Sukses

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL, Tahapan dan Unsur yang Wajib Disimak

Contoh kata pengantar laporan PKL yang wajib disimak

Liputan6.com, Jakarta Kata pengantar umumnya berisi ucapan terima kasih perihal terselesaikannya laporan atau karya tulis. Dalam kata pengantar laporan juga dapat dijabarkan secara singkat mengenai tujuan serta manfaat penelitian. Dengan tujuan penulisan kata pengantar ini, diharapkan agar nantinya laporan dan karya tulis tersebut dapat berguna secara berkesinambungan. Terdapat beberapa contoh dalam penulisan kata pengantar laporan, salah satunya adalah contoh kata pengantar laporan PKL.

Dalam membuat laporan PKL ataupun makalah, memang dibutuhkan sebuah kata pengantar, karena kata pengantar menjadi salah satu bagian penting dalam penulisan laporan atau makalah. Ada banyak sekali contoh kata pengantar yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan makalah atau laporan, terutama contoh kata pengantar laporan PKL.

Biasanya, kata pengantar laporan terbagi dalam 3 bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup. Contoh kata pengantar laporan PKL ataupun makalah juga berisi keterangan waktu agar pembaca dapat mengetahui perkiraan validitas data. Berikut ini contoh kata pengantar laporan PKL yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Kata Pengantar

Contoh kata pengantar laporan PKL pada laporan merupakan bagian pembuka sebelum menuju isi naskah atau pembahasan. Pada kata pengantar terdapat ucapan dari penulis apabila laporan tersebut sudah selesai dibuat.

Pada bagian kata pengantar, berisi ucapan syukur, ucapan terima kasih, tujuan, laporan, manfaat penulisan laporan, ataupun kritik juga saran. Pada bagian kata pengantar pun terdapat penjelasan kalimat serta harapan-harapan berkaitan dengan tema serta isi laporan. Tanpa adanya kata pengantar, maka pembaca bisa kebingungan ketika membaca alasan penulis membuat laporan tersebut. Itulah mengapa kata pengantar menjadi sangat penting dalam sebuah laporan. 

3 dari 6 halaman

Tahapan dan Unsur Pada Kata Pengantar

A. Tahapan 

Sebelum membuat contoh kata pengantar laporan PKL, ada beberapa tahapan yang perlu untuk diketahui dalam proses pembuatan kata pengantar laporan PKL, diantaranya:

1. Bagian pembuka

Tahapan pertama merupakan bagian pembuka. Pada bagian ini terdapat salam serta ucapan terima kasih, karena laporan telah selesai. Ucapan terima kasih pada kata pengantar dapat diberikan untuk Tuhan, serta pihak-pihak yang ikut membantu dalam proses penyusunan. Idealnya, bagian kata pengantar terdiri dari satu atau dua paragraf saja.

2. Bagian isi

Pada tahap kedua merupakan bagian isi. Pada tahap ini kita bisa mengisi dengan tujuan singkat tentang penulisan laporan. Jika yang ditulis adalah laporan PKL, maka tujuan yang dicantumkan juga tentu spesifik pada kegiatan PKL tersebut. Cantumkan juga latar belakang dibuatnya laporan agar pembaca mengetahui alasanmu menuliskannya.

3. Bagian penutup

Pada selanjutnya, bisa sampaikan ucapan terima kasih pada pembaca laporan. Berikan kritik serta saran yang akan diberikan agar laporan kalian menjadi lebih baik. Ucapan terima kasih yang akan diberikan secara khusus juga dapat disampaikan pada tambahan halaman.

4. Keterangan waktu

Tahap selanjutnya, adalah bagian terakhir yang berisi tentang keterangan waktu. Waktu pembuatan laporan tentung penting untuk dicantumkan agar pembaca mengetahui perkiraan validitas data.

B. Unsur 

Dalam kata pengantar laporan PKL, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Dan berikut ini adalah beberapa unsur pada kata pengantar laporan PKL tersebut:

1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Dapat menjelaskan mengenai adanya tugas penulisan laporan/karya ilmiah.

3. Menjelaskan tentang pelaksanaan penulisan laporan/karya ilmiah.

4. Menjelaskan tentang bantuan, bimbingan, serta arahan dari pihak-pihak yang berjasa dan dianggap telah membantu dalam proses penulisan laporan PKL tersebut. Seperti seseorang, sekelompok, atau organisasi juga lembaga.

5. Selanjutnya, ucapan terima kasih kepada seseorang atau lembaga yang membantu, dengan menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis (tidak perlu ditanda tangani).

6. Harapan penulis atas penulisan laporan PKL tersebut kepada masyarakat luas atau pembaca, serta kesediaan penulis dalam menerima kritik dan saran.

4 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar laporan PKL yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian.

Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kami ke hadirat Allah SWT, sehingga penulis telah menyelesaikan laporan kunjungan Industri ke PT. Sosro ini dengan tepat waktu.

Salah satu tujuan penulis dalam menulis laporan kunjungan industri ini sebagai dokumentasi dan juga bentuk evaluasi kegiatan kunjungan industri. Laporan yang penulis buat ini berdasarkan data-data yang valid juga dikumpulkan dengan berbagai metode.

Penulis menyampaikan terima kasih pada beberapa pihak yang ikut mendukung proses pembuatan laporan ini hingga selesai. Yaitu:

1. Bapak Jatmiko S. Pd, M. Pd, selaku Kepala Sekolah SMKN 13 Jakarta yang sudah mengizinkan penulis untuk melakukan kunjungan industri.

2. Bapak Ibu Guru SMKN 10 yang telah membimbing penulis selama kegiatan kunjungan berlangsung.

3. Orang tua penulis yang selalu memberi dukungan selama penulis melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Penulis juga menyadari atas ketidaksempurnaan dalam penyusunan laporan kegiatan kunjungan industri ini. Namun penulis berharap, laporan ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca. Demi kemajuan penulis, penulis juga mengharapkan adanya masukan berupa kritik atau saran yang berguna. Terima kasih.

Jakarta, 5 Maret 2021

Penulis

5 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar

Selanjutnya contoh kata pengantar laporan PKL yang kedua yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian. Berikut inilah contoh kata pengantar PKL yang kedua tersebut:

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan karunia-Nya, laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diselesaikan tepat waktu. 

Sehubungan dengan adanya mata kuliah wajib "Kewirausahaan", mahasiswa diharapkan untuk dapat terjun langsung, serta melihat fenomena di lapangan. PKL ini dilaksanakan di Lembaga Keuangan meliputi kegiatan pengamatan manajemen keuangan dan praktik langsung pengelolaan keuangan. Kegiatan PKL diharapkan mampu membuat mahasiswa dapat terjun ke dunia finansial secara langsung dan memperoleh pengalaman. Harapannya, dalam jangka panjang mahasiswa bisa terjun dalam dunia ekonomi secara profesional.

Laporan kegiatan PKL ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan. Adapun durasi kegiatan PKL ini, kurang lebih 8 minggu mulai hari Senin, 8 Juni 2020 sampai dengan hari Sabtu, 25 Juli 2020. Selama periode PKL, aktivitas yang akan dilakukan mahasiswa adalah terjun langsung di lapangan di bawah pengawasan pihak lembaga. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan tahapan yang harus dijalani mahasiswa program pendidikan sebelum benar-benar menjadi ahli ekonomi.

Kelancaran kegiatan PKL ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik itu bantuan secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:

1. Panitia Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ilmu Ekonomi

Ibu Mundijah selaku ketua program studi Ekonomi.

2. Bapak Dr. Ahmad, M.E. selaku dosen pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah memberikan bimbingan.

3. Bapak Drs. Iwan, M.M. selaku Direktur Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, dan fasilitas kepada kami untuk melaksanakan PKL.

4. Bapak Drs. Iman, M.E.I. selaku penanggung jawab divisi finansial yang membimbing dan memberikan nasihat, bantuan, serta arahan kepada kami.

5. Segenap jajaran struktur organisasi Lembaga Keuangan Sukses Makmur yang telah banyak bekerja sama dengan kami, baik karyawan maupun pimpinan lembaga.

6. Teman-teman prodi Ekonomi angkatan 2018.

Laporan ini akan menjelaskan aktivitas PKL yang telah dilaksanakan, slama berada di Lembaga Keuangan Sukses Makmur. Semoga laporan PKL ini bisa memberikan manfaat, baik secara inspirasi maupun motivasi bagi pembaca. Dalam proses pembuatan laporan tentu masih terdapat banyak kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, 10 Juli 2021

Penulis

6 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar

Adapun contoh kata pengantar laporan PKL ketiga, yang bisa menjadi referensi untuk kalian. Berikut inilah contoh kata pengantar PKL yang ketiga tersebut:

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat-Nya yang melimpah, sehingga terselesaikan dengan segala baik kegiatan magang di PT. Tunas Jaya cabang Bandung.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di fakultas ekonomi jurusan akuntansi universitas X Bandung. Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kerja di PT. Tunas Jaya cabang Bandung.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tidak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, diantaranya:

1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.

2. Bapak Hasan Sudrajat selaku ketua PT. Tunas Jaya.

3. Karyawan dan karyawati PT. Tunas Jaya yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.

4. Orang tua dan teman-teman penulis, yang selalu mendukung penulis selama proses berlangsung, terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, akan tetapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 22 Oktober 2021

Penulis

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini