Sukses

20 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Perhatikan Perawatan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Cara memanjangkan rambut dengan cepat bisa menggunakan bahan alami. Kamu tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu ribet, karena cara ini hanya menerapkan beberapa langkah sederhana. Selain itu, penggunaan bahan alami tentunya lebih aman dan sehat untuk rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat ini juga cukup mudah dipraktikkan. Sebenarnya, tingkat kecepatan pertumbuhan rambut memiliki hubungan dengan keturunan (genetik). Biasanya rambut tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya. Memanjangkan rambut sekarang ini sudah menjadi tren tidak hanya pada wanita, namun juga pria.

Namun kamu tentunya juga harus memperhatikan kesehatan dan keindahan rambut sembari memanjangkannya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi kesehatan rambut, baik dari dalam maupun dari luar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (20/8/2022) tentang cara memanjangkan rambut dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Hindari memanaskan rambut

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama yaitu menghindari penggunaan alat pemanas pada rambut. Jika ingin rambut cepat panjang, berhenti menata rambut secara berlebihan. Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, kamu perlu membatasi seberapa sering menggunakan alat ini.

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Membilas rambut dengan cuka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau, sehat, dan indah. Campuran yang mengandung dua sendok makan cuka dan satu liter air dapat bertindak sebagai kondisioner alami saat digunakan untuk membilas rambut dan membantu menciptakan rambut panjang yang sehat.

Beri pijatan

Cara memanjangkan rambut dengan cepat berikutnya yaitu dengan memberi pijatan. Pijatan pada kulit kepala membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut. Pijat kulit kepala dengan stimulan seperti minyak kelapa sangat meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat.

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti jojoba, minyak jarak, minyak kemiri, atau minyak biji labu bisa digunakan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, karena dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Memijat rambut dengan lembut dengan minyak suam-suam kuku tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala tetapi juga menutrisi, merevitalisasi, dan menenangkan kulit kepala sambil juga memperkuat folikel rambut dan menciptakan yang kuat, dan panjang.

3 dari 6 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Jangan terlalu sering keramas

Cara memanjangkan rambut dengan cepat berikutnya yaitu menghindari terlalu sering keramas. Sering keramas hanya akan menyebabkan rambut kering dan kehilangan sebagian besar minyak esensial alaminya. Minyak ini bergerak dari kulit kepala ke sepanjang helai rambut, membantu menjaga kelembapan rambut, dan penting untuk rambut panjang. Keramas setiap hari hanya akan meningkatkan risiko rambut rontok dan rusak.

Lemon

Air lemon atau minyak lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Untuk menerapkan cara memanjangkan rambut dengan cepat ini, oleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan sebagai masker rambut.

Jangan membungkus rambut yang basah

Tidak membungkus rambut yang basah juga menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat. Hindari membungkus rambut dengan handuk atau mengikatnya saat masih dalam keadaan basah. Rambut yang basah akan sangat rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, disarankan untuk menepuk rambut dengan handuk hingga kering. Ini akan mencegah kerusakan rambut.

Potong secara rutin

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang sering dilakukan adalah trimming atau pemotongan secara teratur. Memotong sedikit ujung rambut akan menghilangkan ujung bercabang penyebab kerusakan. Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut tumbuh lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Gunakan kondisioner

Kondisioner menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut, dan juga menyegel kutikula untuk membantu rambut tumbuh lebih panjang. Perawatan deep conditioning dan rekonstruksi membantu melembabkan helai rambut, memperbaiki rambut rusak dengan menghilangkan keriting dan kusam. Kondisioner membantu menciptakan rambut yang sehat sekaligus menambah panjang, kemudahan pengaturan, volume, dan kilau rambut. Jadi, cara memanjangkan rambut dengan cepat ini juga bisa kamu terapkan.

Hindari pewarnaan rambut

Rambut yang diwarnai memang akan terlihat menarik. Namun, jika kamu ingin memanjangkan rambut dengan cepat, hindari proses ini. Saat mewarnai rambut, tekstur rambut berubah akibat bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah dan lebih lambat pertumbuhannya. Ketika kutikula rambut rusak akibat bleaching, rambut akan mengalami lebih banyak kerusakan. Semakin sedikit perawatan kimiawi, semakin baik rambut tumbuh.

Gunakan air dingin untuk membilas rambut

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya adalah menggunakan air dingin saat membilas rambut. Sering menggunakan air hangat akan membuat rambut kasar. Turunkan suhu air saat membilas rambut. Bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula dan memperkuat rambut sebelum menatanya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus di dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Ini bisa menjadi cara cepat memanjangkan rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut.

Jika rambut cenderung berminyak, kamu bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau selama beberapa jam sebelum keramas. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut. Jika rambutmu kering, kamu juga bisa menggunakannya sebagai perawatan tanpa bilas.

5 dari 6 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Hidrasi tubuh

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang tak kalah penting adalah menjaga hidrasi tubuh. Ini mengeluarkan racun dan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Pertumbuhan rambut bergantung pada bagian tubuh lainnya untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Penuhi nutrisi

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang perlu dikonsumsi untuk cara cepat memanjangkan rambut adalah makanan dengan biotin, vitamin A, C, D, dan E, seng, zat besi, serta omega-3 dan 6. Makanan-makanan ini dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

Konsumsi protein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang juga perlu diperhatikan yaitu mengonsumsi protein. Protein membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Kamu bisa mendapatkan protein dari sayuran, kacang-kacangan, yogurt, dan makanan lainnya.

Kafein

Kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita. Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein seperti sampo, kondisioner, atau serum. Menggunakan masker buatan sendiri dari bubuk kopi juga bisa membantu.

6 dari 6 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Hindari menyisir rambut yang basah

Rambut sangat rentan patah saat basah. Menyisir rambut yang basah akan menambah tingkatan tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah. Sebagai gantinya, sisir rambut sebelum keramas. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirinya setelah keramas. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat pembersih yang lebih lembut.

Lidah buaya

Lidah buaya sejak dulu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein. Selain dapat menebalkan rambut, lidah buaya juga mampu menghitamkan, menghaluskan serta menyehatkan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan lidah buaya yaitu ambil satu tangkai lidah buaya, kemudian belah menjadi dua, lalu, usapkan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit

Salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat adalah menyisir rambut. Pastikan untuk menyisir dengan lembut, jangan terlalu keras. Menyisir rambut perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyikat rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

Masker madu

Cara memanjangkan rambut dengan cepat berikutnya adalah menggunakan masker madu. Hal ini tidak hanya membuat rambut lebih cepat panjang, namun juga terlihat lebih lebih bersinar, sehat dan lebih indah.

Caranya yaitu siapkan minyak kelapa, minyak almond manis, dan masker rambut madu. Campurlah ketiga bahan ini dalam proporsi yang sama, lalu hangatkan sebentar dalam pot. Oleskan masker ini pada rambut dan pijit-pijit. Biarkan sekitar tiga puluh menit kemudian keramas rambut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS