Sukses

True Artinya Benar, Pahami Sinonim dan Idiomnya dalam Bahasa Inggris

Arti dan penggunaan kata True dalam Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta True artinya adalah benar. Kata true sendiri adalah kata bahasa Inggris yang sering kita temukan. Saat kamu mengerjakan ujian, kamu mungkin pernah menemukan soal "True/Flase". Pada jenis soal ini, para siswa diminta untuk menilai kebenaran dari suatu pernyataan.

True artinya adalah sebuah kata sifat di dalam bahasa inggris. Kata sifat ini digunakan untuk menyatakan kebenaran dari suatu peristiwa atau pernyataan. Bentuk komparatif dari kata ini adalah "truer" yang berarti lebih benar. Sementara itu, bentuk superlatif dari kata ini adalah "truest" yang berarti paling benar.

True artinya adalah sebuah kata yang banyak digunakan dalam berbagai idiom. Kamu dapat menemukan kata ini dalam berbagai idiom yang populer seperti "true love" dan "true story". Di samping kedua idiom tersebut, masih banyak lagi idiom lainnya yang menggunakan kata true.

Sebagai salah satu kata yang umum dan populer untuk digunakan dalam bahasa Inggris, kamu perlu memahami arti kata true beserta sinonimnya. Berikut ini adalah arti kata true beserta sinonimnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Kata True

Menurut Oxford Dictionary of English, true memiliki banyak arti atau makna. Pertama, true artinya sesuai dengan fakta atau realitas (kenyataan). True juga bisa berarti akurat, sesuai, dan loyal.

Senada dengan kamus Oxford, Kamus Mirriam Webster menyebutkan true artinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Selain itu, kata true juga dapat berarti sepenuhnya terealisasi atau terpenuhi.

Dalam Bahasa Indonesia, true artinya adalah "benar". Selain kata "benar" kamu juga bisa menggunakan berbagai kata lain untuk menerjemahkan kata true ke dalam Bahasa Indonesia, mulai dari sebenarnya, betul, sejati, asli, tulen, nyata, sesungguhnya, dan sebagainya. Kamu perlu melihat konteks kalimatnya terlebih dahulu sebelum memilihnya.

3 dari 6 halaman

Sinonim Kata True

Kata true artinya memiliki banyak sinonim dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa sinonim kata true dalam Bahasa Inggris yang dikutip dari situs Thesaurus.com beserta arti katanya dalam Bahasa Indonesia:

- Accurate = akurat; tepat; cermat

- Appropriate = sesuai; tepat; cocok

- Authentic = autentik; asli; sahih

- Bona fide = tulen; jujur; yang dapat dipercaya

- Correct = benar; tepat; betul; sebenarnya; cocok; baik.

- Genuine = tulus

- Honest = jujur; tulus; benar; tulus hati

- Legitimate = sah; absah; logis; masuk akal

- Natural = alami; alamiah; wajar; normal

- Right = baik; tepat; benar; cocok; betul

4 dari 6 halaman

Perbedaan Kata True; Right; dan Correct

Seperti yang sudah di bahas pada bagian sebelumnya, true artinya memiliki banyak kata sinonim dalam Bahasa Inggris. Di antara kata-kata sinonim tersebut, banyak orang yang kebingungan membedakan antara kata "true", "right", dan "correct". Hal ini terjadi karena ketiga kata ini memiliki arti yang hampir sama yakni benar, sebenarnya, sesungguhnya. Kemiripan antara ketiga kata ini membuat banyak orang tertukar-tukar dalam menggunakannya.

Kamu perlu mewaspadai masalah ini. Ada perbedaan makna di antara ketiga kata tersebut. Perbedaan ini membuat ketiga kata itu digunakan untuk konteks yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaan arti kata "true", "right", dan "correct" yang dikutip dari situs englishforsma.com :

A. True

True adalah kata yang digunakan untuk menyatakan kebenaran yang berdasarkan pada fakta atau kejadian yang sesungguhnya. Suatu pernyataan dapat dinyatakan benar dalam arti "true" harus mengungkapkan suatu kebenaran yang benar-benar terjadi.

Contoh:

The statement is true (pernyataan itu benar) [sesuai dengan fakta]

B. Right

Right juga dapat digunakan untuk menyatakan kebenaran. Akan tetapi, kata right digunakan untuk menyatakan kebenaran yang bersifat subyektif dan tidak mutlak. Pernyataantersebut biasanya masih menggambarkan suatu opini yang subjektif.

Contoh:

It was the right thing to go to help the children by giving them some money (Membantu anak-anak jalanan dengan memberi uang adalah tindakan yang benar) [bagi sebagian orang tentu ada yang berpikir lain, sehingga pernyataan ini bernilai kebenaran subjektif]

C. Correct

Kata "correct" dalam Bahasa Inggris digunakan untuk menyatakan kebenaran yang mutlak dan tidak mengandung kesalahan. Artinya pernyataan tersebut tidak dapat diganggu gugat.

Contoh:

The answer is correct (Jawaban itu benar).

5 dari 6 halaman

Idiom Menggunakan Kata

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kata true artinya banyak digunakan dalam berbagai idiom Bahasa Inggris. Berikut ini adalah berbagai idiom Bahasa Inggris yang menggunakan kata "True":

1) Come true (menjadi nyata)

2) Out of true (tidak semestinya)

3) True love (cinta sejati)

4) True to form (sesuai harapan)

5) True colors (sifat asli)

6 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Menggunakan Kata True dan Artinya

It is literally true that I never heard of him until I was in my late twenties. (Memang benar bahwa saya tidak pernah mendengar tentang dia sampai saya berusia akhir dua puluhan.)

That is undoubtedly true. (Itu tak perlu diragukan lagi benar)

The story is more or less true. (Ceritanya kurang lebih benar.)

It's hardly true to call cleaning windows a ‘profession’. (Kurang tepat untuk menyebut membersihkan kaca adalah sebuah profesi)

This degree of inequality was by no means true of all 19th-century marriages. (Tingkat ketidaksetaraan ini tidak berlaku untuk semua pernikahan abad ke-19)

This is in fact true in most situations. ( Ini sebenarnya benar pada kebanyakan kasus)

We hope that this will prove true. (Kami harap ini akan terbukti benar)

What applies at a local level holds doubly true at a national level. (Apa yang terjadi pada tingkat lokal juga berlaku pada tingkat nasional)

What is true for buyers is equally true for sellers. (Apa yang benar bagi para pembeli sama benarnya bagi penjual)

While technically true, this is unfair. ( Meskipun secara teknis benar, ini tidaklah adil)

While this is certainly true for some, it is not the case for others. (Sementara ini benar bagi sebagian orang, itu tidak berlaku bagi yang lain)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.