Sukses

8 Penyebab Gatal pada Kulit Secara Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba bisa pengaruh saraf hingga penyakit bawaan.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba dan pada beberapa kondisi tanpa disertai ruam, ini bukan pengaruh perasaan saja. Secara medis, penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba bisa dipengaruhi banyak hal, termasuk penyakit bawaan.

Ahli Dermatologi, Debra Sullivan, Ph.D., MSN, R.N., CNE, COI melansir dari Medical News Today, pada Kamis (11/8/2022) menjelaskan ada delapan penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba. Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba tanpa kerusakan pun bisa terjadi.

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba yang dimaksud adalah kulit kering, gigitan serangga, efek samping obat-obatan tertentu, gangguan saraf, penyakit ginjal, penyakit hati, kanker kulit, dan limfoma Hodgkin.

Lalu bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena berbagai penyebab itu? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba dan cara mengatasinya, Kamis (11/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Gatal pada Kulit Secara Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

1. Kulit Kering

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah kondisi kulit kering. Kulit kering atau xerosis adalah masalah yang sangat umum terjadi. Kulit seseorang bisa mulai terasa gatal saat kehilangan kelembapan.

Inilah penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba yang paling sering terjadi. Kulit kering dapat muncul sebagai bersisik atau bersisik. Ini umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, terutama saat musim dingin.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena kulit kering?

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah hindari menggunakan sabun dengan bahan kimia keras, karena dapat mengeringkan kulit.

Sebagai gantinya, cobalah untuk menggunakan sabun dan produk perawatan kulit yang hipoalergenik dan bebas pewangi.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah gunakan pelembab udara di rumah untuk menambahkan kelembapan ke udara, yang membantu mencegah kulit kering terkait musim dingin.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah oleskan pelembab secara teratur, terutama setelah keluar dari kamar mandi atau mandi. Vaseline atau krim kental seperti vanicream atau cerave adalah pilihan yang populer.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah hindari mandi lebih dari 10 menit. Juga, jaga agar air tetap suam-suam kuku daripada panas.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah hindari mandi beberapa kali atau banyak dalam sehari.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah hindari menggaruk kulit yang kering, karena dapat merusak permukaan kulit. Jika kulit pecah, seseorang lebih mungkin mengalami jaringan parut dan infeksi.

2. Gigitan Serangga

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah gigitan nyamuk, laba-laba, dan serangga lainnya. Tak hanya terasa gatal, tetapi gigitan serangga bisa sampai bikin iritasi.

Gigitan serangga dapat meninggalkan lubang yang sangat kecil atau area seperti tusukan jarum. Namun, mereka bisa sangat kecil sehingga seseorang mungkin mengalami gatal tetapi tidak melihat gigitan yang sebenarnya.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena gigitan serangga?

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah hindari menggaruk area tersebut, karena dapat memperburuk rasa gatal.

Seseorang tidak boleh menggunakan antibiotik topikal yang dijual bebas seperti Neosporin, karena beberapa orang dapat mengembangkan reaksi alergi pada kulit mereka.

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah menerapkan kompres dingin ke daerah yang terkena

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah mengambil pereda nyeri mulut

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah menggunakan krim steroid atau krim anestesi dapat menenangkan ketidaknyamanan

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah minum antihistamin

3. Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah efek samping konsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi kulit gatal karena konsumsi obat dapat terjadi dengan atau tanpa ruam. Meski demikian, tidak setiap orang akan mengalami hal ini saat mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Obat yang termasuk penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah  parasetamol, morfin, dan fentanil. Beberapa obat yang menurunkan tekanan darah juga dapat menjadi penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena konsumsi obat tertentu?

- Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah dokter biasanya atau mungkin akan menghentikan pengobatan saat ini untuk menentukan apakah itu yang menyebabkan gatal.

- Di lain waktu, cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah mereka mungkin merekomendasikan penggunaan diphenhydramine (Benadryl) atau hydroxyzine untuk mengurangi gejala gatal.

4. Gangguan Saraf

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah gangguan saraf. Saraf menyampaikan pesan dari kulit ke otak. Masalah dengan saraf dapat menjadi penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba atau nyeri pada kulit tanpa menyebabkan kerusakan yang sebenarnya, yang disebut sebagai gatal neuropatik.

Cedera yang mempengaruhi saraf atau menyebabkan kerusakan saraf bisa pula menjadi penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba. Area yang gatal akan tergantung pada lokasi cedera.

Misalnya, saraf terjepit terjadi ketika area saraf mendapat tekanan, menyebabkannya mengirim sinyal peringatan ke otak. Saraf yang rusak biasanya menyebabkan saraf terjepit, dan gejalanya dapat berupa nyeri, mati rasa, lemas, dan gatal.

Kemudian, beberapa kondisi yang berhubungan dengan saraf dan dapat menjadi penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah pukulan, diabetes, neuralgia postherpetic, dan komplikasi herpes zoster.

American Academy of Dermatology menjelaskan diabetes dapat menyebabkan banyak masalah kulit. Misalnya, gatal dapat terjadi akibat neuropati diabetik, komplikasi diabetes yang menyebabkan kerusakan saraf.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena masalah saraf?

Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika seseorang mencurigai bahwa mereka memiliki gangguan saraf, mereka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan gejala tertentu.

3 dari 3 halaman

Penyebab Gatal pada Kulit Secara Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

5. Penyakit Ginjal

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah penyakit ginjal. Terutama pada penyakit ginjal yang sudah stadium lanjut. Kondisi ini bisa menjadi penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba tanpa ruam. Penyebab gatal pada penyakit ginjal tidak diketahui, tetapi para ilmuwan percaya banyak faktor yang terlibat.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena penyakit ginjal?

Jika seseorang mengetahui mereka memiliki masalah ginjal dan mulai mengembangkan kulit yang gatal, cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah harus menghubungi dokter. Dokter mereka akan menjalankan tes untuk melihat seberapa baik ginjal bekerja.

Kadang-kadang, seseorang mungkin memerlukan dialisis, prosedur medis di mana seorang dokter menggunakan mesin untuk bertindak menggantikan ginjal untuk menyaring darah. Dokter kulit akan meresepkan obat untuk membantu orang dengan kulit gatal akibat penyakit ginjal.

6. Penyakit Hati

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah penyakit hati seperti sirosis dan hepatitis. Tidak jelas alasannya, tetapi beberapa ahli mengaitkan sensasi ini dengan penumpukan empedu yang berlebihan di dalam tubuh.

Rasa gatal cenderung lebih terasa di telapak tangan dan telapak kaki. Paparan panas biasanya memperburuk gatal, dan orang biasanya menyadari bahwa itu lebih buruk di malam hari.

7. Kanker Kulit

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah kanker kulit. Kanker kulit tidak selalu menimbulkan gejala yang berarti. Inilah yang harus benar-benar diwaspadai.

Beberapa orang akan melihat gatal-gatal pada kulit sebagai gejala awal dari lesi kulit sebelumnya atau baru. Gejala lainnya termasuk perkembangan lesi baru atau perubahan pada kulit.

Bagaimana cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba karena kanker kulit?

Cara mengatasi gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah harus memeriksa kulit mereka secara teratur dan melaporkan tahi lalat yang tidak biasa atau perubahan kulit ke dokter.

8. Limfoma Hodgkin

Penyebab gatal pada kulit secara tiba-tiba adalah limfoma hodgkin. Gatal tanpa ruam dapat terjadi pada mereka yang menderita limfoma Hodgkin atau kanker sel darah.

Gejala lain dari limfoma Hodgkin meliputi:

- Pembengkakan kelenjar getah bening, seperti di leher, selangkangan, atau ketiak

- Kehilangan nafsu makan

- Panas dingin

- Demam

- Keringat malam

- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Pilihan pengobatan untuk limfoma Hodgkin termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan transplantasi sumsum tulang atau sel induk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.