Sukses

16 Cara Awet Muda, Salah Satunya Punya Pasangan atau Peliharaan

Liputan6.com, Jakarta Cara awet muda selalu terkait dengan gaya hidup. Gaya hidup sangat berpengaruh dengan penampilan seseorang. Gaya hidup yang tidak sehat jelas tidak akan membuat seseorang awet muda. Sebaliknya, gaya hidup yang tidak sehat justru akan membuat seseorang cenderung lebih tua daripada usia yang sebenarnya.

Dengan kata lain, menerapkan gaya hidup sehat menjadi cara awet muda yang bisa Anda terapkan. Terlebih lagi, awet mudah tidak hanya sekadar bagamana Anda terlihat. Awet muda tidak sekadar penampilan, tapi juga tentang bagaimana setiap anggota tubuh dan organ Anda berfungsi.

Seseorang bisa saja memiliki penampilan yang terlihat awet muda, namun fungsi anggota tubuh dan organnya justru tidak begitu bagus. Akibatnya, meski penampilannya jauh lebih muda dari usia yang sebenarnya, namun dia tidak bisa melakukan aktivitas yang seharusnya masih bisa dia lakukan, seperti berlari, jalan jauh, dan sebagainya.

Tentu bukan awet mudah secara penampilan saja yang kita inginkan, melainkan awet muda secara keseluruhan. Untuk mencapai itu, perawatan kulit dan menjalankan gaya hidup sehat menjadi hal yang wajib Anda lakukan.

Ada sejumlah cara awet muda yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun syaratnya, semua itu harus dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan. Berikut adalah 20 cara awet muda, seperti yang telah dilansir Liputan6.com dari VitaMedica, Jumat (26/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Gaya Hidup Sehat

1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari menyebabkan 90% dari munculnya tanda-tanda penuaan. Pancaran sinar UV memecah elastin, yakni jaringan yang memberikan elastisitas pada kulit. Akibatnya, kulit jadi tampak kusam, kendor, warna kulit tidak merata, kerutan, dan bintik-bintik.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah sama sekali. Namun, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya.

2. Banyak Makan Buah dan Sayur

Setiap jenis buah dan sayur mengandung nutrisi penting yang dapat menunda proses penuaan, baik dari dalam dan luar. Buah dan sayuran juga meningkatkan asupan fitonutrien penting yang membantu mempertahankan diri dari radikal bebas yang merusak.

3. Banyak Minum Air Putih

Minumlah 6-8 gelas air setiap hari untuk menjaga kulit tetap kenyal dan mendukung kesehatan yang optimal. Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Hidrasi yang tepat memastikan jaringan dan sel kulit terisi kembali, memungkinkan kulit tampak lebih muda dan lebih sehat. Cukup mengonsumsi air putih bisa menjadi salah satu cara awet muda yang bisa dilakukan.

4. Olahraga dan Aktivitas Fisik

menurut penelitian terbaru, aktivitas fisik dan olahraga dapat memperlambat penuaan hampir satu 10 pada tingkat sel. Olahraga juga meningkatkan aliran darah, memindahkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang bekerja di dalam tubuh, termasuk kulit.

Olahraga juga dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot. Selain itu, olahraga dan aktivitas fisik juga dapat mempertahankan volume otak di area yang memengaruhi kontrol dan koordinasi motorik. Olahraga juga dapat mempertahankan daya ingat dan fungsi otak seiring bertambahnya usia.

3 dari 5 halaman

Hindari Rokok dan Alkohol

5. Hindari Rokok

Merokok adalah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. Sayangnya, merokok tidak hanya berpengaruh buruk pada kesehatan yang terkait dengan sistem pernapasan, namun juga berpengaruh buruk pada kulit. Berhenti merokok tentu menjadi salah satu cara awet muda yang penting untuk dilakukan jika Anda ingin selalu tampak muda.

Cerutu dan rokok dapat mengurangi vitamin C dalam tubuh, menyebabkan kerusakan kolagen dan membentuk kerutan. Merokok juga membuat kulit dehidrasi, sehingga membuat kulit jadi kering dan kusam.

6. Batasi Alkohol & Kafein

Menghindari konsumsi alkohol dan kafein merupakan salah satu cara awet muda yang penting. Alkohol dan kafein membuat seseorang dehidrasi dengan cara menguras nutrisi penting tubuh Anda.

Alkohol menyebabkan pembuluh darah di wajah melebar. Minum terlalu banyak alkohol berpotensi membuat efek dari melebarnya pembuluh darah di wajah permanen. Hasilnya, wajah Anda akan tampak kemerahan menghasilkan tampilan kemerahan.

7. Merawat Kulit

Mulailah rutinitas perawatan kulit harian Anda dengan pembersih kulit yang lembut. Oleskan pelembab untuk menghidrasi kulit, membuatnya tetap kencang dan elastis, serta mengurangi munculnya kerutan.

Bahan-bahan seperti ekstrak teh hijau, vitamin A, C & E, dan asam hialuronat membantu melindungi kulit dari radikal bebas, meningkatkan kolagen, dan mempertahankan kelembapan.

8. Konsumsi Suplemen

Memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengatur pola makan yang baik, jelas penting sebagai salah satu cara awet muda. Namun, penting juga untuk mengonsumsi suplemen anti-penuaan dan suplemen kecantikan, sebagai tambahan nutrisi.

Suplemen juga dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas, meningkatkan suasana hati dan meningkatkan daya tahan tubuh, dan melawan peradangan.

4 dari 5 halaman

Penuhi Nutrisi dan Hindari Stres

9. Protein

Tubuh Anda membutuhkan pasokan protein untuk membangun kolagen dan elastin baru. Karena itulah, memenuhi kebutuhan protein menjadi salah satu cara awet muda. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti yogurt, kacang, kacang polong, ayam dan ikan yang rendah lemak.

10. Penuhi Kebutuhan Lemak

Tidak semua lemak itu buruk, asam lemak omega-3 telah banyak disebut dpaat menunda penuaan. Selain itu, Omega-3 menawarkan banyak manfaat anti-penuaan termasuk melindungi kulit dari kerusakan dengan meningkatkan ketahanannya terhadap sinar UV, melindunginya dari radikal bebas berbahaya, membantu memblokir pelepasan enzim yang memecah kolagen, dan mengurangi peradangan.

11. Hindari Stres

Sisihkan sedikit waktu setiap hari untuk bersantai, bermeditasi, atau hanya sekadar mengambil napas dalam. Menjalani kehidupan yang tenang tanpa stres akan membuat Anda terlihat lebih muda secara alami.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa stres, depresi, dan kecemasan dapat memicu penuaan sel. Stres memperpendek komponen DNA penting yang disebut telomer. Telomer adalah komponen penting yang terkait dengan kesehatan secara keseluruhan, umur, dan tingkat penuaan individu. Ketika Telomer menjadi lebih pendek, sel tidak dapat lagi bereproduksi, menyebabkan jaringan merosot dan mati.

12. Kurangi Kalori

Makan dengan sedikit kalori sering dikaitkan dengan kemungkinan umur panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan membatasi kalori dapat menurunkan produksi hormon tiroid, memperlambat metabolisme dan membantu memperlambat proses penuaan.

5 dari 5 halaman

Melatih Otak dan Tidur Telentang

13. Melatih Otak

Sama seperti fisik, otak pun perlu dilatih. Latihan otak dapat mencegah penurunan kemampuan kognitif bahkan hingga 10 tahun kemudian. Anda bisa melatih otak dengan cara menjawab teka-teki, Sudoku, belajar bahasa atau keterampilan baru, atau memainkan alat musik.

14. Tidur Cukup

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur kurang dari 6 jam sehari menyebabkan telomere memendek. Hal itu mengakibatkan penuaan menjadi lebih cepat 9 tahun secara biologis Tidak cukup tidur juga menyebabkan hilangnya jaringan otak dan menurunnya kemampuan kognisi.

15. Tidur Telentang

Siapa yang menyangka jika cara tidur seseorang ternyata juga terkait dengan cara awet muda? Cara Anda tidur dapat memengaruhi cara munculnya kerutan di wajah Anda. Kasusnya sama seperti ketika seseorang lebih banyak tersenyum atau cemberut.

Tidur dengan wajah menghadap bantal dapat memicu munculnya kerutan di wajah. Tidur telentang alih-alih tengkurap atau menyamping mengurangi tekanan pada wajah, membantu mencegah kerutan ini.

16. Jaga Hubungan Sosial

Memiliki teman, baik itu berupa hewan peliharaan maupun pasangan ternyata memiliki efek positif pada penuaan. Keduanya dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekebalan tubuh dan suasana hati, serta membantu kita hidup lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.