Sukses

12 Penyebab Saraf Kejepit, Banyak di Antaranya Tidak Disadari

Beriukut adalah adalah daftar penyebab saraf kejepit dan faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terjadinya.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab saraf kejepit, salah satunya adalah cedera. Saraf kejepit sendiri adalah kondisi di mana saraf dan jaringan di sekitarnya mengalami tekanan.

Penyebab saraf kejepit biasanya disebabkan oleh tekanan dari tulang, tulang rawan, otot atau tendon. Demikian seperti dilansir dari Mayo Clinic. Tekanan tersebut kemudian menimbulkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa, dan alat gerak menjadi semakin lemah.

Saraf kejepit juga dapat terjadi di hampir semua anggota tubuh. Area tulang belakang bagian bawah juga bisa memberikan tekanan pada jaringan saraf di sekitarnya sehingga menjadi penyebab saraf kejepit.

Akibatnya, timbul rasa sakit yang menjalar ke bagian belakang kaki Anda. Demikian juga, saraf terjepit di pergelangan tangan Anda dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di tangan dan jari Anda.

Saraf kejepit biasanya dapat pulih dalam beberapa minggu dengan melakukan istirahat secara intensif. Namun ada beberapa kasus saraf kejepit di mana diperlukan proses pembedahan untuk memulihkan saraf kejepit.

Berikut adalah penjelasan lebih mendalam mengenai penyebab saraf kejepit, mulai dari penyebab saraf kejepit dan penanganannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala Saraf Kejepit

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa saraf kejepit merupakan kondisi di mana saraf dan jaringan di sekitarnya mendapatkan tekanan dari organ tubuh lainnya, seperti tulang, tulang rawan, dan otot. Hal ini kemudian menimbulkan rasa sakit di sebagian tubuh. Timbulnya rasa sakit ini merupakan salah satu gejala dari saraf kejepit.

Namun penting untuk diketahui, rasa sakit yang timbul ini tidak selalu menjadi gejala dari saraf kejepit. Oleh Karena itu, penting untuk mengetahui gejala saraf kejepit lainnya untuk lebih memastikan apakah yang terjadi adalah saraf kejepit atau kondisi medis lainnya.

Tanda dan gejala saraf terjepit antara lain:

a. Mati rasa atau penurunan sensasi di area yang disuplai oleh saraf

b. Rasa sakit yang tajam, sakit atau terbakar, yang dapat menyebar ke luar

c. Sensasi kesemutan, kesemutan (paresthesia)

d. Kelemahan otot di daerah yang terkena

e. Sering merasa bahwa kaki atau tangan seperti lumpuh

f. Masalah yang terkait dengan saraf terjepit mungkin lebih buruk saat Anda tidur.

3 dari 5 halaman

Penyebab Saraf Kejepit dan Faktor Risiko

Seperti yang dibahas sebelumnya, penyebab saraf kejepit adalah tekanan pada jaringan saraf oleh organ tubuh lainnya, seperti tulang atau otot.

Dalam beberapa kasus, tulang atau tulang rawan dapat menjadi penyebab saraf kejepit, seperti pada kasus herniasi diskus tulang belakang yang menekan akar saraf. Dalam kasus lain, otot atau tendon dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Selain itu masih ada hal lain yang bisa menjadi penyebab saraf kejepit, antara lain sebagai berikut:

a. Cedera

b. Rheumatoid atau radang sendi pergelangan tangan

c. Stres dari pekerjaan yang berulang

d. Hobi atau kegiatan olahraga

e. Kegemukan

Jika saraf kejepit hanya terjadi dalam waktu singkat, biasanya tidak ada kerusakan permanen. Setelah tekanan berkurang, fungsi saraf kembali normal. Namun, jika tekanan berlanjut, nyeri kronis dan kerusakan saraf permanen dapat terjadi.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya saraf kejepit. Berikut adalah faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya saraf kejepit:

a. Seks. Wanita lebih mungkin mengembangkan sindrom terowongan karpal, mungkin karena memiliki terowongan karpal yang lebih kecil.

b. Taji tulang. Trauma atau kondisi yang menyebabkan penebalan tulang, seperti osteoarthritis, dapat menyebabkan taji tulang. Taji tulang dapat mengeraskan tulang belakang serta mempersempit ruang di mana saraf Anda berjalan, mencubit saraf.

c. Artritis reumatoid. Peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis dapat menekan saraf, terutama pada persendian Anda.Penyakit tiroid. Orang dengan penyakit tiroid memiliki risiko lebih tinggi terkena sindrom terowongan karpal.

d. Diabetes. Orang dengan diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi dari kompresi saraf.

c. Pekerjaan yang berulang. Pekerjaan atau hobi yang membutuhkan gerakan tangan, pergelangan tangan atau bahu yang berulang, seperti pekerjaan perakitan, meningkatkan kemungkinan saraf terjepit.

e. Kegemukan. Kelebihan berat badan dapat menambah tekanan pada saraf.

f. Kehamilan. Air dan penambahan berat badan yang terkait dengan kehamilan dapat membuat jalur saraf membengkak, menekan saraf Anda.

g. Terlalu lama tidur. Terlalu lama berbaring dapat meningkatkan risiko saraf kejepit.

4 dari 5 halaman

Langkah Pencegahan

Ada banyak faktor risiko dan penyebab saraf kejepit. Meski demikian ada sejumlah langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi risiko dan mencegah terjadinya saraf kejepit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya saraf kejepit:

a. Pertahankan posisi yang baik. Artinya, jangan menyilangkan kaki atau berbaring di satu posisi untuk waktu yang lama.

b. Lakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas ke dalam program olahraga rutin Anda.

c. Batasi aktivitas berulang dan sering-seringlah beristirahat saat melakukan aktivitas ini.

d. Jaga berat badan.

5 dari 5 halaman

Penanganan

Perawatan yang paling sering direkomendasikan untuk saraf terjepit adalah mengistirahatkan bagian tubuh yang terdampak saraf kejepit. Dokter meminta menghentikan aktivitas apa pun yang menyebabkan atau memperburuk gejala saraf kejepit.

Tergantung pada lokasi saraf terjepit, beberapa alat bantu medis mungkin diperlukan untuk mengistirahatkan area yang terdampak. Jika Anda memiliki sindrom terowongan karpal, dokter Anda mungkin menyarankan untuk memakai belat di siang hari maupun di malam hari karena pergelangan tangan sering bergerak saat tidur.

Terapi

Latihan dan terapi dapat memperkuat dan meregangkan otot-otot di daerah yang terkena untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Obat-obatan

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau naproxen sodium (Aleve), dapat membantu meredakan nyeri. Antikonvulsan, seperti gabapentin (Neurontin) dan obat trisiklik seperti nortriptyline (Pamelor) dan amitriptyline sering digunakan untuk mengobati nyeri terkait saraf.

Kortikosteroid, yang diberikan melalui mulut atau suntikan, dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan peradangan.

Operasi

Jika saraf terjepit tidak membaik setelah beberapa minggu hingga beberapa bulan meski telah dilakukan sejumlah perawatan, dokter biasanya akan merekomendasikan operasi untuk menghilangkan tekanan pada saraf. Jenis operasi bervariasi tergantung pada lokasi saraf terjepit.

Pembedahan mungkin memerlukan pengangkatan taji tulang atau bagian dari disk hernia di tulang belakang, atau memutuskan ligamen karpal untuk memberikan lebih banyak ruang bagi saraf untuk melewati pergelangan tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.