Sukses

Wisata Gunung Pancar Bogor, Lokasi dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Gunung Pancar merupakan destinasi populer di Bogor, Jawa Barat. Bogor termasuk tujuan masyarakat untuk bertamasya di akhir pekan. Salah satu lokasi favorit adalah wisata Gunung Pancar. 

Wisata Gunung Pancar menawarkan sensasi berlibur di alam dataran tinggi. Di wisata Gunung Pancar ini kamu bisa menikmati sejuknya udara segar di tengah hutan pinus yang hijau. Di wisata Gunung Pancar, kamu bisa berfoto, berkemah, atau sekadar bersantai menikmati panorama pegunungan.

Bagi kamu yang sedang merencanakan berlibur di Bogor, wisata Gunung Pancar bisa jadi pilihan tepat. Berikut uraian tentang wisata Gunung Pancar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(15/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal wisata Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan lokasi wisata yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Wisata Gunung Pancar berada di ketinggian 300-800 mdpl. Wisata Gunung Pancar dikenal dengan hamparan pohon pinusnya yang sejuk dan segar.

Wisata Gunung Pancar juga dikenal sebagai Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Destinasi ini memiliki daya tarik wisata alam pegunungan dengan beragam fasilitas. Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar terdapat camping ground, glamping, trekking, outbound, hingga paket prewedding.

3 dari 5 halaman

Lokasi wisata Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar berada diatas atau sisi timur dari Sentul City yang merupakan titik terbarat dari rangkaian Pegunungan Jonggol yang memanjang kearah timur hingga Kawasan Cipanas.

Wisata Gunung Pancar bisa ditempuh melalui Sentul. Dari Jakarta, Gunung Pancar bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi melalui tol Jagrawi dengan waktu 1-1,5 jam.

4 dari 5 halaman

Aktivitas wisata Gunung Pancar

Camping

Wisata Gunung Pancar sering digunakan untuk berkemah, baik untuk individu atau kelompok. Di Gunung Pancar, kamu akan merasakan pengalaman berkemah dikelilingi pepohonan pinus yang sejuk.

Outbond

Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga menawarkan fasilitas outbound. Gunung pancar sering jadi tujuan kegiatan outbound untuk siswa sekolah, karyawan, atau perkumpulan lainnya. Di sini juga sudah tersedia fasilitator yang siap memandu outbound yang menyenangkan.

Pemandian air panas

Di Gunung Pancar, terdapat juga pemandian air panas yang sangat populer. Di sini, kamu bisa berendam di dalam air panas yang akan membuat seluruh tubuh menjadi rileks.

Bersantai di atas hammock

Di hutan pinus Gunung Pancar, terpasang banyak hammock di antara pepohonannya. Kamu bisa bergelantung santai di tengah hamparan pohon pinus yang sejuk.

Foto

Wisata Gunung Pancar sangat cocok untuk berfoto. Latar belakang hutan pinus dan pegunungan hijau sangat cocok menghiasi feed Instagrammu.

5 dari 5 halaman

Destinasi wisata Bogor lainnya

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit para wisatawan. Kebun Raya ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda, lho.

Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia. Selain melihat koleksi bunga lokal dan berbagai negara, di sini pengunjung juga bisa mengunjungi pusat-pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan Perpustakaan.

Istana Bogor

Mengunjung Kebun Raya Bogor akan terasa kurang jika tak mampir melihat Istana Bogor. Istana kepresidenan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor. Kini Istana Bogor digunakan sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain.

Istana ini dikenal unik dengan kehadiran rusa-rusa yang dipelihara di halaman istana. Pada waktu dan kesempatan tertentu, masyarakat umum bisa masuk mengunjungi istana ini. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

Taman Safari Indonesia

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari merupakan wisata yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari ini bahkan sudah berstandar Internasional, lho. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya. Tak cuma wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari Anda juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam.

Telaga Warna

Telaga Warna menawarkan keindahan telaga yang sejuk dan asri. Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat. Warnanya kadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Pengunjung juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

Jungleland Adventure Theme Par

Jungleland Adventure Theme Park atau yang biasa dikenal Jungleland Sentul merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Sentul yang menarik dikunjungi bersama keluarga atau teman. Disini terdapat 4 zona yang bisa dinikmati dengan 36 wahana seru , dan pastinya memberikan pengalaman tak terlupakan.

Wahana Jungleland memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya, yaitu memiliki wahana terbanyak di Indonesia, wahana baru pertama di Indonesia : Air Race, Hydrolift, Boat Blaster, Disc’O, serta udara yang segar ala pegunungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.