Sukses

Taman Wisata Mekarsari, Tempat Liburan Keluarga Favorit di Bogor

Liputan6.com, Jakarta Taman Wisata Mekarsari merupakan taman agrowisata buatan yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain menjadi salah satu destinasi wisata, taman wisata mekarsari juga merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati yang berada di Indonesia dan pusat penelitian budidaya hayati.

Taman Wisata Mekarsari dikenal menjadi salah satu tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan bersama dengan keluarga tercinta di Bogor. Hal ini karena Taman Wisata Mekarsari merupakan taman yang dikonsep sebagai tempat observasi dengan fasilitas rekreasi yang lengkap dan menarik untuk dikunjungi.

Taman Wisata Mekarsari digagas oleh Ibu Tien Suharto dan dibangun pada tahun 1990, taman ini pada awalnya merupakan taman yang dikonsepkan sebagai tempat konservasi tumbuhan, namun kemudian ditambahkan konsep tersebut sebagai kawasan konservasi, edukasi, penghijauan dan rekreasi.

Untuk menjadi referensi liburan saat liburan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022). Informasi lengkap tentang Taman Wisata Mekarsari, lengkap dengan lokasi, tiket masuk, fasilitas, atraksi favorit dan tip berkunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Lokasi Taman Wisata Mekarsari

Lokasi Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari terletak di di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Karena lokasinya yang strategis, objek wisata alam kecil ini mudah diakses. Anda bisa mengunjungi kebun buah Mekarsari ini dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Bagi wisatawan yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menggunakan angkutan umum melalui jalur transportasi umum sebagai berikut ini:

1. Jalur Kampung Rambutan

Pertama, Anda bisa naik angkutan kota dari Kowanbisata ke Bogor – Jonggol dan turun di depan Gerbang Wisata Taman Mekarsari.

2. Kota Bekasi

Dari kota Bekasi Anda bisa naik bus Kowanbisata tujuan Bekasi – Jonggol dan turun di Taman Wisata Mekarsari.

Sedangkan untuk anda yang datang bersama-sama sebagai keluarga atau kelompok, Anda disarankan untuk dengan kendaraan pribadi. Ikuti rute dengan mengikuti jalan tol Jagorawi yang berakhir di gerbang tol Cibubur lalu menuju jalur Cileungsi. Anda akan sampai di Taman Wisata Mekarsari dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit setelah keluar dari jalan tol.

3 dari 5 halaman

Fasilitas Taman Wisata Mekarsari

Fasilitas Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari memiliki sekitar 1.470 varietas tanaman buah-buahan dan juga sekitar 100.000 pohon, termasuk herba, makanan, biofarmasi, sayuran, tanaman hias, tanaman pelindung dan juga tanaman industri.

Di sini juga terdapat laboratorium untuk melintasi berbagai jenis tumbuhan. Padahal, tidak hanya di kebun buah Mekarsari terdapat tanaman langka seperti sawo, karkas, kesemek, dan tanaman tropis seperti jeruk, salak, nangka, nangka, melon, belimbing, dan lain-lain.

Kebun Mekarsari Bogor tidak hanya digunakan sebagai tempat perlindungan, tetapi juga sebagai tempat pembibitan benih unggul, budidaya dan pembibitan, yang nantinya akan didistribusikan kepada petani dan masyarakat umum.

Salah satu daya tarik utama dari kebun buah mekarsari ini adalah pemancingan, banana boat, perahu dayung, angsa, perahu dayung, sampan dan juga perahu naga. Bahkan, taman buah Mekarsari juga menawarkan fasilitas kaya air dengan luas sekitar 5,2 hektar yang mampu menampung sekitar 15 ribu pengunjung dan merupakan salah satu taman air terbesar di Asia Tenggara.

Taman Wisata Mekarsari juga memiliki danau Cipicung dengan pemandangan yang sangat indah yang dibangun di atas jembatan besi merah di atas danau. Bahkan tempat ini juga menawarkan kegiatan outbound untuk perorangan atau perusahaan seperti flying fox, rumah pohon, jaring laba-laba, paintball dan lain-lain.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum, karena fasilitas umum di Taman Wisata Mekarsari terbilang lengkap dan terawat kondisi serta kebersihannya. Terdapat toilet umum, mushola, tempat istirahat, toko oleh-oleh dan lahan parkir yang luas.

4 dari 5 halaman

TIket Taman Wisata Mekarsari

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mekarsari

Untuk masuk dan menikmati semua fasilitas yang ada di Taman Wisata Mekarsari, pengunjung tidak perlu merogoh kantung terlalu dalam karena biaya tiket masuk dan wahana yang terbilang terjangkau untuk banyak orang. Berikut rincian lengkapnya:

 

Harga tiket masuk : Rp 35.000 - Rp 70.000 (tergantung paket yang dipilih)

Parkir motor : Rp 10.000

Parkir mobil : Rp 20.000

Wahana kereta wisata tur A : Rp 15.000

Wahana kereta wisata tur B : Rp 20.000

Petualangan bermain : Rp 70.000

Bungee Trampoline : Rp 20.000

Petualangan kebun : Rp 70.000

Sepeda Keluarga : Rp 35.000

Petualangan farm : Rp 75.000

Perahu Naga SKO : Rp 15.000

Perahu Naga WK : Rp 15.000

Petualangan air : Rp 62.000

Sepeda tandem : Rp 20.000

Sepeda tuk-tuk : Rp 20.000

Rolling donut : Rp 20.000

Perahu Kanal : Rp 20.000

Family train : Rp 700.000

Banana Boat : Rp 30.000

Speed boat : Rp 35.000

Memancing : Rp 15.000

Tanam Padi : RP 15.000

3d trick eye : Rp 40.000

Sepeda bmx : Rp 15.000

Sepeda mtb : Rp 15.000

Coin Plastic : Rp 10.000

Coin Logam : Rp 6.000

Big Balon : Rp 20.000

Bebek Air : Rp 20.000

Panahan : Rp 15.000

Bekuda : Rp 30.000

Skuter : Rp 15.000

ATV : Rp 30.000

5 dari 5 halaman

Tips Taman Wisata Mekarsari

Tips Liburan di Taman Wisata Mekarsari

Menjadi salah satu destinasi favorit warga Bogor dan sekitarnya, Taman Wisata Mekarsari bisa dikunjungi siapapun dan kapanpun, namun agar perjalanan liburan anda dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan, disarankan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari dalam kondisi prima.

- Hindari menggunakan sepatu hak tinggi atau sepatu yang kurang nyaman digunakan untuk berjalan terlebih dahulu, karena anda akan lebih sering berjalan kaki, meskipun terdapat fasilitas untuk mengelilingi setiap kebun dengan kereta api.

- Jangan lupa untuk memakai tabir surya atau topi agar terlindung dari sinar UV karena anda akan lebih sering beraktifitas di luar ruangan, juga membawa kacamata hitam agar liburan anda lebih menyenangkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS