Sukses

Deskripsi Bagian Adalah Salah Satu Struktur Teks Deskripsi, Pahami Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Deskripsi bagian adalah salah satu struktur dari teks deskripsi. Teks deskripsi merupakan format teks yang paling sering digunakan ketika menjelaskan suatu benda atau objek secara terperinci. Deskripsi sendiri merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Tujuan dibuatnya teks deskripsi adalah untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Teks ini biasanya menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Deskripsi bagian adalah struktur teks deskripsi yang perlu kamu pahami. Struktur deskripsi sendiri terdiri dari tiga, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup. Jadi, deskripsi bagian ini sangat penting dipahami dalam teks deskripsi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022) tentang deskripsi bagian adalah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Teks Deskripsi

Sebelum mengenal deskripsi bagian adalah salah satu struktur dari teks deskripsi, kamu tentu perlu memahami apa itu teks deskripsi terlebih dahulu. Teks deskripsi adalah suatu teks yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis teks ini bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan). Teks ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan. Paragraf ini biasanya menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Gorys Keraf menjelaskan bahwa arti deskripsi adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek pembicaraan sehingga para pembaca seperti melihat sendiri objek tersebut secara langsung. Di dalam deskripsi penulis memindahkan kesan-kesannya, hasil pengamatan, perasaan, penyampaian sifat, dan rincian wujud yang ditemukan pada objek.

Menurut Henry Guntur Tarigan, teks deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Sementara itu, menurut menurut pemaparan dari Felicia Nuradi Utorodewo, pengertian deskripsi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya, dengan mengandalkan panca indera dalam proses penguraiannya.

3 dari 5 halaman

Struktur Teks Deskripsi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, deskripsi bagian adalah salah satu struktur teks deskripsi. Deskripsi bagian adalah struktur terpenting dalam teks deskripsi. Deskripsi bagian adalah salah satu struktur teks deskripsi, jadi kamu perlu memahami struktur lainnya. Berikut struktur teks deskripsi:

1. Identifikasi/Pernyataan Umum. Identifikasi adalah bagian awal yang berisi tentang gambaran umum objek yang akan menjadi topik bahasan.

2. Deskripsi Bagian. Deskripsi bagian adalah struktur teks deskripsi yang berisi tentang gambaran yang lebih terperinci dan mengembangkan gagasan utama dari gambaran umum. Deskripsi bagian adalah bagian yang dapat memberikan efek emosional kepada pembaca melalui apa yang dipaparkan dalam teks, seolah-olah pembaca bisa melihat, mendengar, dan merasakan sendiri apa yang dibaca.

3. Penutup/Kesan.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Selain deskripsi bagian adalah struktur dari teks deskripsi, kamu juga perlu memahami ciri-cirinya. Ciri-ciri paragraf deskiripsi adalah menggambarkan suatu benda, orang, makhluk, tempat, atau suasana tertentu. Berikut ciri-ciri teks deskripsi:

Ciri-Ciri Umum

1. Berisikan mengenai penjelasan atau penggambaran suatu objek.

2. Dalam menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, penulis harus memberikan detail dan terperinci sehingga tidak menimbulkan makna ganda bagi pembacanya. Dengan memberikan penjelasan yang terperinci, diharapkan pula pembaca bisa lebih mudah memahami penjelasan tersebut.

3. Dalam teks tersebut, pemaparan harus membuat pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengarkan, mengalami langsung, atau merasakan apa yang telah disajikan dalam teks. 

4. Penjelasan mengenai ukuran, warna, bentuk, hingga ciri fisik dari obyek tersebut harus dicantumkan. Sehingga pembaca memiliki bayangan terhadap objek yang dideskripsikan tanpa melihatnya terlebih dahulu. Cantumkan data berupa angka agar pembaca memiliki gambaran jelas.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi dari Segi Penggunaan Bahasa

1. Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.

2. Menggunakan kalimat rinci untuk menggambarkan objek.

3. Menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan objek (warna dirinci merah, kuning, hijau).

4. Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.

5. Menggunakan majas untuk memberikan gambaran lebih konkret.

5 dari 5 halaman

Jenis Teks Deskripsi

Berdasarkan objeknya, teks deskripsi dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

1. Teks deskripsi subjektif, adalah teks deskripsi yang penggambaran objeknya mengikuti kesan yang dimiliki oleh sang penulis teks. 

2. Teks deskripsi spasial, adalah teks deskripsi yang digunakan untuk menggambarkan objek meliputi benda, ruang, tempat, dan lain sebagainya.

3. Teks deskripsi objektif, adalah teks deskripsi yang dibuat berdasarkan kenyataan obyektif tanpa ada penambahan opini dari penulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.