Sukses

Fungsi Senam Lantai adalah Tingkatkan Kepercayaan Diri, Ketahui Kegunaan Lainnya

Berikut ini adalah sejumlah fungsi dari senam lantai dan ulasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi senam lantai adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hal itu mungkin terdengar mengada-ada, namun itu memang salah satu fungsi dan manfaat dari senam lantai jika dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh.

Tentu saja fungsi senam lantai adalah banyak, terutama untuk kesehatan. Penting untuk diketahui bahwa senam lantai hanya akan bermanfaat jika dilakukan dengan baik dan benar.

Yang jelas ada sejumlah gerakan dasar yang wajib diketahui dan dipraktikkan dengan baik. Fungsi senam lantai adalah untuk menjaga kesehatan, namun senam lantai juga perlu dilakukan dengan persiapan yang baik untuk menghindari cedera.

Untuk lebih mengenal manfaat dan fungsi senam lantai, berikut adalah ulasan lebih mendalam mengenai senam lantai, seperti yang telah dirangkum Liputan6.cm dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah senam Lantai

Senam lantai adalah cabang olahraga yang sudah ada sangat lama. Bahkan senam lantai sudah berkembang sejak zaman Yunani kuno. Masyarakat Yunani kala itu memang akrab dengan beragam olahraga senam, tak terkecuali senam lantai.

Senam lantai adalah gerakan yang dulunya digunakan sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga yang lebih berat. Seperti yang diketahui, orang Yunani memang kental dengan kompetisi olahraga berat seperti tinju, gulat, pentathlon, dan balap kereta.

Seiring dengan berjalannya waktu, senam lantai semakin berkembang dan mulai mengalami banyak perubahan. Tokoh utama dalam perkembangan awal senam lantai adalah Adolf Spiess (1810-1858) dan Justus Carl Lion (1829-1901). Kedua tokoh tersebut berperan dalam mengembangkan disiplin senam lantai.

Mereka mengembangkan gerakan dalam senam lantai dengan mengadopsi berbagai gerakan senam, utamanya senam akrobatik, untuk dijadikan sebagai dasar gerakan senam lantai.

Senam lantai adalah cabang olahraga yang juga dikenal di Indonesia sejak lama, tepatnya pada tahun 1912. Senam lantai adalah cabang olahraga yang masuk di Indonesia melalui angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H. F. Minkema. Dia merupakan sosok penting yang menyebarluaskan disiplin senam tersebut di Tanah Air.

Menurut laporan, Minkema mengajarkan olahraga senam, termasuk senam lantai di sekolah-sekolah milik Belanda. Karena itu, senam lantai adalah olahraga yang bertumbuh kian pesat hingga berujung pada dibentuknya Persatuan Senam Indonesia (Persani) pada 14 Juli 1963.

3 dari 5 halaman

Persiapan

Seperti yang telah dibahas secara singkat sebelumnya, persiapan sangat penting dalam melakukan senam lantai. Persiapan penting untuk dilakukan untuk menghindari risiko cedera. Oleh karena itu, sebelum melakukan olahraga senam lantai, penting untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Gunakan matras karena perlengkapan ini sangat penting saat melakukan teknik apa pun dalam olahraga senam lantai.

2. Letakkan matras di atas permukaan lantai yang datar.

3. Pastikan matras berada pada posisi yang tepat.

4. Sekitar area matras pastikan tidak ada benda yang dapat membahayakan saat melakukan pendaratan.

5. Sebelum melakukan teknik senam lantai, biasakan dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu.

6. Dalam melakukan olahraga senam lantai dimulai dari teknik paling dasar, menengah hingga teknik paling sulit.

7. Ketika melakukan senam lantai harus ada pengawasan, guru atau pelatih yang sudah ahli dalam melakukan teknik senam lantai.

4 dari 5 halaman

Gerakan Senam Lantai

Fungsi senam lantai adalah untuk melatih kelenturan dan kekuatan otot. Fungsi dan manfaat tersebut bisa hadir tentu saja berkat gerakan-gerakan yang terdapat pada senam lantai.

Senam lantai adalah cabang olahraga yang melibatkan sejumlah macam gerakan yang dilakukan di permukaan lantai. Pesenam juga dapat menciptakan kreasi dari gerak dasar senam lantai. Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan di senam lantai, yang umum diketahui adalah gerakan roll depan dan roll belakang. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

1. Roll Depan (Forward Roll)

Forward roll merupakan gerak dasar senam lantai yang mengharuskan pesenam berguling ke depan dengan memanfaatkan tubuh bagian atas belakang, seperti tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul belakang. Gerakan guling depan (forward roll) dapat dilakukan dengan dua awalan, yakni awalan berdiri dan awalan jongkok.

2. Roll Belakang (Back Roll)

Kebalikan dari forward roll, back roll merupakan gerak dasar menggulingkan badan ke belakang. Ketika melakukan gerakan ini, upayakan tubuh berada dalam posisi membulat dengan kaki yang terlipat, lutut melekat pada dada, dan kepala tunduk hingga dagu menyentuh dada.

3. Guling Lenting

Menurut modul resmi Kemdikbud, guling lenting merupakan gerakan melentingkan badan ke bagian atas-depan dengan memanfaatkan lemparan kaki dan tolakan tangan. Gerak dasar guling lenting dalam senam lantai dapat dilakukan dengan dua tumpuan, yakni tengkuk dan kepala.

4. Kayang

Kayang merupakan gerak dasar senam lantai yang mengharuskan seseorang untuk meregangkan dan mengangkat perut serta panggul dalam posisi terbalik.

Gerak dasar ini berfokus untuk menempatkan kaki lebih tinggi, sehingga menghadirkan tekanan pada bahu dan sedikit bagian pinggang. Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, gerak dasar kayang umumnya bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tubuh pesenam.

5. Hand Stand

Hand stand dalam senam lantai dapat diartikan sebagai gerakan berdiri menggunakan tangan sebagai tumpuan. Saat melakukan teknik ini, pesenam harus memastikan siku berada pada posisi lurus ke atas.

Landasan yang keras juga harus digunakan ketika melakukan hand stand. Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, landasan tersebut berguna untuk memudahkan pesenam mengambil tumpuan yang seimbang.

6. Head Stand

Hand stand merupakan gerak dasar senam lantai yang mengharuskan pesenam mengambil sikap tegak dengan bertumpu pada kepala, telapak tangan, dan siku yang tertekuk. Mirip dengan hand stand, gerakan ini juga idealnya dilakukan di atas landasan, sehingga memudahkan pesenam saat mengambil tumpuan.

7. Lompat harimau (tiger sprong)

Lompat harimau yang dikenal pula dengan tiger sprong adalah salah satu gerakan dalam senam lantai. Pada dasarnya, gerakan lompat harimau adalah gerakan pengembangan dari gerakan roll depan, di mana pesenam akan mengambil ancang-ancang dengan berlari, kemudian melompat dan berguling  ke depan dengan memanfaatkan tubuh bagian atas belakang, seperti tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul belakang.

5 dari 5 halaman

Fungsi dan Manfaat Senam Lantai

Fungsi senam lantai adalah untuk membangun komponen tubuh. Hal itu tak lepas dari gerakan-gerakan yang ada di dalam senam lantai. Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, olahraga senam lantai bermanfaat untuk membangun komponen fisik dalam tubuh. Dengan mempraktikkan gerakan senam lantai, seseorang dapat memperoleh kekuatan, kelenturan, kelincahan, serta keseimbangan.

Membangun Kelenturan Tubuh

Seseorang yang rutin melakukan olahraga senam lantai umumnya memiliki fleksibilitas tubuh yang baik. Pasalnya, otot tubuh dituntut untuk bersikap lentur guna mengikuti gerakan dalam olahraga senam lantai.

Kelenturan tubuh pada gilirannya juga akan memberi berbagai manfaat tambahan bagi pesenam. Pesenam lantai menjadi tidak mudah lelah, jarang merasa nyeri, dan terhindar dari risiko cedera jika memiliki tubuh yang lentur. Kesimpulannya, senam lantai adalah olahraga yang bermanfaat untuk membangun kelenturan tubuh.

Menguatkan Tulang

Tak hanya melatih kelenturan, senam lantai juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Seperti yang telah diketahui, gerakan dalam senam lantai tak jarang membuat seseorang harus menahan beban tubuhnya sendiri.

Latihan beban inilah yang memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Meski demikian, perlu diingat bahwa manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika seseorang melakukan senam lantai secara rutin.

Senam lantai juga baik dilakukan oleh remaja. Pasalnya, kepadatan tulang pada usia tersebut sedang dibentuk hingga kapasitas maksimal. Dengan mempraktikkan senam lantai sejak dini, seseorang dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis di hari tua. Kesimpulannya, senam lantai adalah olahraga yang bermanfaat untuk menguatkan tulang.

Melatih Kekuatan Otot

Senam lantai memiliki berbagai gerakan yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot. Pasalnya, gerakan-gerakan dalam olahraga tersebut kerap melibatkan seluruh otot tubuh.

Gerakan push-up berguna untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan lengan. Roll depan bermanfaat bagi otot dada dan tulang belakang. Sementara itu, sikap lilin, kayang, dan handstand berguna untuk melatih otot tubuh serta paha. Kesimpulannya, senam lantai adalah olahraga yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot.

Menurunkan Risiko Penyakit Serius

Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang, sehingga menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit serius seperti asma, kanker, dan diabetes.

Olahraga senam lantai juga bermanfaat untuk membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru jika dilakukan secara rutin. Meski demikian, seseorang perlu menyeimbangkan asupan makanan demi memperoleh manfaat yang maksimal dari senam lantai. Kesimpulannya, senam lantai adalah olahraga yang bermanfaat untuk menurunkan risiko terserang penyakit serius.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dilansir dari modul resmi Kemdikbud, olahraga senam lantai juga dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, berbagai aktivitas dalam senam lantai menuntut adanya kepercayaan diri yang besar dari pesenam.

Contohnya saat melakukan gerakan meroda. Kurangnya keberanian dan kepercayaan diri akan berakibat pada tidak sempurnanya gerakan meroda. Di samping itu, pesenam juga rentan mengalami cedera jika melakukan gerakan dengan ragu-ragu. Kesimpulannya, senam lantai adalah olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.