Sukses

30 Tempat Wisata di Turki, Rasakan Sensasi Kehidupan di Era Klasik

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Turki yang akan membuat Anda merasakan sensasi hidup di era klasik.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Turki memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini jelas tidak lepas dari kondisi geografis negara Turki yang terletak di antara benua Asia dan Eropa. Maka tidak mengherankan jika, di suatu sisi Turki banyak bengunan bergaya Yunani dan Romawi, namun di sisi lainnya bergaya Asia.

Yang jelas, banyak tempat wisata di Turki yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alamnya, tempat wisata di Turki juga menawarkan sensasi yang akan membuat Anda sedang menjalani kehidupan di era klasik.

Selain keindahan alamnya, tempat wisata di Turki juga menyajikan keunikan sejarah dan kebudayaannya yang ditunjukkan dari reruntuhan-reruntuhan yang ada di sana.

Pantai berpasir putih juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Turki. Setidaknya ada beberapa pantai yang bisa anda kunjungi jika memiliki rencana untuk berlibur di Turki.

Dari wisata sejarah sampai wisata alam, berikut adalah 30 rekomendasi tempat wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cappadocia sampai Masjid Biru

1. Istanbul

Tempat wisata di Turki pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Istanbul. Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang membentang dari kedua sisi Bosphorus, selat sempit yang menghubungkan Asia dan Eropa. Di kota ini, Anda bisa melihat bangunan dengan arsitektur yang mengesankan, berbagai situs bersejarah, tempat makan, pusat belanja, dan pemandangan kota yang eksotis. Jika ingin berkunjung ke situs bersejarah, Anda bisa menemukan Hagia Sophia dan Istana Topkapi di kota ini. Selain itu, pemandangan istana indah, rumah mewah di tepi laut dan taman kota bisa Anda temukan di area Bosphorus. Jika Anda ingin berbelanja, Grand Bazaar menjadi salah satu pusat tertua dan terbesar di dunia yang bisa menjadi destinasi Anda.

2. Cappadocia

Tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Cappadocia. Terletak di Anatolia Tengah Turki, Cappadocia terkenal karena lanskap dongeng yang tidak biasa menyerupai cerobong asap, kerucut, jamur dan puncak. Proses alami seperti letusan gunung berapi purba dan erosi membentuk formasi unik selama berabad-abad, dengan beberapa di antaranya menjulang setinggi 130 kaki (40 meter). Namun, ribuan tahun yang lalu, umat manusia menambahkan sentuhan luar biasa pada lanskap dengan mengukir rumah, gereja, dan kota bawah tanah dari batu lunak, sehingga daerah ini dikenal sebagai pahatan batu yang indah. Di sini, Anda bisa menemukan wisata seperti museum, istana batu, cerobong peri, terowongan bawah tanah, hingga beberapa gua.

3. Ephesus

Tempat wisata di Turki yang tak kalah menarik adalah Ephesus. Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki. Pada abad ke-1 SM, Efesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi. Reruntuhan Efesus terpelihara dengan baik dan terdapat dalam situs arkeologi besar, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di Turki. Kota ini sempat menjadi ibu kota Romawi Asia Kecil, yang menampung lebih dari 250.000 penduduk tetap. Selama kira-kira 1.500 tahun, Efesus terlupakan. Sisa-sisa kota klasik yang luar biasa ini tersembunyi dari dunia hingga tahun 1860-an, ketika tim arkeolog internasional mulai menggali reruntuhannya. Saat ini, kurang dari 20 persen Ephesus telah digali, tetapi masih merupakan salah satu situs arkeologi terbesar yang dapat diakses di dunia.

4. Ataturk Mausoleum

Banyak peninggalan sejarah yang terkenal di Turki, seperti Ataturk Mausoleum. Terdapat bangunan megah dengan warna coklat yang merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk. Mustafa Kemal Ataturk merupakan tokoh penting bagi masyarakat Turki yang berjasa dalam membebaskan bangsanya dari penjajahan. Demi memberikan penghormatan terakhir, dibangunlah makam yang mewah. Pembangunanya juga membutuhkan waktu yang lama yakni hingga sembilan tahun.

5. Masjid Biru

Masjid Biru atau Blue Mousque adalah bagunan ikonik dari Negera Turki dengan arsitektur megah dengan menara-menara tinggi dan kubah raksasa. Tempat ibadah umat Islam itu didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga dan dibangun dari tahun 1609 sampai 1616. Pembuatan bangunan dengan gaya Timur Tengah dan Romawi tersebut merupakan perintah dari Sultan Ahmed. Alasan diberikan nama Masjid Biru adalah lantaran interiornya yang didominasi warna biru. Langit-langit dan dindingnya dihiasi dengan dekorasi gambar flora yang indah, belum lagi ada lampu-lampu kristal yang membuatnya makin tampak cantik.

3 dari 7 halaman

Berbelanja hingga Menikmati Sejarah

6. Istiklal Street

Jika ingin berbelanja atau sekadar menikmati suasana dan keramaian Turki, anda bisa datang ke Istiklal Street yang sudah berdiri sejak zaman Utsmaniyah.  Pejalan kaki akan merasa puas karena ada jalur khusus yang disediakan sepajang lebih dari satu kilometer.  Di kanan kiri jalan, tersebut terdapat banyak toko, dari mulai toko musik, buku, oleh-oleh, ada kafe, galeri seni, restoran hingga, wisata malam bagi para turis.

7. Antalya

Tempat wisata di Turki yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Antalya. Terletak di sepanjang Riviera Turki yang indah di garis pantai Mediterania, Antalya adalah kota besar yang ramai dengan berbagai resor, hotel, bar, dan restoran. Kota ini juga dibingkai dengan pemandangan pantai spektakuler dan pegunungan hijau yang subur dan asri. Bukan hanya itu, kota Antalya juga memiliki lanskap reruntuhan kuno yang tak kalah eksotis. Di sini, Anda bisa berenang, berlayar, mendaki gunung, atau hanya berjalan-jalan dan menikmati waktu bersama keluarga.

8. Mardin

Tempat wisata di Turki yang bisa menjadi rekomendasi Anda adalah Mardin. Bertengger di puncak bukit strategis yang menghadap ke dataran Mesopotamia di tenggara Turki, Mardin adalah ibu kota Provinsi Mardin. Mardin terkenal karena keragaman budayanya dan Kota Tua dengan bangunan batu pasir Jalan berkelok-kelok seperti labirin akan membawa pengunjung menyusui permukiman rumah bertingkat yang menjadi salah satu situs populer di sunia, seperti Biara Deyrü'z-Zafaran, salah satu biara tertua di dunia, dan Sultan Isa Medresesi, monumen abad pertengahan yang pernah berfungsi sebagai observatorium astronomi.

Masjid Agung, dengan menara yang menjulang tinggi, juga sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung ke kota ini. Meski tertutup untuk umum, benteng ini menyajikan spot foto yang fantastis. Di seluruh Kota Tua terdapat segudang toko yang menjual barang-barang seperti tembikar, perak, kulit, dan hiasan kepala tradisional yang bisa menjadi buah tangan.

9. Pamukkale

Pamukkale adalah sebuah kolam pemandian air panas di daerah Denizli barat daya Turki yang memiliki panorama luar biasa dengan kolam-kolam air berwarna biru. Warna air biru dan putihnya bebatuan mendominasi wisata alam tersebut, membuat siapa pun yang berendam menjadi betah berlama-lama. Aliran air panasnya mengandung mineral karbonat yang bagus bagi tubuh, sehingga selalu ramai dan sudah menjadi tujuan wisata sejak zaman kerajaan.

10. Bodrum

Bodrum juga termasuk salah satu tempat wisata di Turki yang bisa Anda kunjungi. Terletak di Mugla Province di wilayah Aegean selatan Turki, Bodrum adalah situs kota berbenteng kuno, Halicarnassus, yang pernah menjadi rumah bagi bangunan marmer, kuil, undang-undang, jalan beraspal dan Mausoleum, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Setelah runtuh, kota itu tetap menjadi desa nelayan yang tenang sampai abad ke-20 ketika para intelektual Turki membawa popularitasnya melalui tulisan-tulisan mereka. Saat ini, Bodrum menjadi salah satu destinasi tujuan masyarakat dunia dengan menyajikan reruntuhan yang eksotis, pantai yang indah, dan berbagai resor yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

4 dari 7 halaman

Menikmati Indahnya Pantai hingga Reruntuhan Gedung Teater

11. Side

Tempat wisata di Turki selanjutnya adalah Side. Sebelumnya, Side merupakan pelabuhan utama di Pamfilia kuno pada abad ke-4 SM, kini Side merupakan kota reruntuhan klasik dan resor modern yang indah yang menghadap ke pantai berpasir putih. Terletak di Pantai Mediterania Turki di Provinsi Antalya di semenanjung kecil, Side menawarkan tamasya yang fantastis, kehidupan malam, dan petualangan alam yang luar biasa. Salah satu daya tarik Side tidak lain adalah situs peninggalan reruntuhan Helenistik dan Romawi kuno yang mencakup sisa-sisa amfiteater kolosal, agora, basilika Bizantium, pemandian umum, tiang marmer, dan berbagai kuil. Pemandian Romawi sekarang dipugar menjadi museum, yang menampilkan sejumlah patung dan artefak Romawi. Selain itu Kuil Apollo juga memberikan pemandangan menarik bagi pengunjung saat matahari terbenam.

12. Marmaris

Marmaris juga bisa menjadi daftar destinasi wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi. Marmaris merupakan salah satu daerah tepi laut yang paling populer di Turki. Berlokasi strategis dengan menyajikan pemandangan pegunungan berbalut pinus, pantai berpasir putih, perairan pirus, dan arsitektur bersejarah. Terletak di sepanjang Turkish Riviera di barat daya Turki, pelabuhan kapal pesiar yang menakjubkan ini adalah surga wisata dengan peluang wisata yang luar biasa, olahraga air, santapan yang fantastis, dan kehidupan malam yang ramai. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu melihat arsitektur tua yang menarik, mengunjungi kastil, atau juga naik perahu dan menjelajah sekitar teluk yang indah.

13. Biara Sumela

Biara Sumela (Biara Perawan Maria) adalah daya tarik utama bagi pengunjung di sepanjang Pantai Laut Hitam. Biara pertama dibuka selama era Bizantium dan hanya berhenti beroperasi sebagai pusat keagamaan yang berfungsi pada tahun 1923, ketika para biarawan dipaksa untuk pergi sebagai bagian dari Pertukaran Penduduk Yunani-Turki. Interior gerejanya penuh dengan lukisan dinding yang memesona dan semarak, adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang melakukan perjalanan panjang ke wilayah timur laut Turki.

14. Lüdeniz

Lüdeniz memiliki pemandangan yang luar biasa, alam yang menakjubkan, dan pantai yang cantik. Wisata Turki ini adalah lingkungan kecil dan resor pantai di distrik Fethiye di Provinsi Muğla. Oludeniz juga dikenal sebagai Blue Lagoon adalah salah satu tujuan liburan paling populer di Turki dan Eropa. Lautnya yang unik dan pemandangannya yang fantastis membuat tempat ini banyak jadi tujuan berlibur.

15. Aspendo

Aspendo dianggap sebagai contoh terbaik dari teater zaman klasik yang masih berdiri di dunia. Teater berkapasitas 15.000 kursi yang telah dipugar dengan sangat baik ini adalah salah satu atraksi bintang kuno. Meskipun teater adalah alasan utama untuk berkunjung ke sini, situs Aspendos menawarkan lebih banyak reruntuhan untuk dijelajahi. Ada sisa-sisa saluran air, agora, stadion, dan basilika era Bizantium, semuanya tersebar di area lereng bukit yang luas di sekitar teater ini.

5 dari 7 halaman

Kota Tua hingga Istana

16. Konya

Konya adalah salah satu kota tertua di dunia dan terkenal dengan arsitektur Seljuk yang luar biasa. Kota ini juga terkenal dengan penari Darwis yang berputar-putar. Pada abad ke-12 dan ke-13, Konya makmur sebagai ibu kota di bawah kekuasaan Dinasti Seljuk. Saat ini, bangunan menarik dari masa itu masih bisa dikagumi seperti Masjid Alaeddin, yang menjadi tempat makam beberapa sultan.

17. Izmir

Meskipun menjadi kota terbesar ketiga di negara itu, Izmir jauh kurang terkenal daripada beberapa tujuan wisata Turki seperti Marmara, Olüdeniz atau wilayah Cappadocia. Izmir dianggap sebagai kota paling barat di Turki. Kamu bisa mengunjungi Masjid Biru dan berjalan-jalan di Dermaga Konak. Pastikan juga mengunjungi situs UNESCO Ephesus serta desa ortodoks Turki irince kecil yang indah.

18. Kas

Kas adalah salah satu tujuan wisata Turki terindah di provinsi Antalya. Dengan pemandangan laut yang luar biasa, jalan-jalan sempit dan rumah-rumah bercat putih yang indah dan bugenvilnya, ini adalah tujuan yang sempurna untuk memperindah akun Instagram.

19. Hagia Sophia

Hagia Sophia menjadi salah satu ikon tempat wisata di Turki. Awalnya Hagia Sophia merupakan bangunan gereja yang sudah dibangun sejak abad ke-4. Bangunan ini kemudian beralih fungsi sebagai masjid pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani (1453 sampai 1931). Meski difungsikan sebagai masjid, untuk menghormati sultan sebelumnya, simbol-simbol gereja yang ada di dalam Hagia Sofya tidak dihapus. Pada 1 Februari 1935 bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum oleh Republik Turki. Kini Hagia Sofya menjadi bangunan dengan arsitektur paling monumental dan banyak dikunjungi wisatawan saat sedang melancong ke Turki.

20. Istana Topkapı

Istana Topkapı merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun. Istana Topkapi juga merupakan rumah bagi banyak peninggalan suci dari Nabi Muhammad, yang menjadikan istana ini tujuan populer bagi umat Islam.

6 dari 7 halaman

Merasakan Sesansi Kehidupan di era Klasik

21. Benteng Rumeli Hisari

Benteng Rumeli dibangun Rumeli Hisari Muzesi pada 1452. Benteng ini digunakan untuk mengatur lalu lintas laut serta untuk pertahanan Kerajaan Bynzantium yang menduduki Turki beberapa abad silam. Benteng Rumeli Hisari terletak di Distrik Sarıyer di Istanbul, Turki, di sebuah bukit di sisi Eropa dari Selat Bosporus. Hingga kini benteng Rumeli Hisari masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi wisatawan.

22. Makam Batu Lycian

Pada abad ke-4, orang Lycia percaya bahwa orang yang meninggal dibawa ke alam baka oleh para malaikat. Untuk memberikan prioritas para malaikat untuk membantu almarhum, Lycia membangun makam monumental di puncak bukit. Makam itu dapat dilihat dari jauh dan para malaikat memprioritaskan orang mati yang dikuburkan di tempat-tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau.

23. Gunung Nemrut

Destinasi tempat wisata di Turki Timur adalah gundukan pemakaman puncak Gunung Nemrut tersebar dengan sisa-sisa patung-patung yang dulunya sangat besar. Tempat yang unik dan sunyi ini menjadi salah satu situs arkeologi paling unik di Turki. Kepala-kepala batu raksasa dari dewa-dewa yang telah lama terlupakan menatap keluar dari puncak, menciptakan suasana yang menakutkan di atas puncak gunung yang tandus. Waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat matahari terbit, sehingga Anda dapat menyaksikan patung-patung saat mereka muncul dari kegelapan.

24. Grand Bazaar

Grand Bazaar Istanbul sangat disukai oleh banyak turis untuk berbelanja. Situs besar ini adalah pasar tertutup terbesar di dunia. Di sini ada 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya.

25. Pergamus

Tempat wisata di Turki memiliki banyak reruntuhan Yunani-Romawi, tetapi tidak ada yang dapat ditempatkan secara romantis seperti Pergamus kuno di Bergama modern. Ini adalah tempat yang sangat atmosfer untuk dijelajahi. Area Acropolis dengan teaternya yang terbelah di lereng bukit menyimpan sisa-sisa peninggalan paling banyak dan menawarkan pemandangan panorama yang indah ke seluruh pedesaan. Di bawah, area Asklepion adalah rumah bagi reruntuhan pusat kesehatan kota yang terkenal.

7 dari 7 halaman

Berjemur dan Foto-Foto

26. Safranbolu

Safranbolu adalah kota Ottoman yang paling terpelihara di Turki. Ini adalah tempat fotogenik yang luar biasa dari gang-gang sempit berliku yang dijejali rumah-rumah kayu yang dipugar dengan indah yang dulunya merupakan rumah pedagang kaya dan sekarang telah diubah menjadi hotel butik dan restoran.

27. Cruising the Mediterranean

Garis pantai Mediterania Turki memiliki banyak reruntuhan dan banyak hal yang bisa dilakukan di sana. Namun sebagian pengunjung yang datang lebih banyak berjemur sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Berlayar di kapal pesiar adalah aktivitas nomor satu bagi pengunjung Bodrum dan Fethiye. Lereng terjal berbalut hutan, teluk tersembunyi dengan pantai pasir putih kecil, dan ratusan pulau yang tersebar adalah tempat yang sempurna untuk dijelajahi melalui laut.

28. Ölüdeniz

Ölüdeniz merupakan pantai berpasir putih. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Maka tidak mengherankan jika pantai ini selalu dipenuhi pengunjung.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan suasana yang ramai, di sini Anda bisa menikmati pemandangan dari langit dengan menaiki paralayang dari puncak Babadağ yang menjulang di belakang pantai.

29. Pergamum

Turki memiliki banyak reruntuhan bergaya Yunani-Romawi, tetapi tidak ada yang seromantis Pergamus kuno di Bergama modern. reruntuhan ini dulunya adalah salah satu perpustakaan paling penting di dunia. Selain itu, reruntuhan ini juga menjadi sekolah kedokteran terkenal.

Ini adalah tempat yang keren untuk dikunjungi. Area Acropolis yang terdapat di sana menyimpan sisa-sisa peninggalan paling banyak dan menawarkan pemandangan panorama yang indah ke seluruh pedesaan. Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi jika Anda ingin merasakan kehidupan di era Klasik.

30. Kabak Bay

Kabak Bay adalah pantai di dekat desa Lycia. Wisatawan bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan dolmus, taksi, atau mobil dalam waktu sekitar satu jam dari lüdeniz. Tidak ada toko atau ATM di sekitar sini. Kabak Bay adalah tempat wisata di Turki yang cocok untuk Anda yang sudah penat dengan kehidupan kota. Di pantai ini Anda bisa berjemur, berenang, snorkeling dan bersantai di tepi pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.