Sukses

7 Cara Membuat Halaman di Word dengan Mudah, Cepat dan Tanpa Mengetik Manual

Cara membuat halaman di Word ini berguna untuk penomoran dalam daftar isi karya ilmiah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat halaman di Word dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana dan mudah. Anda sudah tidak perlu mencari tombol yang tersembunyi karena langsung disajikan di tab Insert.

Cara membuat halaman di Word ini juga berguna untuk penomoran dalam daftar isi karya ilmiah, untuk itu penting memahaminya. Namun, mempraktikkan cara membuat halaman di Word cukup berbeda dari software lainnya, seperti WPS Office Free, LibreOffice, Apache OpenOffice, SoftMaker FreeOffice, dan software pengolah dokumen lainnya.

Cara membuat halaman di Word dapat dikatakan lebih mudah. Sebab, hampir seluruh software pengolah data yang terpasang di komputer dan laptop di masyarakat Indonesia menggunakan Mocrosoft Word. 

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara membuat halaman di Word dengan mudah dan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Pertama

Cara membuat halaman di word yang pertama adalah dapat dimulai dari bagian sampul dan halaman pengantar, seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain sebagainya. Berikut cara membuat halaman di word yang pertama untuk mengatur nomor halaman, yakni:

1. Klik Insert

2. Page Number

3. Bottom of Page

4. Lalu pilih mana letak nomor yang diinginkan

Untuk menghilangkan nomor halaman pada sampul. Cukup mudah, ini cara membuat halaman di Microsoft Word:

1. Klik Insert

2. Header

3. Edit Header

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Kedua

Selanjutnya, cara membuat halaman di Word selanjutnya akan muncul tampilan Tab Design. Cukup centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Kemudian hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul dan klik Close Header and Footer. Apabila halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, cukup lakukan langkah sederhana. Berikut cara membuat halaman di Word, yaitu:

1. Insert

2. Page Number

3. Format Page Numbers

Pada jendela Page Number Format ubah Number Format menjadi i, ii, iii, dan seterusnya. Masukkan ke kolom Start at dengan “i” lalu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

4 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Ketiga

Berikutnya, pada cara membuat halaman di word yang ketiga ini format nomor halaman yang digunakan berbeda dari sebelumnya. Apabila sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, untuk cara membuat halaman di Word ini akan menggunakan penomoran numerik biasa.

Secara umum, pemberian nomor halaman pada isi konten pembagiannya cukup berbeda. Sebagai contoh, pada “Judul Bab” posisinya akan diletakkan pada bagian tengah bawah, lalu isi bab akan diletakkan pada bagian kanan atas. Berikut cara membuat halaman di Word yang ketiga, yaitu:

1. Buat “Section” baru. Jika tidak membuat “Section” baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut berubah.

2. Klik halaman judul bab pertama, kemudian Klik Page Layout > Breaks > Continous.

3. Selanjutnya, sangat diperlukan menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya, tujuannya agar halaman menjadi berbeda. Klik Insert > Header > Edit Header

5 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Keempat

Selanjutnya, anda akan dialihkan ke Tab Design, di mana pada bagian ini Anda bisa klik Link to Previous apabila tombol tersebut dalam keadaan aktif dan memang bertujuan untuk menonaktifkannya. Selanjutnya background tersebut akan menjadi putih. Untuk menambahkan halaman di Word, berikut cara membuat halaman di Word:

Klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3

6 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Kelima

Halaman yang telah dibuat ini seluruhnya terletak pada bagian kanan atas. Apabila masih membutuhkan halaman judul bab yang berada di tengah bawah, maka Anda perlu melakukan langkah tambahan. Berikut cara membuat halaman di Word, yaitu:

1. Masih di tab Design

2. Centang Different First Page

3. Hapus nomor halaman yang ada di kanan atas dari halaman judul bab tersebut

4. Klik Page Number

5. Bottom of page

6. Page Number 2

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Keenam

Cara membuat halaman di Word ini berfungsi untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Tapi bedanya Anda harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya. Berikut cara membuat halaman di Word yang keenam, yakni:

1. Klik pada halaman bab 2 dan seterusnya

2. Klik Insert

3. Page Number

4. Format Page Number

5. Lalu pada jendela Page Number Format klik Continue from previous section

6. Klik OK

8 dari 8 halaman

Cara Membuat Halaman di Word yang Ketujuh

Terakhir, cara membuat halaman di Word yaitu membuat Daftar Pustaka serta Lampiran. Cara membuat halaman di Word bagian ini sama dengan yang sebelumnya. Hanya perlu membuat section baru terlebih dahulu. Cara membuat halaman di Word ini juga dapat memilih jenis penomoran yang diinginkan. Caranya, pada grup Header and Footer, klik Nomor Halaman. Lalu klik lagi Format Nomor Halaman dan pilih yang akan digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.