Sukses

12 Cara Mengatasi Asam Urat, Pengobatan Rumahan yang Aman dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Dengan kombinasi obat-obatan serta pengobatan rumahan, dapat membantu menjaga asam urat dalam remisi. Asam urat merupakan salah satu  bentuk radang sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit serta ketidaknyamanan. Penyakit ini seringkali terjadi di area kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Cara mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan membuat perubahan pola makan, sehingga membantu mengurangi kadar purin.

Asam urat terjadi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat. Melansir dari Medical News Today, asam merupakan salah satu produk sampingan, ketika tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan. Cara mengatasi asam urat bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan, selain mengonsumsi obat - obatan. 

Ketika seseorang kelebihan asam urat, maka dapat membentuk kristal yang akan disimpan oleh tubuh di semua jaringan. Namun ketika kristal utama menumpuk di sekitar sendi juga di dalam sendi, dapat menyebabkan iritasi, peradangan hingga ketidaknyamanan. Cara mengatasi asam urat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah nutrisi seimbang.

Berikut ini cara mengatasi asam urat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Urat

1. Perbanyak minum air putih

Melansir dari laman Medical News Today, cara mengatasi asam urat bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Ketika seseorang menderita asam urat, maka  penderita akan mengalami pembengkakan serta peradangan yang terjadi secara signifikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air putih. 

Dengan meningkatkan konsumsi cairan maka ginjal juga dapat melepaskan kelebihan cairan, serta mengurangi pembengkakan yang terjadi pada penderita asam urat. Air putih merupakan obat terbaik untuk mengatasi gejala asam urat. Selain itu, cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal, juga merupakan pilihan yang baik. 

2. Kompres es ke sendi 

Cara mengatasi asam urat yang bisa dilakukan adalah kompres es yang dilapisi dengan kain ke sendi, hal ini membantu mengurangi peradangan terkait asam urat. Langkah yang dilakukan cukup mudah, hanya dengan mengoleskan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk membantu meredakan rasa sakit. 

3. Mengurangi stres

Salah satu cara mengatasi asam urat adalah mengurangi stres. Ketika seseorang mengalami tekanan atau stres, maka dapat meningkatkan gejala asam urat. Meskipun kondisi ini tidak selalu terjadi, namun ada baiknya jika menghilangkan stres dengan berolahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan, bermeditasi atau istirahat yang cukup.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Urat

4. Mengangkat sendi yang terkena

Asam urat juga bisa menyebabkan rasa sakit disertai bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi adalah dengan mengangkat sendi yang terkena. Dengan metode seperti ini, maka dapat mendorong darah dan cairan untuk menjauh dari sendi dan kembali ke jantung. 

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri 

Cara mengatasi asam urat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri dijual bebas seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve), mungkin bukan cara yang alami, namun obat ini adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengobati rasa sakit dan peradangan akibat asam urat. Namun perlu untuk diketahui bahwa tidak boleh mengambil lebih dari dosis yang dianjurkan.

6. Minum kopi

Cara mengatasi asam urat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Melansir dari sumber yang sama, beberapa orang percaya bahwa dengan minum kopi, dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Terdapat sebuah tinjauan dan meta-analisis 2016 yang menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak mengalami asam urat.

Analisis yang dilakukan lebih lanjut pada tahun 2019, menunjukan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko asam urat, dan dapat melakukan ini secara independen dari menurunkan kadar asam urat serum. Akan tetapi jika penelitian menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi serta risiko asam urat yang lebih rendah, bukan berarti bahwa kopi dapat menyebabkan risiko yang lebih rendah.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Urat

7. Konsumsi makanan seimbang

Cara mengatasi asam urat yang dilansir dari Medical News Today, dengan diet seimbang yang mengandung berbagai makanan padat akan nutrisi, serta diproses secara minimal dapat membantu untuk menurunkan kadar asam urat serta mengurangi risiko serangan asam urat. Diet nabati juga dapat memberikan manfaat secara khusus bagi penderita asam urat. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. 

8. Minum air lemon

Melansir dari sumber yang sama, cara mengatasi asam urat dapat diatasi dengan minum air lemon. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa dengan menambahkan jus dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari, maka hal ini membantu mengurangi asam urat. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

9. Membatasi asupan alkohol

Menurut Arthritis Foundation, cara mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan minum lebih dari dua minuman berbasis minuman keras atau dua bir per hari bisa meningkatkan risiko asam urat seseorang. Bir adalah minuman yang tinggi purin, sehingga menghindarinya bisa bermanfaat bagi penderita asam urat.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Urat

10. Penuhi kebutuhan serat

Cara mengatasi asam urat bisa dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat lebih banyak. Dengan memenuhi kebutuhan serat, dapat membantu tubuh untuk membuang asam urat. Serat juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah juga insulin. Serat cenderung meningkatkan rasa kenyang, serta membantu menurunkan risiko makan berlebihan. 

11. Biji seledri

Cara mengatasi asam urat bisa dilakukan dengan mengonsumsi biji seledri. Biji seledri kaya akan asam lemak dan Omega-6 juga minyak diuretik lainnya. Sebagai diuretik yang kuat, dapat membantu membersihkan sistem kelebihan cairan juga membantu merangsang ginjal untuk membuang asam urat. Daun seledri juga bisa menjadi diuretik yang baik untuk kesehatan. 

12. Menghindari daging tinggi purin

Cara mengatasi asam urat juga bisa dilakukan dengan menghindari beberapa daging mengandung purin dalam jumlah tinggi. Contoh daging yang tinggi purin adalah daging babi asap, daging rusa, daging organ, seperti hati, teri, ikan sarden, kerang, ikan haring dan masih banyak lagi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.