Sukses

14 Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya, Dipengaruhi Tingkat Stres

Liputan6.com, Jakarta - Penyebab asam lambung naik penting diketahui untuk menghindari masalah pencernaan ini terjadi. Masalah asam lambung naik yang cukup parah dalam dunia medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Asam lambung yang parah akan kambuh lebih dari dua kali dalam 1 minggu.

Apa sebenarnya penyebab asam lambung naik ini? Penyebab asam lambung naik yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber dan sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh para ahli, ada empat belas. Penyebab asam lambung naik ini tidak selalu berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi.

Melainkan penyebab asam lambung naik bisa dipengaruhi oleh tingkat stres dan kecemasan seseorang. Kemudian penyebab asam lambung naik dipengaruhi pula oleh konsumsi obat. Perhatikan gejala asam lambung naik, agar cara mengatasi asam lambung naik bisa segera dilakukan untuk mencegah komplikasi serius.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya, Minggu (28/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Penyebab Asam Lambung Naik dan Penjelasannya

Memahami penyebab asam lambung adalah berhubungan dengan cairan asam yang ada di lambung dan kadarnya di luar batas normal. Seseorang dengan masalah asam lambung naik akan sering merasa mual dan ingin muntah beberapa jam setelah makan.

Seseorang dari segala usia sangat berisiko memiliki masalah dengan asam lambung, terlepas dari apa pun penyebab asam lambung naik. Ahli dalam bidang Gastroenterologi, Cynthia Taylor Chavoustie, MPAS, PA-C dalam review medisnya melansir dari Medical News Today, membenarkan bahwa gaya hidup adalah penyebab asam lambung naik yang paling memengaruhi.

Begitu pula, penyebab asam lambung naik tidak selalu dapat dicegah, beberapa kondisi membuat penyebab asam lambung naik sulit diketahui. Dalam review tersebut, dijelaskan penyebab asam lambung naik adalah berhubungan dengan hal-hal berikut ini:

1. Penyebab asam lambung naik adalah kegemukan.

2. Penyebab asam lambung naik adalah merokok (aktif atau pasif).

3. Penyebab asam lambung naik adalah latihan fisik tingkat rendah.

4. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi obat-obatan, termasuk:

- obat untuk asma,

- penghambat saluran kalsium,

- antihistamin,

- obat penghilang rasa sakit,

- obat penenang, dan

- antidepresan.

5. Penyebab asam lambung naik adalah kehamilan.

6. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi kafein.

7. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi alkohol.

8. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi makanan berlemak.

9. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi makanan pedas.

10. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi tomat dan saus tomat.

11. Penyebab asam lambung naik adalah konsumsi bawang merah dan bawang putih.

12. Penyebab asam lambung naik adalah makan dalam jumlah banyak.

13. Penyebab asam lambung naik adalah berbaring dalam waktu 2-3 jam setelah makan.

14. Penyebab asam lambung naik adalah mengkonsumsi cokelat, minuman berkarbonasi, dan jus asam.

Berbagai penyebab asam lambung naik tersebut, sejalan dengan penjelasan dari praktisi dan dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito, Dr. dr. Neneng Ratnasari, SpPD dalam Bedah Buku Comprehensive Biomedical Science: Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas melansir dari situs website resmi Universitas Gajah Mada (UGM).

Penyebab asam lambung naik menurutnya, tidak selalu berhubungan dengan makanan atau gangguan pada lambung. Melainkan penyebab asam lambung naik adalah erat dengan kondisi stres dan kecemasan yang dialaminya.

Ia menceritakan bahwa sering menjumpai pasien dengan anatomi lambung cukup baik, tetapi sering mengalami kenaikan jumlah asam lambung, yang penyebab asam lambung naiknya tingkat kecemasan tinggi. Selain itu, penyebab asam lambung naik berhubungan pula dengan pola makanan seseorang.

“Setelah makan terus tidur terlentang justru melemahkan otot esofagus, makan terlalu terburu-buru, atau sering mengonsumsi makanan fast food. Pola makan juga diperbaiki. Jenis makanannya juga,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi dan Gejala Asam Lambung Naik

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik:

Apabila sudah memahami penyebab asam lambung naik yang sering dialami, kemudian pahami pula cara mengatasi asam lambung naik. Dalam penelitian berjudul Lifestyle intervention in gastroesophageal reflux disease oleh Eivind Ness-Jensen, dkk, cara mengatasi asam lambung naik bisa dengan mengubah gaya hidup.

Begini cara mengatasi asam lambung naik yang direkomendasikan:

1. Cara mengatasi asam lambung naik adalah memperbaiki postur tubuh, misalnya, duduk lebih tegak.

2. Cara mengatasi asam lambung naik adalah menjaga berat badan yang sehat.

3. Cara mengatasi asam lambung naik adalah berhenti merokok.

4. Cara mengatasi asam lambung naik adalah makan lebih banyak serat.

5. Cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari makan saat sudah larut malam.

6. Cara mengatasi asam lambung naik adalah meninggikan tempat tidur saat tidur.

Kemudian dalam penelitian berjudul A Comparison of Alkaline Water and Mediterranean Diet vs Proton Pump Inhibition for Treatment of Laryngopharyngeal Reflux oleh Craig H. Zalvan, dkk, baru-baru ini menunjukkan memilih mengonsumsi makanan yang sehat sama efektifnya dengan menggunakan penghambat pompa proton (PPI) sebagai cara mengatasi atau mengobati asam lambung naik.

Gejala Asam Lambung Naik:

Memahami gejala asam lambung naik akan membuat seseorang lebih mudah mewaspadai masalah pencernaan ini dan mampu segera mengatasinya. Ini gejala asam lambung naik yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Gejala asam lambung naik adalah rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti nyeri, kembung dan panas.

2. Gejala asam lambung naik adalah sering bersendawa.

3. Gejala asam lambung naik adalah gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual dan muntah.

4. Gejala asam lambung naik adalah nafsu makan yang turun karena perut selalu merasa kenyang.

5. Gejala asam lambung naik adalah perut terasa lapar tapi tidak nyaman bila makan.

6. Gejala asam lambung naik adalah tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.