Sukses

15 Tempat Wisata di Klaten yang Instagramable, Tidak Hanya Umbul Ponggok

Tempat wisata di klaten terkenal dengan destinasi umbul atau pemandian yang menyegarkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Klaten bisa menjadi tujuan utama bila kamu ingin berenang di pemandian yang segar. Pasalnya, di Klaten memang terdapat banyak wisata umbul dengan air yang jernih dan segar khas pegunungan.

Sumber-sumber mata air ini memiliki daya tarik yang sangat tinggi bagi para wisatawan. Tidak heran setiap akhir pekan dan hari libur, destinasi umbul di Klaten selalu ramai pengunjung. Berbatasan dengan Provinsi D.I Yogyakarta, Klaten juga menawarkan beberapa wisata candi yang menarik.

Tempat wisata di Klaten terkenal dengan destinasi umbul atau pemandian yang menyegarkan. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Umbul Ponggok, yang menjadi destinasi utama kebanyakan orang untuk menikmati pemandian yang jernih dan segar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022) tentang tempat wisata di Klaten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Klaten

Umbul Ponggok

Salah satu umbul yang paling terkenal di Klaten adalah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam air tawar yang sangat jernih, dan bersumber langsung dari mata air asli serta dipenuhi ikan-ikan cantik Umbul Ponggok makin menarik minat wisatawan dengan banyaknya properti yang menghasilkan spot-spot foto unik di dalam kolam, seperti meja, kursi, laptop, bahkan sepeda motor.

Tempat wisata di Klaten ini merupakan salah satu destinasi yang tak pernah sepi dan saat ini telah menjadi ikon dari kabupaten Klaten. Hal ini tidak terlepas dari airnya yang senantiasa bening dan ketinggian kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga membawa anak-anak ke umbul ponggok ini tidak akan jadi masalah asal selalu kamu awasi.

Candi Sewu

Tempat wisata di Klaten yang sarat akan nilai sejarah ini terdiri dari banyak candi. Jumlah tepatnya adalah 249 candi dengan satu candi utama, delapan candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara. Lokasi Candi Sewu tidak jauh dari Candi Prambanan, kira-kira berjarak 800 m dari arca Rara jongrang. Susunan candi ini cukup simetris dengan candi utama berada di tengah, dan dikelilingi oleh candi pengapit dan candi prawara pada keempat sisinya.

Watu Kapu

Tempat wisata di Klaten berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Watu Kapu. Arung jeram merupakan aktivitas di Watu Kapu. Tempat wisata di Klaten ini berada tepatnya di Jalan Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, Kecamatan Polanharjo. Pengunjung bisa mengakses tempat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Klaten

Candi Prambanan

Tempat liburan di Klaten yang sudah terkenal bahkan hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Wisata sejarah ini terletak di perbatasan antara Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk kompleks candi sendiri sebenarnya berada di wilayah Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya sudah masuk wilayah Klaten.

Tiket masuk ke candi prambanan adalah sebesar Rp 30 ribu per orang, dengan perubahan biaya pada hari libur nasional. Di Candi Prambanan juga rutin diadakan Sendratari Ramayana pada hari-hari tertentu yang semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Umbul Manten

Umbul Manten termasuk salah satu sumber mata air di Klaten yang menawan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Tempat wisata di Klaten ini terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Bagi kamu yang ingin berenang dengan cukup tenang, Umbul Manten bisa jadi pilihan, karena tidak seramai di Umbul Ponggok. Tempatnya juga asri dengan dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan air yang tak kalah jernih dengan Umbul Ponggok.

Bukit Cinta Gunung Gajah

Jika ingin berwisata alam yang instagramable, kamu bisa berkunjung ke Bukit Cinta di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat. Begitu sampai puncak bukit, kamu bisa memilih spot foto bertemakan cinta yang telah tersedia. Berbagai spot tersebut seperti jembatan, gardu pandang cinta, dermaga cinta, gembok cinta, dan sarang cinta. Selain itu, pemandangan dari ketinggian tersaji dengan begitu indah di puncak bukit ini. Kamu bisa melihat pemandangan indahnya persawahan dan kota klaten.

Umbul Nilo

Umbul Nilo adalah tempat wisata di Klaten yang unik dan menarik. Umbul Nilo memiliki kualitas air sangat bersih, jernih, dan segar. Tempat yang berlokasi di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah ini masih sangat alami dan juga asri. Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas, Umbul Nilo bisa jadi alaternatif menyegarkan.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Klaten

Gondola Girpasang

Tempat wisata di Klaten yang cukup memacu adrenalin para pengunjungnya adalah Gondola Girpasang. Wahana Gondola yang baru dibangun awal tahun 2021 ini memiliki kapasitas 4 orang. Desain Gondola ini juga dibangun dengan unik bak sangkar burung namun tembus pandang. Pemandangan khas pegunungan yang segar dan memesona menjadi salah satu hal yang paling menarik wisawatan. Lintasan gondola ini berada 138 meter di atas jurang, dan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung.

Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak tak jauh dari Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 1 Km. Candi yang berada di Desa Bugisan ini juga tak kalah megah jika dibandingkan dengan candi-candi yang lain. Tempat wisata di Klaten ini diperkirakan dibangun saat kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Candi ini adalah candi Buddha, terbukti dari adanya arca Buddha dan stupa-stupa di sekitar sana. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor.

Umbul Kapilaler

Bila kamu tidak memilki cukup biaya untuk berlibur, tidak perlu khawatir, karena ada tempat wisata di Klaten yang gratis, yaitu Umbul Kapilaler. Wisata air ini terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, hanya berjarak sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok. Lokasinya cukup nyaman karena terdapat beringin yang besar dan bebatuan yang memagari sekitar umbul. Hal ini membuat pengunjung bisa bermain air tanpa takut kepanasan.

Deles Indah

Tempat wisata di Klaten berikutnya adalah Deles Indah, memiliki kurang lebih enam objek wisata dalam satu tempat. Dengan tiket masuk sekitar Rp5.000 pengunjung sudah bisa mengunjungi Pesanggrahan Pakubuwono X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Bukit Pring Cendani, Goa Sapuangin.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Klaten

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang beralamat di Dk. Umbulsari, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Berada tak jauh dari Umbul Ponggok menjadikan umbul satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Terdapat dua umbul di lokasi ini yaitu umbul wedok dan umbul lanang. Umbul ini dikelilingi pepohonan yang hijau dan asri dan memberi suasana kesegaran tersendiri baik air dan udaranya.

Rowo Jombor

Di Klaten terdapat sebuah rawa yang cukup luas dengan air yang bersih, tepatnya di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, namanya Rowo Jombor. Tempat wisata di Klaten ini layak disebut sebagai tempat hiburan malam di Klaten karena saat ini, selain digunakan sebagai saluran irigasi dan pemeliharaan ikan, tempat ini juga digunakan sebagai restoran.

Ada banyak restoran atau biasa disebut warung apung yang berjajar di sepanjang pinggiran rawa. Rata-rata menu yang disajikan berupa hasil ikan-ikan yang dipelihara oleh masyarakat setempat. Di sini juga ada area karaoke, area bermain anak, alat pancing, mushola, dan sebagainya. Untuk menuju warung apung di Rowo Jombor ini, pengunjung harus naik getek dulu ke tengah rawa.

Umbul Cokro

Salah satu tempat wisata di Klaten yang harus kamu kunjungi adalah Umbul Cokro. Tempat ini dikenal karena memiliki Waterboom Cokro. Wisata air ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti water sliding, kolam, hingga taman air. Umbul Cokro berlokasi di tepi aliran Kali Busur di Kecamatan Tulung, Klaten. Kamu bisa menikmati keindahan tempat ini sambil mencoba wahana air yang tersedia.

Kali Talang

Kali Talang merupakan wisata alam berupa pemandangan Gunung Merapi. Tempat wisata di Klaten ini berlokasi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Ekowisata Kalitalang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Menjadikannya salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan Gunung Merapi. Sekeliling Kalitalang berupa tebing-tebing curam, yang bawahnya merupakan sungai untuk aliran lahar Gunung Merapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.