Sukses

16 Tempat Wisata Alam di Jakarta, Cerminkan Keindahan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta terkenal sebagai kota pusat pemerintahan dan pusat ekonomi yang padat penduduk. Saat berbicara tentang Jakarta, maka yang ada dibenak banyak orang adalah gedung-gedung pencakar langit yang berjajar di pusat kota Jakarta ataupun pusat-pusat perbelanjaannya yang tersebar di seluruh penjuru kota. Akan tetapi, Ibu Kota juga memiliki banyak tempat wisata alam di Jakarta yang berpotensi untuk menarik minat banyak wisatawan.

Jakarta terkenal dengan kepadatannya. Setiap harinya, warga Ibu Kota harus menghadapi penuh sesaknya kota metropolitan dan juga macetnya jalanan Jakarta saat pergi bekerja ataupun sekolah. Hal ini membuat pikiran menjadi penat dan badanpun terasa letih. Warga Ibu Kota pun membutuhkan rekreasi untuk melepaskan bersantai sejenak dan melepaskan rasa penat yang menumpuk akibat aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan.

Salah satu kegiatan favorit masyarakat Jakarta untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari adalah mengunjungi berbagai destinasi wisata, khususnya wisata alam. Mereka bahkan rela pergi jauh ke luar kota untuk melepaskan diri dari padatnya Ibu Kota dan menikmati keindahan alam yang dapat membantu menenangkan pikiran. Padahal, ada berbagai tempat wisata alam di Jakarta yang juga cantik dan cocok dikunjungi untuk beristirahat dan melepaskan penat bersama dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

Berikut ini adalah berbagai tempat wisata alam di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di hari liburmu yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa, (9/8/22).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jakarta - Pulau

1. Pulau Tidung

Untuk kamu yang mencari tempat wisata alam di Jakarta yang menawarkan indahnya panorama pantai dan laut, kamu bisa datang ke Pulau Tidung. Pulau Tidung sendiri adalah salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kamu bisa datang berkunjung ke pulau ini dengan menggunakan kapal penumpang yang berangkat dari Muara Angke. Perjalanan menuju ke Pulau Tidung kurang lebih selama 3 jam.

Pulau Tidung terdiri dari 2 pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan tempat pemukiman warga, sementara Pulau Tidung Kecil merupakan pusat konservasi dan pengembangbiakan mangrove. Kedua pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan yang juga dikenal sebagai Jembatan Cinta.

Kamu bisa jalan-jalan berkeliling sambil menikmati indahnya pemandangan mangrove yang indah dan asri menggunakan sepeda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya pantai dengan pasirnya yang berwarna putih dan lembut. Di pulau ini juga tersedia berbagai permainan air yang bisa dicicipi oleh para wisatawan yang mengunjungi Pulau Tidung.

2. Pulau Pari

Wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta memang terkenal akan panorama lautnya yang indah. Pulau lain yang terletak di Kepulauan Seribu yang merupakan tempat wisata alam di Jakarta yang populer dan terfavorit ialah Pulau Pari. Pulau Pari adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu yang membawahi 4 pulau lain yang ada di sekitarnya. Pulau ini dapat kamu kunjungi dengan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam.

Pulau Pari terkenal dengan pantainya yang cantik. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putihnya yang menggoda. Ada berbagai pantai yang bisa kamu kunjungi ketika datang ke Pulau Pari, seperti Pantai Pasir Putih Perawan dan Pantai Kresek. Di samping itu, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang disuguhkan oleh perairan di sekitar Pulau Pari. Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di Pulau Pari bisa menggunakan fasilitas homestay yang ditawarkan oleh penduduk sekitar.

3. Pulau Harapan

Tempat wisata alam di Jakarta lainnya yang menawarkan keindahan alam laut di sekitar ibu kota ialah Pulau Harapan. Pulau ini merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Pulau Harapan dengan menggunakan kapal yang akan memakan kurang lebih 2 higga 3 jam perjalanan.

Kelurahan Pulau Harapan terdiri dari 30 pulau. Akan tetapi, hanya 2 pulau saja yang dihuni oleh penduduk. Sisanya adalah pulau-pulau yang tidak dihuni yang memiliki berbagai fungsi, mulai dari pulau wisata, tempat perlindungan, dan cagar alam.

Salah satu daya tarik wisata utama di Pulau Harapan ialah penangkaran penyu yang terdapat di Pulau Kelapa Dua dan penangkaran elang yang terdapat di di Pulau Kotok. Kamu juga bisa untuk turut berkontribusi dalam kegiatan penangkaran penyu dengan menyumbangkan dana untuk kegiatan tersebut. Selain itu, Pulau Harapan juga terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menggoda banyak orang sehingga menjadi tempat yang cocok untuk kegiatan snorkeling.

4. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah tempat wisata alam di Jakarta yang telah terkenal sejak cukup lama. Pulau Bidadari sendiri adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta. Dulunya, pulau ini digunakan sebagai rumah sakit untuk menunjang aktivitas di Pulau Onrust.

Pulau Bidadari sendiri adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang letaknya sangat dekat dengan daratan Jakarta. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari dermaga Marina Ancol, Jakarta. Dekatnya jarak antara Pulau Bidadari dan daratan Jakarta membuat pulau ini salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang terfavorit.

Pulau ini sendiri terkenal dengan resortnya. Di sini kamu bisa menikmati suasana bermalam di cottage yang dibuat terapung di atas laut. Selain itu, pulau Bidadari juga terkenal akan berbagai kegiatan olahraga air yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Selain itu, para wisatawan juga dapat berkeliling untuk menikmati indahnya pemandangan Pulau Bidadari dengan menggunakan sepeda.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jakarta - Pulau

5. Pulau Macan

Tempat wisata alam di Jakarta yang berikutnya ialah Pulau Macan. Pulau ini adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu Jakarta. Untuk mengunjungi pulau ini, kamu bisa menyeberang menggunakan speedboat dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 90 menit ataupun dengan kapal feri.

Pulau Macan terkenal dengan resortnya. Arsitektur alami resort di pulau ini ditambah dengan indahnya pemandangan pulau dan lautnya yang alami membuat para wisatawan akan merasa betah untuk bersantai di sini. Di pulau ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan melakukan scuba diving ataupun snorkeling. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan matahari tenggelam di pulau ini.

6. Pulau Putri

Ada banyak pulau di Kepulauan Seribu yang menawarkan berbagai keindahan alam laut di sekitaran Ibu Kota. Salah satu pulau yang terkenal sebagai tempat wisata alam di Jakarta ialah Pulau Putri. Pulau Putri adalah sebuah pulau kecil, hanya seluas 8 hektar, yang saat ini dimanfaatkan sebagai resort wisata.

Di sini para pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan, mulai dari beragam olaraga laut hingga bersantai di restoran terapung. Para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bawah laut melalui terowongan yang dibuat di bawah laut ataupun dengan menggunakan kapal dengan dinding transparan. Selain itu, para pengunjung juga dapat berlayar ke tengah laut dan menikmati indahnya panorama matahari tenggelam dari atas kapal.

7. Pulau Pramuka

Pulau lain yang dapat kamu kunjungi saat mampir ke Kepulauan Seribu ialah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka sendiri merupakan Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini dulunya dikenal sebagai Pulau Elang karena banyaknya burung Elang Bondol yang menghuni pulau ini. Akan tetapi, bersamaan dengan berkembangnya pemukiman di Pualau Pramuka, elang-elang ini jumlahnya terus berkurang.

Saat ini Pulau Pramuka juga difungsikan sebagai pusat konservasi dan penangkaran. Di sini, para pengunjung tidak hanya dapat melakukan berbagai aktivitas laut yang tersedia, tetapi juga bisa menikmati indah dan teduhnya area konservasi Mangrove yang terdapat di Pulau ini. Selain itu, Pulau Pramuka juga menjadi pusat konservasi penyu sisik dan hiu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata alam di Jakarta ini.

8. Pulau Sepa

Kepulauan Seribu, Jakarta memang menyajikan banyak pulau dengan panorama alam yang indah yang cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu pulau yang bisa kamu nikmati keindahannya di Kepulauan Seribu ialah Pulau Sepa. Tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini menawarkan segudang pengalaman yang tak akan terlupakan bagi para pengunjungnya.

Di Pulau Sepa, para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pulau, pantai, dan laut bersama dengan nyamannya cottage privat yang disediakan oleh pihak pengelola. Selain bisa menikmati beragam aktivitas dan olahraga air, di pulau ini para wisatawan juga bisa melihat langsung proses penangkaran dan budidaya penyu sisik yang saat ini sudah langka. Kalau kamu datang di waktu yang tepat, kamu juga ikut serta melepasliarkan penyu yang sudah besar ke alam bebas.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jakarta - Pulau

9. Pulau Kelor

Pulau Kelor adalah salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang masih cukup jarang untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Padahal, salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini juga menawarkan panorama alam yang tak kalah indah dari pulau-pulau wisata lainnya yang terdapat di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Di pulau ini para pengunjung bisa menikmati indahnya pantai berpasir putih sambil merasakan segarnya air laut. Pulau Kelor juga cocok untuk menjadi tempat untuk menikmati keindahan panorama matahari terbenam di Kepulauan Seribu. Selain alamnya, Pulau Kelor juga terkenal dengan sejarahnya. Di pulau ini terdapat sebuah benteng besar yang bernama Benteng Mertello. Benteng ini dibangun oleh VOC untuk menahan gempuran pasukan Portugis. Di Pulau Kelor ini juga terdapat makam para awak kapal de Zeven Provincien yang memberontak.

10. Pulau Onrust

Bila berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta rasanya tidak lengkap kalau tidak singgah ke Pulau Onrust. Tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah saja, tetapi juga sejarahnya.

Pulau Onrust memiliki sejarah yang sangat panjang. Sempat menjadi tempat peristirahatan bagi keluarga raja-raja Banten, pada masa VOC pulau ini kemudian dimanfaatkan menjadi tempat singgahnya kapal-kapal yang menuju ke pelabuhan Jayakarta hingga menjadi markas militer dan benteng pertahanan.

Mengunjungi Pulau Onrust, wisatawan dapat menyaksikan berbagai peninggalan sejarah masa kolonial yang masih berdiri hingga saat ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Pulau Onrust, sebuah museum yang menyimpan berbagai barang peninggalan masa kolonial yang menggunakan bangunan peninggalan kolonial yang masih berdiri tegak hingga saat ini.

11. Pulau Ayer

Kalau kamu ingin berlibur dan bersantai untuk melepas penat sambil menikmati indahnya laut sekitaran ibu kota, kamu bisa berkunjung ke Pulau Ayer. Pulau ini terkenal sebagai salah satu pulau resort yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan.

Di Pulau Ayer, kamu bisa bersantai menikmati panorama laut di cottage-cottage yang memiliki desain arsitektur bergaya natural yang akan membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama di sini. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas dan olahraga pantai dan air seperti bermain volley pantai, banana boat, jet ski, dan kano.

12. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa adalah salah satu pulau wisata terfavorit di Kepulauan Seribu. Pulau ini masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan bahkan mendapatkan penghargaan Asian Heritage Park. Pulau ini juga menjadi satu-satunya Taman Nasional Laut yang berada di Ibu Kota Jakarta.

Di Pulau Kelapa, para pengunjung dapat menikmati indahnya alam laut di perairan sekitar pulau ini dengan melakukan berbagai aktivitas laut seperti snorkeling dan diving. Para pengunjung juga bisa melakukan tur mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Kelapa. Pulau ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahan panorama sunset di pantai.

Pulau Kelapa tidak hanya menyuguhkan wisata alam yang indah saja. Tempat wisata alam di Jakarta ini juga menyajikan wisata edukasi yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dengan berkunjung ke fasilitas penangkaran penyu yang terdapat di pulau ini. Kamu juga bisa menikmati berbagai hidangan khas Kepulauan Seribu yang dijajakan oleh para penduduk di Pulau Kelapa.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jakarta - Lain-Lain

13. TWA Angke Kapuk

Ibu Kota Jakarta terkenal sebagai kota metropolitan yang dipenuhi oleh banyak gedung pencakar langit dan juga padatnya kendaraan bermotor di jalanan. Akan tetapi, di pinggiran Ibu Kota juga terdapat daerah hijau yang masih alami dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang populer, yakni Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

TWA Angke Kapuk adalah salah satu tempat konservasi alam Jakarta yang bertujuan untuk menjaga ekosistem mangrove di provinsi ini. Di sini, para pengunjung bisa menikmati hijau dan asrinya hutan mangrove yang menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis tanaman mangrove dan juga burung.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke TWA Angke Kapuk. Kamu bisa berkeliling tempat ini dengan berjalan kaki untuk menikmati keindahan pemandangan hutan mangrove. Selain itu, terdapat pula jalur sepeda yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin menikmati panorama cantik dan udara segar di tempat wisata alam di Jabodetabek ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam mangrove dengan menanam bibit mangrove.

14. Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata alam di Jakarta yang selanjutnya yang juga bisa menjadi destinasi wisata edukasi di Ibu Kota ialah Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini memang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata yang terfavorit di Ibu Kota. Kebun binatang ini berdiri di atas lahan seluas 147 hektar.

Di sini para pengunjung dapat berkeliling untuk melihat dan menikmati koleksi fauna yang beragam milik Kebun Binatang Ragunan. Ragunan menjadi rumbah bagi 2.000 spesimen dan lebih dari 50.000 pohon yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Di sini para pengunjung dapat menemukan berbagai jenis hewan, mulai dari hewan mamalia seperti harimau dan beruang, hingga beragam jenis burung yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia hingga dunia.

15. Pantai Ancol

Pantai Ancol adalah salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang populer dan terfavorit. Banyak sekali warga yang berkunjung ke pantai ini, khususnya pada hari libur. Kepopuleran Ancol tidak terlepas dari lokasinya yang sangat dekat, sekitar 12 Km dari pusat Kota Jakarta.

Pantai Ancol menawarkan segudang fasilitas hiburan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Salah satunya ialah Ancol Beach City. Ancol Beach City adalah sebuah kompleks perbelanjaan dan rekreasi besar di Jakarta yang di dalamnya terdapat pusat perbelanjaan, restoran, auditorium, dan zona petualangan. Selain itu, para pengunjung yang datang ke Pantai Ancol juga dapat menikmati berbagai olahraga air, termasuk jetski, pesiar Ancol, dan berperahu di Pantai Ancol.

16. SeaWorld Ancol

Tempat wisata alam di Jakarta terpopuler dan terfavorit yang berikutnya ialah SeaWorld Ancol. SeaWorld sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

Di sini para pengunjung dapat menikmati beragam jenis koleksi ikan milik SeaWorld yang hidup di akuarium dengan berbagai jenis ukuran, dari yang berukuran sedikit kecil, hingga yang berukuran raksasa. Para pengunjung juga dapat berjalan menelusuri Lorong Antasena yang merupakan sebuah lorong bawah air sepanjang 80 m yang dioperasikan dengan pijakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang. Dari lorong ini para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis ikan yang berenang di sekeliling lorong seakan-akan berada di dasar laut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS