Sukses

10 Manfaat Biji Nangka Bagi Tubuh, Atasi Anemia hingga Kurangi Keriput

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji nangka bagi tubuh tidak hanya mencakup kesehatan namun juga kecantikan. Nangka adalah salah satu tanaman yang banyak ditanam di daerah tropis, terutama di Indonesia. Nangka merupakan tanaman yang populer dikonsumsi masyarakat dalam beragam olahan.

Tidak hanya buahnya, olahan biji Nangka juga merupakan pilihan makanan yang digemari banyak orang. Selain enak, terdapat banyak sekali manfaat biji nangka yang bisa diambil untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi biji nangka yang tinggi memastikan bahwa tubuh dapat memerangi berbagai penyakit termasuk anemia dan bahkan masalah kulit.

Manfaat biji nangka juga berasal dari fakta bahwa biji nangka mengandung banyak nutrisi dan kaya protein serta zat gizi mikro lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat konsumsi biji nangka secara berkala sangat dianjurkan oleh para ahli.

Menjadi salah satu cemilan sehat yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022), tentang manfaat biji nangka bagi tubuh baik untuk menjaga kesehatan hingga kecantikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Biji Nangka Bagi Tubuh

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Manfaat biji nangka yang pertama adalah dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam biji Nangka berperan untuk mencegah rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Protein yang kaya dalam bijinya juga meningkatkan kesehatan rambut.

Zat besi dalam biji meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala , dan ini adalah cara lain untuk berkontribusi pada kesehatan rambut. Lebih menarik lagi, bijinya juga membantu meredakan stres mental karena kaya akan protein dan zat gizi mikro lainnya.

 

2. Melawan Keriput

Antioksidan yang terkandung dalam biji nangka ini juga dapat membantu dalam menurunkan jumlah kerutan yang muncul di kulit wajah. Biji nangka menghaluskan kulit dari kerutan dengan cara memerangi radikal bebas yang sering berkontribusi terhadap penuaan dini.

Antioksidan dalam nangka dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, sehingga mengurangi kerutan. Anda perlu menggiling biji nangka dalam susu dingin sampai anda mendapatkan pasta. Oleskan pasta ini ke wajah anda secara teratur sebanyak sekali atau dua kali sehari.

 

3. Menjadikan Kulit Lebih Bersinar

Manfaat biji nangka yang selanjutnya adalah untuk menjadikan kulit anda tampak lebih bersinar. Ada banyak sekali manfaat biji nangka untuk kulit. Anda dapat mengoleskan pasta biji ini dengan madu dan susu ke wajah anda. Ini akan mengembalikan cahaya wajah anda secara alami.

Anda dapat merendam benih dalam susu dan madu, kemudian giling semua bahan tadi sampai anda mendapatkan pasta. Oleskan secara merata ke wajah anda. Biarkan dan tunggu hingga pasta benar-benar kering. Cuci bersih dengan air hangat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Nangka Bagi Tubuh

4. Anemia

Manfaat biji nangka kaya akan zat besi, yang merupakan komponen penting dari hemoglobin. Kadar zat besi yang cukup dapat mengobati anemia dan mencegah beberapa kelainan darah. Zat besi juga memerangi rasa lelah dan letih, yang merupakan gejala anemia yang mengganggu lainnya.

Zat besi juga membantu Anda menjadi lebih kuat dan tubuh mulai membuat lebih banyak sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Zat besi juga meningkatkan produksi sel darah merah, yang pada gilirannya akan meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Usus

Biji nangka dapat sangat membantu dalam meredakan sembelit dan masalah perut lainnya dengan kandungan serat makanannya yang kaya. Pengobatan tradisional juga telah menunjukkan bahwa bubuk biji nangka dapat mengobati sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Bijinya juga merupakan sumber makanan yang kaya serat, yang membuatnya semakin penting untuk kesehatan pencernaan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa biji nangka juga dapat digunakan untuk mengobati diare.

 

6. Meningkatkan Kenikmatan Seksual

Biji nangka mengandung zat besi yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kenikmatan seksual. Mereka digunakan untuk mengobati berbagai gangguan tersebut. Banyak yang bahkan menganggapnya sebagai afrodisiak juga.

Sumber-sumber tertentu menyatakan bahwa zat besi dalam bijinya dapat merangsang kenikmatan seksual. Bahkan, biji nangka telah digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati gangguan seksual. Bijinya dapat dipanggang seperti kastanye dan dianggap sebagai afrodisiak oleh beberapa ahli.

4 dari 4 halaman

Manfaat Biji Nangka Bagi Tubuh

7. Meningkatkan Penglihatan

Manfaat biji Nangka yang berikutnya adalah dapat meningkatkan penglihatan. Dengan kandungan Vitamin A yang kaya dalam biji nangka, kandungan biji Nangka ini juga bekerja untuk meningkatkan penglihatan dengan kuat.

Selain kerana kandungan vitamin A yang dikenal sebagai nutrisi terbaik untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Kekurangan vitamin A juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan rabun senja. Bijinya juga dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

 

8. Membantu Membangun Massa Otot

Kandungan Protein dalam biji Nangka dapat membantu dalam membangun massa otot tubuh. Anda dapat menambah asupan protein untuk membantu pertumbuhan tubuh agar lebih maksimal dengan menambahkan biji nangka ke dalam makanan anda.

Protein dalam biji ini akan membantu anda membangun lebih banyak otot meskipun itu bukan pengganti sumber protein lain sehingga tetap penting untuk mengonsumsi protein harian dari bahan makanan lainnya. Anda dapat menggunakannya sebagai suplemen untuk konsumsi protein rutin.

 

9. Penurun Tekanan Darah

Manfaat biji Nangka yang selanjutnya adalah mengatur tekanan darah. Dengan jumlah potasium yang tinggi, biji nangka mengurangi dan mengontrol tekanan darah yang akibatnya menurunkan kemungkinan serangan jantung dan gangguan kardio secara umum.

Selain itu kandungan Mangan yang ada di dalam biji nangka ini juga dapat membantu memerangi risiko pembekuan darah, sehingga anda dapat terhindar dari penyakit kronis akibat pembekuan darah seperti stroke.

 

10. Penguat Sistem Saraf

Kelelahan, stres dan kelemahan otot juga dapat diobati dengan mengonsumsi biji nangka dalam makanan sehari-hari karena kandungan vitaminnya yang kaya seperti tiamin dan niasin. Biji Nangka juga merupakan sumber energi yang sempurna.

Manfaat biji Nangka ini juga didapatkan dari kandungannya yang kaya akan antioksidan seperti senyawa fenolik yang membantu mencegah beberapa penyakit akibat gaya hidup yang buruk seperti masalah jantung, diabetes, obesitas dan lain sebagainya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS