Sukses

Hardware Adalah Peralatan Fisik Komputer, Kenali Fungsi dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Hardware adalah perangkat keras komputer. Perangkat keras pada komputer ini berkaitan dengan peralatan fisik komputer, yaitu peralatan yang memiliki bentuk fisik dan bisa disentuh. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Komputer memiliki dua jenis perangkat, yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Berbeda dengan hardware, software merupakan perangkat yang tidak memiliki bentuk fisik dan tak bisa disentuh.

Hardware adalah salah satu perangkat yang mendukung sistem komputer. Perangkat keras pada komputer tentunya sudah sangat familier bagi kamu, seperti monitor, CPU, mouse, keyboard, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022) tentang hardware adalah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hardware adalah

Hardware adalah istilah yang dikenal juga dengan sebutan perangkat keras dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hardware adalah perangkat dan peranti yang mendukung sistem komputer. Hardware adalah peralatan fisik (komputer dan sebagainya). Hardware adalah barang-barang yang terbuat dari logam (pesawat televisi, proyektor, dan peralatan lain) yang berkaitan dengan suatu sistem.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hardware adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer atau laptop, yang bagian fisiknya terlihat dan dapat disentuh. Fungsi utama hardware adalah untuk mengoperasikan komputer itu sendiri. Contoh hardware adalah RAM, CPU, monitor, keyboard, mouse, printer, dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis hardware yang terdiri dari media input (media masukkan), media pemroses, media output (media keluaran), media menyimpanan, dan media periferal. Contoh hardware berupa media input adalah keyboard dan mouse. Contoh hardware berupa media pemroses adalah prosesor sebagai pelaksana perintah. Contoh hardware berupa media output adalah monitor yang bisa menampilkan teks dari media masukan keyboard. Contoh hardware berupa media penyimpanan adalah harddisk yang berperan penting menyimpan data di sebuah komputer.Contoh hardware berupa media periferal yaitu modem.

3 dari 4 halaman

Fungsi Hardware

Hardware adalah perangkat komputer yang sangat penting perannya dalam mengoperasikan komputer. Fungsi hardware tentunya berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun, semua contoh hardware tersebut memiliki fungsi utama yang sama, di antaranya yaitu menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi atau data yang berada di dalam maupun di luar komputer.

Secara umum, fungsi hardware adalah sebagai berikut:

Menerima Input

Fungsi hardware adalah untuk menerima input. Ada beberapa hardware yang memiliki fungsi khusus untuk menerima input dari user. Dengan begitu, nantinya hardware akan memrosesnya menjadi informasi baru. Dalam hal ini, data yang diterima dari input akan dapat ditransfer pada output.

Memberi Output

Fungsi hardware adalah untuk memberikan output. Apabila sudah diproses menjadi informasi baru, hardware akan memberikan output pada user. Seluruh output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanisme inilah yang saling mempengaruhi antara output dan input.

Menyimpan Informasi atau Data

Berkat hardware, seluruh output yang dihasilkan oleh komputer bisa kamu simpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan ini dapat dilakukan tak hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, akan tetapi juga perangkat yang dipasang di luar komputer.

Mengolah Informasi atau Data

Hardware tertentu memiliki fungsi untuk mengolah data atau informasi oleh user, yang nantinya akan diproses menjadi informasi baru. Jadi, fungsi hardware adalah untuk mengolah data dan menjalankan proses pada sistem komputer.

4 dari 4 halaman

Contoh Hardware

Contoh harware adalah sebagai berikut:

- CPU (Central Processing Unit). CPU adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai pusat pengendali dan pemrosesan pada sebuah komputer. CPU yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer. CPU disebut juga otak dari komputer.

- Monitor. Monitor adalah hardware yang fungsinya mengeluarkan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh komputer. Keluaran dari monitor berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer.

- Keyboard. Keyboard adalah perangkat keras komputer yang fungsinya memasukan data berupa huruf, angka, maupun simbol tertentu. Keyboard sebagai macam perangkat keras komputer disebut sebagai papan ketik pada komputer.

- Mouse. Mouse adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor.

- RAM (Random Access Memory). Ram (Random Access Memory) adalah perangkat keras komputer yang fungsinya menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

- Harddisk. Harddisk adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai penyimpanan. Harddisk biasanya mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

- Power Supply. Power Supply adalah perangkat keras komputer yang fungsinya memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

- LAN Card (Local Area Network). LAN (Local Area Network) adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.

- Printer. Printer adalah perangkat keras komputer yang fungsinya mencetak data seperti gambar atau foto, dan tulisan pada media kertas.

- Scanner. Scanner adalah macam perangkat keras komputer dan fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Fungsi macam perangkat keras komputer ini adalah mengcopy data objek, lalu dipindahkan kedalam memory komputer, dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

- Speaker. Speaker adalah perangkat keras komputer yang fungsinya mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

- Flashdisk. Flashdisk adalah perangkat keras komputer yang fungsinya menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu.

- Headset. Headset adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.