Sukses

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Adalah Bahan Bakar Fosil

Liputan6.com, Jakarta Bahan bakar minyak merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bahan bakar minyak tergolong bahan bakar fosil yang terbentuk karena adanya proses alamiah berupa pembusukan dari organisme yang mati ratusan juta tahun lalu.

Selain minyak bumi, batu bara dan gas alam merupakan bahan bakar yang tergolong bahan bakar fosil. Dengan kata lain, minyak bumi, batu bara, dan gas alam merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Apa yang telah disebutkan hanyalah sebagian kecil dari contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Selain itu masih banyak lagi jenis sumber daya yang bisa menjadi contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam mengenai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, penting untuk mengulas lebih dalam lagi mengenai sumber daya alam, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (14/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah bagian dari sumber energi, mampu menjaga keseimbangan alam, memenuhi kebutuhan makhluk hidup, hingga menjadi sumber ekonomi seperti cadangan devisa negara. Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

Tentu saja ada banyak jenis sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung kelangsungan hidupnya. Berdasarkan ketersediaannya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya kekal atau tidak akan pernah habis, bisa diperbaharui. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan suatu saat akan habis.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah tidak dapat dipulihkan sama sekali dikarenakan pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan umur manusia serta jumlah sumber daya alam ini relatif statis.

“… bahan mineral, batu bara, minyak bumi, gas alam,” dicontohkan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang jumlahnya terbatas dan pasti habis. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resources) adalah harus dimanfaatkan atau diolah dengan ukuran tertentu.

Dalam buku berjudul Geografi: Membuka Cakrawala Dunia oleh Bambang Utoyo, dijelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang jika persediaan di alam habis maka tidak dapat diperbarui lagi.

Harga jual dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tentu saja lebih mahal daripada sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Hal itu disebabkan karena jumlahnya terbatas dan suatu saat bisa menjadi langka.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sebelumnya telah dibahas bahwa terdapat banyak jenis sumber daya alam. Minyak bumi, batu bara, dan gas alam merupakan sejumlah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sedangkan angin, air, dan sinar matahari merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan pengelompokan sumber daya alam berdasarkan sifat ketersediaan dan pemulihan sumber daya alam tersebut. Selain kategori tersebut masih banyak jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan faktor pembedanya.

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan sifatnya. Ini jenis sumber daya alam adalah berdasarkan sifatnya yang dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sedangkan jenis sumber daya alam satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga apabila digunakan terus menerus akan habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan-bahan galian atau barang tambang.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan jenisnya. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hayati ini dibedakan menjadi 2, yaitu :

Sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

- Sumber Daya Alam Non Hayati (abiotik)

Sumber daya alam non hayati ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan lokasinya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

- Sumber Daya Alam Terestrial

Sedangkan sumber daya alam terestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan pembentukannya. Ada 4 jenis sumber daya alam berdasar pembentukannya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

- Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam ini bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari

- Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang adalah yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah

- Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam ini keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya air ketika musim kemarau keberadaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Ekonomis

Contohnya seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.

- Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Contohnya sinar matahari, udara, dan air.

4 dari 4 halaman

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui

Karena sifatnya yang terbatas, penting bagi kita untuk mengetahui contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Alasannya agar sumber daya alam yang terbatas ini dapat digunakan secara bijak sampai perkembangan ilmu pengetahuan dapat menemukan energi alternatif yang dapat menggantikan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini.

1. Batu Bara

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah batu bara. Batu bara adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari sisa-sia batang dan ranting sejenis pohon pakis yang hidup sekitar zaman karbon.

Dalam pengaruh tekanan yang sangat tinggi, sisa tumbuhan tersebut mengalami proses metamorfosis dinamo dan terjadi perubahan wujud dari batang tanaman menjadi gambut (veen), batu bara muda (lignit), batu bara pertengahan (bitumin), batu bara tua (antrasit), dan grafit.

2. Timah Putih

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah timah putih. Timah putih sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah mineral logam yang banyak terkandung dalam batuan granit.

Pada proses pengikisan batuan oleh aliran sungai maka terjadi pemilahan antara massa batu granit dan bijih timah putih. Mineral logam kemudian diendapkan di dasar sungai.

Jenis bahan tambang atau contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti timah putih banyak dimanfaatkan untuk menyambung atau mematri kabel dalam industri elektronik, pelapis besi agar tidak mudah berkarat, dan sebagai pelapis kemasan obat.

3. Gas Alam

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah gas alam. Gas alam biasa digunakan untuk memasak di dapur. Penggunaan lainnya, yakni untuk proses pembakaran dan pemanasan di sektor industri seperti sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTU). Gas alam sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah berasal dari fosil yang membentuk gas metana.

4. Bauksit

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bauksit. Bauksit atau bijih aluminium terkandung dalam batuan yang mengalami proses pencucian. Aluminium banyak digunakan untuk sebagai pelapis badan pesawat terbang.

5. Nikel

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah nikel. Nikel adalah jenis mineral logam yang banyak terkandung di wilayah laut dalam, seperti di dasar lempengan samudra. Akibat proses endogen berupa pengangkatan, wilayah laut itu naik ke permukaan darat.

6. Minyak Mentah

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak mentah. Minyak mentah adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi.

Setelah ditambang, minyak mentah akan diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar, hingga minyak tanah. Selain itu, produk sampingan lain dari contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi adalah plastik dan aspal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.