Sukses

15 Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Atasi Stres

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sereh untuk kesehatan didapat dari kandungan didalamnya yang kaya akan nutrisi, mulai dari Vitamin A, Vitamin C, folat, Zat besi, Magnesium, Tembaga, Potassium, Kalsium dan mangan. Selain itu daun sereh juga terkenal memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan, diuretik, antipiretik,  antioksidan serta analgesic yang tinggi.

Sereh merupakan tanaman yang memiliki aroma lemon yang segar dan rasa jeruk. Manfaat daun sereh juga termasuk sebagai bahan umum dalam masakan Indonesia dan bahan untuk mengusir serangga. Minyak atsiri sereh juga dapat digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Manfaat daun sereh juga digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara paling populer untuk menikmati sereh adalah dengan menyeduhnya menjadi teh.

Untuk mengetahui dengan lebih lengkap tentang manfaat daun sereh untuk kesehatan dan cara mengolahnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022), tentang manfaat daun sereh untuk kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

1. Meringankan Gejala Menstruasi

Manfaat daun sereh yang pertama adalah untuk meringankan gejala sakit selama menstruasi. Teh sereh digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Tidak ada penelitian khusus tentang sereh dan PMS, tetapi, secara teori, sifat menenangkan perut dan anti-peradangannya dapat membantu.

Selain itu, menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Jurnal Teknologi dan Penelitian Farmasi diungkapkan bahwa minyak sereh bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

 

2. Mengatur Kolesterol

Kolesterol Tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Teknologi dan Penelitian Farmasi Tingkat Lanjut menunjukkan bahwa ekstrak minyak sereh membantu menurunkan kolesterol pada hewan. Penurunan kolesterol tergantung pada dosis.

Pada tahun 2011, penelitian lebih lanjut pada tikus mengkonfirmasi keamanan jangka panjang hingga 100mg minyak esensial sereh setiap hari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah teh sereh memiliki efek yang sama dengan minyak sereh.

 

3. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Dalam sebuah studi observasional 2012, 72 sukarelawan pria diberi teh sereh atau teh hijau untuk diminum. Mereka yang minum teh sereh mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolik. Mereka juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah.

Dari temuan ini para peneliti dan pelaku medis menyarankan untuk konsumsi sereh yang cukup dapat membantu anda menghindari penurunan detak jantung yang berbahaya atau peningkatan tekanan diastolik.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat daun sereh yang berikutnya adalah mengurangi resiko kanker. Citral dalam sereh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa lini sel kanker. Beberapa komponen sereh membantu melawan kanker.

Hal ini terjadi karena sereh mampu menyebabkan kematian sel secara langsung dan meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker sendiri. Teh sereh kadang-kadang digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi.

 

5. Menurunkan Berat Badan

Teh sereh digunakan sebagai teh detoks untuk memperlancar metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Karena sereh adalah diuretik alami, jika anda meminumnya, kemungkinan besar berat badan anda akan turun beberapa kilogram.

Secara umum, mengganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dalam diet dengan teh herbal seperti sereh dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Namun, anda tidak boleh minum teh sereh secara eksklusif. Karena dapat meningkatkan risiko efek samping yang muncul.

 

6. Meningkatkan Pencernaan yang Sehat

Secangkir teh sereh adalah obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi tahun 2012 tentang hewan pengerat yang diterbitkan oleh Institut Kesehatan Nasional menunjukkan bahwa sereh juga efektif untuk melawan tukak lambung.

Studi tersebut menemukan bahwa minyak esensial dari daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

7. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Manfaat daun sereh selanjutnya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. sereh adalah perawatan pertumbuhan rambut yang efektif yang dapat membantu membuka folikel rambut yang tersumbat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sereh adalah sumber yang kaya vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut.

Konsumsi teh sereh secara teratur dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Temuan studi lain juga menunjukkan bahwa sereh secara signifikan mengurangi ketombe dalam hitungan minggu.

 

8. Mendukung Pemulihan Pasca Persalinan

sereh membantu ibu pulih selama masa pemulihan pasca persalinan. Penggunaan utama bahan ini adalah untuk mencegah angin dan kelembaban. Daun sereh juga cocok untuk meredakan kondisi seperti diare, sakit kepala, rematik, dan sakit perut yang biasanya dirasakan setelah persalinan.

Hal ini kemudian membuat sereh juga baik untuk mengatur menstruasi dan mengobati pembengkakan pasca persalinan. Konsumsi jamu herbal yang menggabungkan sereh, sarang burung walet dan jamur juga dapat menyehatkan  dan menjaga tubuh, kulit, dan paru-paru serta kulit tetap dalam kondisi baik.

 

9. Membantu Meredakan Kecemasan dan Stres

sereh dapat membantu seseorang tidur lebih baik dengan mengatur siklus tidur-bangun mereka. Ramuan ini juga dapat membantu menenangkan saraf seseorang. Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa subjek yang mengalami kecemasan dalam situasi tertentu melaporkan penurunan emosi saat terkena aroma minyak esensial sereh.

Selain itu, khasiat sereh yang menenangkan dapat membuat tidur nyenyak. Hal ini karena ramuan daun sereh dapat menginduksi pelepasan serotonin, yang menenangkan pikiran dan tubuh, serta memodulasi siklus tidur-bangun.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

10. Meningkatkan Mood

Meningkatkan mood menjadi manfaat daun sereh yang berikutnya. Kaya akan nutrisi, teh serai membersihkan tubuh dari racun yang dapat ditimbulkan oleh stres dan membuka jalan bagi kesehatan otak yang lebih baik. Seseorang mungkin juga akan mengalami suasana hati yang membaik.

Sereh juga dapat menyembuhkan sakit kepala, meningkatkan energi dengan mencegah kelesuan dan kelelahan, meningkatkan kapasitas keseluruhan fungsi otak setiap hari serta kesehatan jangka panjangnya dan bahkan mengurangi gejala Depresi dan kecemasan. Aromanya juga bisa memberikan efek instan dan membangkitkan mood.

  

11. Membantu Kesehatan Saluran Kemih

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran kemih. Dengan kandungan asam sitratnya, teh serai adalah diuretik alami yang dapat mengurangi retensi air dan dengan menghilangkan racun, dapat meningkatkan kesehatan saluran kemih.

Kandungan daun sereh juga memperbaiki dan menjaga tingkat pH di saluran kemih, mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Teh daun sereh juga dapat menangkal infeksi saluran kemih, dimana sereh mengandung sitrat, yang dapat mencegah kalsium menumpuk dan membentuk batu di ginjal anda.

 

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan sifat astringent, konsumsi teh sereh dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengangkat sel kulit mati dan merevitalisasi kulit. Ini juga dapat membantu mengatasi jerawat dan eksim. Asupan vitamin C dan antioksidan secara teratur, selain meningkatkan hidrasi, dapat membuat wajah bercahaya, tampak lebih sehat.

Seiring waktu, sintesis kolagen dapat meningkatkan dan menunjukkan tanda-tanda lain dari kesehatan kulit yang lebih baik seperti penuaan yang lebih lambat dan bahkan pembalikan halus dalam bentuk tekstur kulit yang lebih halus, kulit yang lebih kencang, dan lain sebagainnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

13. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu cangkir teh sereh dapat memberi tubuh sekitar setengah dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan. Sereh ini juga dapat sangat memperkuat dan mendukung sistem kekebalan tubuh, memberikannya dukungan yang dibutuhkan untuk memerangi penyakit menular secara efektif.

Bahkan ketika tubuh sedang berhadapan dengan efek infeksi, antioksidan dalam ekstrak sereh juga dapat secara efisien meredakan kemacetan di dada, membantu pemulihan yang cepat dari penyakit menular, terutama di musim hujan dan pancaroba.

  

14. Membantu Dalam Pengobatan Infeksi

Manfaat daun sereh yang jarang diketahui orang adalah dapat mengobati infeksi. Serai memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba. Karena itu, minyak atsiri serai merupakan pengobatan potensial untuk kondisi seperti kurap, kudis, kutu air, dan infeksi jamur.

Kemampuan daun sereh untuk menyembuhkan infeksi adalah karena kandungan citral yang tinggi yang bisa diambil dalam minyak atsiri daun serai. Senyawa kimia ini sangat efektif dalam mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

  

15. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun sereh yang terakhir adalah menjaga kesehatan mulut, dimana sifat antimikroba serai membantu melawan bakteri streptococcus sanguinis yaitu bakteri yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikrobanya. Banyak juga penelitian yang telah membuktikan minyak sereh yang menunjukan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans dan bakteri lainnya dalam mulut, serta beberapa jamur yang ditemukan di dalam mulut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS