Sukses

5 Cara Memasang Tempered Glass yang Benar dan Mudah, Pahami Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara memasang tempered glass bisa dilakukan sendiri di rumah. Tempered glass merupakan salah satu aksesoris HP yang berfungsi untuk melindungi layar dari goresan. Berbeda dengan anti gores yang terbuat dari bahan dasar plastik tempered glass yang terbuat dari kaca lebih kuat dan tahan dengan suhu tinggi sehingga lebih awet untuk digunakan.

Cara memasang tempered glass sendiri juga terbilang mudah dan hanya membutuhkan beberapa alat sederhana. Walaupun biasanya saat anda membeli tempered glass, pihak pegawai atau pemilik toko akan membantu memasangkan, akan tetapi jika anda membeli secara online, maka anda perlu untuk mengetahui cara memasang tempered glass sendiri.

Terdapat berbagai macam jenis tempered glass yang beredar di pasaran, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk cara pasangnya juga sama untuk semua jenis tempered glass sehingga saat anda sudah menguasai cara memasang tempered glass maka anda dapat pula memasang berbagai jenis tempered glass lainnya.

Sekarang anda tidak perlu ragu lagi untuk belajar cara memasang tempered glass yang benar. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022). Tentang cara memasang tempered glass yang mudah dan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Memasang Tempered Glass yang Benar dan Mudah

Cara Memasang Tempered Glass

Berikut ini cara memasang tempered glass yang cukup mudah untuk diikuti, anda cukup mengikuti mengikuti langkah-langkah dan petunjuk pemasangannya. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan mendasar, sehingga dapat diikuti oleh siapapun.

1. Buka Kemasan Tempered Glass

Langkah pertama adalah dengan membuka kemasan dari Tempered Glass anda. Pada paket pembelian tempered glass, umumnya disediakan 2 jenis kain pembersih yang basah dan kering. Namun jika tidak terdapat dalam paket, anda bisa menyediakan kedua kain tersebut sendiri dengan kain tidak terpakai di rumah anda.

 

2. Bersihkan Layar

Langkah kedua adalah membersihkan layar HP. Agar lebih aman, pastikan hp dalam kondisi off atau mati. Pastikan anda membersihkan layar HP sebersih mungkin karena sekecil apapun debu akan mudah menempel pada tempered glass. Gunakan kain basah yang ada di dalam paket pembelian tempered glass.

Atau bisa juga dengan menggunakan kain bersih yang diberi tambahan carian pembersih. Kemudian keringkan layar dengan kain kering dalam paket pembelian atau menggunakan kain mikrofiber milik pribadi.

3 dari 5 halaman

Cara Memasang Tempered Glass yang Benar dan Mudah

3. Lepas Lapisan Pelindung

Cara memasang tempered glass ketiga adalah melepaskan lapisan pelindung pada tempered glass. Umumnya, tempered glass baru memiliki pelindung tipis yang baru kita buka setelah akan dipasangkan ke HP. Anda harus melepas pelindung tersebut agar tempered glass menempel di layar hp. Saat memasang, pastikan untuk memegang di tepinya sehingga tidak meninggalkan sidik jari di permukaan.

 

4. Posisikan dengan Benar

Langkah keempat adalah memastikan anda telah memasang tempered glass dalam posisi yang benar. Pastikan untuk menyesuaikan tempered glass dengan permukaan layar hp. Posisikan sesuai dengan lubang yang ada, seperti kamera, speaker dan lainnya.

 

5. Tekan Perlahan

Langkah kelima yaitu menekan-nekan tempered glass secara perlahan. Setelah posisi sejajar, lepaskan tempered glass secara perlahan, bisa dimulai dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jika ada kesalahan atau posisi tidak pas. Jika sudah pas, tekan tempered glass dengan lembut agar menempel rata. Jika ada gelembung anda bisa gunakan kain dan menggeser gelembung tersebut ke tepi layar.

4 dari 5 halaman

Cara Memasang Tempered Glass dan Tips Memilihnya

Tips Memilih Tempered Glass yang Baik

Setelah anda mengetahui cara memasang tempered glass, berikut ini adalah tips dalam memilih tempered glass yang baik dan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempered glass yang baik.

1. Beli yang Sesuai Ukuran atau Tipe HP

Pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran atau tipe HP. Sama seperti produk screen guard lainnya di pasaran, tempered glass biasanya juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan dapat disesuaikan dengan tipe hp. Jadi, saat pertama kali mengunjungi toko, sampaikan dulu tipe hp Anda dan mintalah rekomendasi tempered glass yang ukurannya sesuai. Selain itu, anda juga minta bantuan cara pasang tempered glass yang benar agar tidak keliru.

 

2. Pilih Brand Terbaik

Yang kedua adalah perhatikan brand tempered glass. Secara umum, brand yang lebih terkenal dan lebih terpercaya akan menjual tempered glass yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Cobalah mengunjungi toko resmi merek terpercaya dan cari tahu spesifikasi tempered glass blue light dan jenis lainnya.

 

3. Bandingkan Harga dan Kualitas

Berbagai macam jenis tempered glass juga sangat beragam harganya mulai dari yang murah hingga yang mahal. Jadi, anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal seperti membandingkan merek/brand, spesifikasi, kualitas dan harga. Selain itu, anda juga bisa melihat kualitas tempered glass dari bagaimana cara memotong tempered glass, hasilnya bisa bagus atau tidak.

 

4. Pertimbangkan Sensitivitas Sentuhan Layar

Pilihlah tempered glass anti debu sehingga tidak membuat layar menjadi kotor atau menjadi buram dan tidak bening. Layar yang kotor atau buram atau kabur akan mengurangi daya sensitivitas saat disentuh dan membuatnya menjadi lambat merespons atau lelet. Ada banyak sekali jenis tempered glass yang dijual di pasaran seperti tempered glass anti radiasi atau tipe lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Memasang Tempered Glass dan Manfaatnya

Manfaat Memasang Tempered Glass

1. Jika Anda membeli tempered glass berkualitas dan mengerti cara pasang tempered glass yang benar, maka tidak akan mengurangi sensitivitas layar. Tempered glass berkualitas bersifat anti debu sehingga tidak membuat layar buram atau kotor.

2. Cara memasang tempered glass cukup mudah karena terbuat dari kaca sehingga bentuknya kaku dan sangat mudah saat dipasang. Dengan kata lain, memasang tempered glass tidak akan menimbulkan gelembung seperti memasang screen guard tipis pada umumnya.

3. Tempered glass dapat melindungi layar seperti tempered glass anti radiasi, anti debu/kotoran dan tahan terdapat goresan atau benturan. Bahkan, noda sidik jari juga tidak menempel pada tempered glass yang berkualitas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS