Sukses

Contoh Buku Non Fiksi dan Jenisnya, Ketahui Bedanya dengan Fiksi

Liputan6.com, Jakarta Contoh buku non fiksi sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Bahkan buku paket mata pelajaran yang sering dibawa para siswa ke sekolah termasuk salah satu contoh buku non fiksi. Selain itu, buku yang masuk jenis biografi juga termasuk contoh buku non fiksi.

Untuk mencari contoh buku non fiksi sebenarnya lebih mudah daripada buku fiksi. Sebab, buku non fiksi jenisnya lebih banyak daripada buku fiksi, jenisnya bisa dibilang sedikit, seperti novel dan kumpulan cerpen.

Yang jelas, buku bisa menjadi contoh buku non fiksi jika ditulis berdasarkan fakta, penelitian, dan pengalaman empiris. Bahkan sebuah buku cerita, jika ditulis sesuai dan persis seperti peristiwa yang benar-benar terjadi, maka buku tersebut dapat dikategorikan sebagai contoh buku non fiksi.

Sebaliknya, jika ditulis berdasarkan peristiwa nyata, namun ditambahi "bumbu-bumbu" dengan menciptakan efek dramatis, buku seperti itu tidak bisa digunakan sebagai contoh buku non fiksi. Buku yang ditulis berdasarkan peristiwa sejarah yang benar-benar terjadi, namun masih terdapat penyesuaian dalam penulisannya untuk menciptakan efek dramatis masih tergolong tulisan fiksi.

Untuk memahami lebih dalam dan mengetahui buku apa saja yang bisa jadi contoh buku nonfiksi, ada baiknya untuk mengetahui pengertian nonfiksi, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pengertian Nonfiksi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nonfiksi adalah karya sastra, karangan, dan sebagainya yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Saat membaca non fiksi, Anda membaca tentang sesuatu yang benar-benar terjadi. Ia bukan cerita yang dibuat-buat oleh seseorang.

Penulisan nonfiksi dapat berdasarkan pada sejarah dan biografi, dapat bersifat instruksional, dapat menawarkan komentar dan humor, dan dapat merenungkan pertanyaan-pertanyaan filosofis. Isi dari cerita non fiksi berakar pada peristiwa nyata.

Nonfiksi adalah karya sastra yang, terlepas dari subjeknya, memiliki tujuan sederhana: memberikan informasi. Penulisan non fiksi dapat mengambil banyak bentuk, termasuk biografi, buku sejarah, dan panduan perjalanan.

3 dari 6 halaman

Jenis dan Contoh Buku Non Fiksi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya contoh buku non fiksi ada banyak sekali, sebab jenis buku yang ada dalam kaetgori nonfiksi pun juga banyak sekali. Adapun jenis-jenis buku yang masuk dalam kategori nonfiksi antara lain buku sejarah, buku agama, buku filsafat, dan sebagainya.

Kesehatan

Buku-buku kesehatan dan kebugaran mencakup topik-topik seperti manajemen stres, kebiasaan tidur, atau diet. Mereka dapat mengatasi kesehatan fisik, mental atau spiritual. Penulis nonfiksi kesehatan dan kebugaran sering kali adalah dokter dan peneliti dengan pengetahuan teknis.

Buku yang membahas kesehatan jelas tidak boleh ditulis berdasarkan karangan semata tanpa melakukan penelitian atau riset. Buku kesehatan harus ditulis berdasarkan riset. Karena itu buku kesehatan termasuk dalam contoh buku non fiksi.

Panduan perjalanan

Panduan perjalanan ditulis dengan maksud untuk membantu wisatawan dan pelancong mempersiapkan dan menemukan daerah baru dengan menjelaskan tempat untuk dikunjungi, bahasa, dan harga. Panduan perjalanan sering kali menyertakan informasi budaya dan sejarah. Penulis yang membuat panduan perjalanan mungkin fokus pada tema perjalanan seperti relaksasi, petualangan, atau pengalaman kuliner.

Panduan perjalanan mungkin juga akan memuat pandangan subjektif mengenai suatu lokasi wisata, namun informasi mengenai alamat, budaya dan sejarah terkait lokasi wisata jelas ditulis berdasarkan kenyataan. Inilah yang membuat panduan perjalanan tergolong contoh buku non fiksi.

Nonfiksi anak

Tulisan nonfiksi anak-anak menjelaskan topik kepada audiens muda menggunakan gambar, bab, dan cerita. Buku-buku ini mungkin mencakup topik biografi, sejarah atau ilmiah. Penulis nonfiksi anak-anak sering bermitra dengan ilustrator untuk membuat gambar untuk buku mereka yang menarik perhatian pembaca muda.

4 dari 6 halaman

Jenis dan Contoh Buku Non Fiksi

Bisnis dan Ekonomi

Buku bisnis sering menjadi panduan tentang manajemen dan kewirausahaan. Penulis genre ini memiliki pengalaman di pasar atau industri dan berbagi tip mereka dengan pembaca. Buku-buku ekonomi menjelaskan topik-topik seperti pergerakan pasar saham, penetapan harga konsumen, dan suku bunga untuk membantu pembaca memahami cara kerja ekonomi.

Jurnalisme

Jurnalisme adalah subgenre nonfiksi yang luas dan mencakup banyak media. Jurnalisme paling sering dikonsumsi dalam bentuk surat kabar dan majalah, bersama dengan jurnal bulanan, laporan berita TV, dan banyak lagi. Jurnalisme melaporkan peristiwa nyata yang biasanya, tetapi tidak selalu, memiliki relevansi dengan audiens kontemporer. Jurnalisme juga bisa berbentuk buku.

Bantuan diri dan instruksi

Buku self-help adalah beberapa buku terlaris di dunia nonfiksi. Banyak dari buku-buku ini berkaitan dengan kesuksesan bisnis, meningkatkan kepercayaan diri, tetap teratur, nasihat hubungan, diet, dan manajemen keuangan.

Sains

Buku sains menjelaskan penelitian akademis dan mungkin menyertakan informasi teknis. Penulisan nonfiksi sains terorganisir dengan baik dan mengikuti konvensi akademik seperti pengindeksan dan referensi. Ini juga mencakup lampiran bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan penulis dan meningkatkan pengetahuan pembaca.

5 dari 6 halaman

Jenis dan Contoh Buku Non Fiksi

Politik dan ilmu sosial

Buku-buku ilmu politik dan sosial menganalisis dan mengomentari atribut atau struktur tertentu dalam masyarakat. Beberapa penulis genre ini mendasarkan tulisan mereka pada makalah akademis, dan yang lain menggunakan bukti anekdot. Contoh topik ilmu sosial termasuk antropologi, sosiologi, komunikasi dan arkeologi.

Esai

Esai sering bersifat pribadi dan introspektif. Buku esai mengumpulkan beberapa tulisan dari penulis yang sama atau beberapa penulis di bawah satu tema. Penulis esai sering memiliki pengalaman pribadi dengan atau otoritas pada subjek.

Sejarah

Sejarah dalam non fiksi adalah genre penulisan yang menggambarkan peristiwa dan era sejarah yang sebenarnya. Buku-buku sejarah merinci situasi politik dan sosial, menggunakan sumber primer dan sekunder untuk membantu pembaca memahami warisan dan penyebabnya.

Biografi, otobiografi, dan memoar

Bentuk non fiksi ni berfokus pada kisah hidup subjek tertentu. Biografi ditulis sebagai orang ketiga tentang orang lain selain penulis. Autobiografi dan memoar ditulis oleh subjek itu sendiri. Sementara otobiografi dan memoar, karena kebutuhan, ditulis oleh seseorang yang saat ini masih hidup pada saat penulisan, biografi dapat menggambarkan subjek baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Filsafat

Filsafat non fiksi menganalisis konsep-konsep seperti etika dan kebebasan dan mengajak pembaca untuk memikirkannya. Ini juga menjelaskan paradigma filosofis kepada pemula yang ingin mempelajarinya serta para ahli tentang topik tersebut.

Agama dan spiritualitas

Non fiksi agama dan spiritualitas mengambil banyak bentuk. Beberapa buku menggambarkan pengalaman pribadi penulis, beberapa berbasis teori dan yang lainnya adalah buku self-help bagi pembaca yang ingin menumbuhkan spiritualitas mereka. Buku-buku agama sering kali berfokus pada sistem kepercayaan tertentu.

Teks akademik

Teks akademik dirancang untuk menginstruksikan pembaca tentang topik tertentu. Bentuk ini kerap ditemukan dalam bentuk buku pelajaran siswa. Teks akademik juga digunakan oleh orang dewasa yang ingin mempelajari keahlian tertentu, seperti perbaikan mobil atau aransemen musik.

6 dari 6 halaman

Perbedaan Fiksi dan Nonfiksi

Secara sederhana, fiksi adalah sesuatu yang imajiner dan non-fiksi adalah sesuatu yang benar. Dalam penulisan non-fiksi, orang-orang nyata dan tempat-tempat yang disebut atau muncul dalam tulisan benar-benar ada atau pernah ada.

Di sisi lain, dalam cerita fiksi, sebagian besar berasal dari imajinasi penulis. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua jenis tulisan tersebut.

Fiksi dibuat-buat, non-fiksi berdasarkan fakta atau riset

Cerita fiksi sebagian besar dibuat-buat. Semua karakter dan tempat sebagian besar berasal dari imajinasi penulis. Penulisan non-fiksi, di sisi lain, didasarkan pada fakta dan informatif. Buku fiksi ditulis untuk menghibur pembaca dan buku nonfiksi ditulis untuk menambah pengetahuan bagi pembaca. Contoh fiksi adalah novel, cerita pendek, dll. Buku sejarah, otobiografi, dll adalah contoh buku non fiksi.

Fiksi lebih rumit

Dalam fiksi, penulis dapat mengikuti imajinasinya tanpa batas. Mereka dapat menguraikan plot atau karakter sejauh imajinasi mereka berjalan. Dalam non-fiksi, penulis harus lurus ke depan. Tidak ada ruang untuk imajinasi apa pun. Ini sebenarnya adalah realokasi fakta.

Fiksi dapat ditafsirkan dengan cara yang berbeda

Cerita yang ditulis oleh seorang penulis fiksi dapat ditafsirkan dengan berbagai cara oleh penonton. Tapi tulisan non-fiksi sederhana dan langsung. Mereka hanya dapat memiliki satu interpretasi.

Penulisan non-fiksi membutuhkan referensi

Dalam penulisan non-fiksi, Anda mungkin perlu memberikan referensi untuk tulisan Anda dan menyertakan kutipan cerita. Ini diperlukan untuk membuat cerita atau tulisan Anda lebih kredibel. Namun dalam penulisan fiksi, referensi semacam itu tidak diperlukan.

Inilah perbedaan antara tulisan fiksi dan nonfiksi yang harus kamu ingat. Anda hanya harus ingat bahwa fiksi itu imajinatif dan non-fiksi itu benar. Menulis fiksi menyenangkan untuk dibaca dan menulis non-fiksi informatif. Jadi, lain kali ketika Anda membaca buku, Anda akan dapat membedakan dengan mudah apakah itu fiksi atau non-fiksi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS