit sebelum menerima suntikan kolagen, untuk memastikan bahwa anda tidak akan mengalami reaksi alergi terhadap perawatan tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

9. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Banyak peneliti yang telah menyimpulkan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat membantu bekas luka untuk sembuh bila digunakan secara rutin.

Untuk menggunakannya pertama lepaskan kulit hijau tua dari sisi rata daun lidah buaya. Ambil gel hijau muda yang hampir bening. Oleskan gel langsung ke bekas luka dengan gerakan melingkar. Setelah setengah jam, cuci gel dengan air dingin yang segar. Ulangi dua kali setiap hari.

 

10. Cuka Sari Apel (ACV)

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan asam suksinat yang ada di ACV. Asam suksinat dapat mengontrol peradangan yang disebabkan oleh jerawat, yang pada gilirannya dapat mencegah pembentukan bekas luka.

Cara menggunakannya dengan mencampurkan 4 sendok makan air suling dengan 2 sendok makan ACV. Celupkan bola kapas ke dalam campuran sari air dan oleskan dengan lembut pada bekas luka. Biarkan kering. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan cuci area tersebut di pagi hari.

 

11. Kentang

Terdapat beberapa bukti medis yang mendukung gagasan bahwa kentang dapat membantu menghilangkan bekas luka. Salah satu studi pada tahun 2017 menemukan bahwa kulit kentang dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan.

Caranya dengan memotong kentang menjadi lingkaran tebal sedang. Dengan gerakan memutar, gosokkan irisan kentang pada bekas luka. Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan lanjutkan menggosok dengan irisan lainnya. Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering selama sekitar 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

 

12. Minyak Vitamin E

Vitamin E telah digunakan dalam banyak perawatan kesehatan dan kecantikan selama bertahun-tahun dan banyak orang menganggapnya sebagai pengobatan yang berhasil untuk bekas luka. Minyak vitamin E melembabkan dan mengandung antioksidan kuat, membantu memperbaiki kulit dan memperbaiki penampilan jaringan yang rusak.

Anda dapat mengonsumsi kapsul vitamin E atau dapat mengoleskan minyak vitamin E secara langsung ke kulit dengan memecahkan kapsul dengan peniti dan mengoleskan minyak ke daerah yang ada bekas luka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS