Sukses

Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi? Simak Cara Membuatnya

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah bersifat informatif.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah berguna dalam dunia kepenulisan, terutama yang berhubungan dengan kejadian dan proses terjadinya sesuatu. Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah bersifat informatif. Apa yang dimaksud teks eksplanasi pasti memuat fakta dan logis.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menerangkan proses atau fenomena (berupa alam, sosial, atau budaya) berdasarkan fakta. Dalam buku berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan oleh Taufiqur Rahman, wujud struktur seperti apa yang dimaksud teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.

Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi yang paling khas adalah menggunakan banyak konjungsi kausalitas maupun kronologis. Konjungsi kausalitas, misalnya saja sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga, dan lain-lain. Konjungsi kronologis adalah berhubungan dengan waktu misalnya kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya, lain-lain.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa yang dimaksud teks eksplanasi, penjelasan para ahli, ciri-ciri, struktur, jenis, dan contohnya, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi?

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan suatu proses atau kejadian berdasarkan fakta. Dalam modul berjudul Bahasa Indonesa Kelas XI yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), apa yang dimaksud teks ekpslanasi adalah berisi tentang suatu proses “Mengapa” dan “Bagaimana.”

Apa yang dimaksud teks eksplanasi pasti memuat fakta dan logis. Kemdikbud menegaskan pula apa yang dimaksud teks eksplanasi bersifat informatif dan tidak untuk memengaruhi pembaca. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menerangkan proses atau fenomena (berupa alam, sosial, atau budaya) berdasarkan fakta.

Cara membuat apa yang dimaksud teks eksplanasi harus mengikuti struktur khusus. Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Kelas XI oleh Mashun, cara membuat apa yang dimaksud teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan intisari penutup.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan oleh Taufiqur Rahman, wujud struktur seperti apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah terdiri atas pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi. Lalu bagaimana para ahli menjelaskan apa yang dimaksud teks ekplanasi itu?

1. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Anderson

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa).

2. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Priyatni

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Sebuah teks eksplanasi berasal dari pertanyaan penulis terkait “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena terjadi.

3. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Isnatun dan Farida

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

4. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Restuti ( 2013:85 )

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

5. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Mahsun (2013: 189)

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

6. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651.

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

7. Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Kosasih, E. & Restuti

Apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah ditulis berdasarkan fakta dan pasti logis, kemudian ketahui ciri-ciri teks eksplanasi. Ini penjelasan ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi dalam modul berjudul Bahasa Indonesa Kelas XI yang diterbitkan Kemdikbud:

1. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menggunakan kata yang bermakna denotasi (makna yang besifat umum).

2. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menggunakan banyak konjungsi kausalitas maupun kronologis.

- Konjungsi kausalitas, misalnya sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga, dan lain-lain.

- Konjungsi kronologis (hubungan waktu), misalnya kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya, lain-lain.

3. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menggunakan kata ganti untuk fenomena kata benda, baik konkret maupun abstrak, dan bukan kata ganti orang.

4. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah fokus pada hal umum (generic) bukan partisipan manusia (non-human participants), misalnya, gunung merapi, salju, pelangi, dan yang lainnya.

5. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah atau banyak kata teknis sesuai dengan topik yang dibahas.

6. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah lebih banyak menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional (kata kerja aktif).

- Kata kerja material

Kata kerja material adalah kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik atau peristiwa. Kata kerja material dalam teks eksplanasi adalah digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu.

- Kata kerja relasional

Kata kerja relasional adalah kata kerja yang penghubung yang berfungsi menghubungkan subjek dengan pelengkap, misalnya adalah, ada, menjadi, merupakan, dan memiliki.

7. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah menggunakan kalimat pasif.

Kalimat pasif yang banyak digunakan dalam teks eksplanasi, kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai penderita atau dikenai tindakan atau pekerjaan. Kalimat pasif ditandai oleh predikat yang berawalan (di-) atau (-ter-).

Khusus untuk kalimat pasif dengan subjek (dalam bentuk aktif) berupa aku, saya, kami, kita, engkau, kamu, Anda, beliau, atau, mereka, harus langsung diikuti kata kerja yang berimbuhan (me-).

8. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Lalu begini ciri-ciri teks eksplanasi lainnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

9. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah terdiri dari tiga unsur utama seperti pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 

10. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah memuat hal-hal yang sifatnya fakta.

11. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah isinya berdasarkan penjelasan secara ilmiah yang bersifat empiris sehingga dapat dipercaya.

12. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah informasi yang dimuat tidak boleh bersifat subjektif, tetapi harus objektif atau netral.

13. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah umumnya membahas proses terjadinya peristiwa yang penting dan memiliki nilai.

14. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah jenis teks yang berbentuk deskriptif dan informatif.

15. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah bagian pernyataan umum hanya berisi deskripsi singkat, menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

16. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah bagian penjelas memuat hal-hal yang bisa menjawab pertanyaan pada bagian pernyataan umum, mengupas secara rinci.

17. Ciri-ciri apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah bagian interpretasi teks eksplanasi umumnya menjelaskan tentang kesimpulan dari bagian penjelas.

4 dari 4 halaman

Struktur, Jenis, dan Contoh Teks Eksplanasi

Ini penjelasan struktur, jenis, dan contoh apa yang dimaksud teks eksplanasi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Struktur Teks Eksplanasi

- Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

- Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan inti dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan fakta tentang proses terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu itu terjadi.

- Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi ringkasan penjelasan dari penulis. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

2. Jenis Teks Eksplanasi

- Eksplanasi Sequential

Merupakan jenis eksplanasi yang menjelaskan secara rinci tahapan suatu fenomena, seperti urutan siklus kehidupan rantai makanan.

- Eksplanasi Faktorial

Merupakan jenis eksplanasi yang menjelaskan efek serta hasil dari suatu proses. Seperti efek terjadinya kolonialisasi contohnya.

- Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi ini berisi spekulasi kemungkinan yang mungkin terjadi di balik suatu fenomena alam. Contohnya saat ada letusan gunung merapi mungkin bisa menjadi pemicu terjadinya bencana alam lain yang lebih dahsyat.

- Eksplanasi Kausal

Merupakan jenis eksplanasi yang menjelaskan tentang asal-muasal atau penyebab terjadinya sebuah perubahan pada suatu hal secara bertahap. Contohnya bagaimana proses terjadinya tanah longsor.

3. Contoh Teks Eksplanasi

- Banjir di Korea Selatan

Pejabat cuaca Korea Selatan mengatakan hujan kemungkinan akan berlanjut selama beberapa hari.

Gambar-gambar yang beredar menunjukkan air banjir Seoul mengalir menuruni tangga metro, mobil-mobil yang diparkir terendam hingga ke btas jendela dan orang-orang menyeberang jalan dengan air setinggi lutut.

Laporan lokal mengatakan tiga korban - dua saudara perempuan berusia empat puluhan dan seorang gadis 13 tahun - tinggal di sebuah apartemen semi-basement yang dikenal sebagai banjiha.

Korban banjir Korea Selatan lainnya termasuk satu orang yang tersengat listrik, satu orang ditemukan di bawah reruntuhan halte bus dan satu lagi tewas tertimbun tanah longsor. Sedikitnya 14 orang terluka dan enam lainnya dilaporkan hilang.

- Cara Mengatasi Pemanasan Global

Aktivitas manusia berperan sangat besar menjadi penyebab pemanasan global atau global warming. Mulai dari aktivitas sehari-hari hingga kegiatan industri, yang berdampak pada efek rumah kaca.

Gas rumah kaca berupa karbon dioksida yang menumpuk di atmosfer, akan merangkap panas yang seharusnya bisa keluar.

Dalam elektronik modul berjudul Fisika Paket C Tingkatan V oleh Marga Surya Mudhari yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penyebab pemanasan global adalah akibat adanya efek rumah kaca (green house effect).

Lalu bagaimana cara mengatasi pemanasan global itu?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan cara mengatasi pemanasan global sesuai kesepakatan dunia internasional terdiri dari IPPC, protokol kyoto, kerja sama APPCDC, dan protokol montreal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.