Sukses

13 Cara Mengatasi Stres Menurut Psikologi, Terbukti dalam Penelitian

Kumpulan cara mengatasi stres menurut psikologi

Liputan6.com, Jakarta - Cara mengatasi stres menurut psikologi, bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Mengalami stres adalah wajar bagi setiap manusia atau individu yang hidup di dunia. Ini mengapa stres menjadi penting dikelola karena ia sulit dihindari.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mengatasi stres menurut psikologi ada tiga belas. Cara mengatasi stres menurut psikologi bisa dimulai dengan memahami penyebab stres, menenangkan diri, menyempatkan pergi ke alam, mencoba bersosialisasi, hingga memperbaiki gaya hidup.

Cobalah berbagai macam cara mengatasi stres menurut psikologi ini. Meski akan sulit dimulai, tetapi prosesnya akan lebih mudah dilakukan dan menyenangkan daripada menghadapi dampak buruk dari stres itu sendiri. Stres tidak hanya memengaruhi kejiwaan tetapi kesehatan fisik juga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara mengatasi stres menurut psikologi dan penjelasannya, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres Menurut Psikologi

Cara mengatasi stres menurut psikologi ini penting diketahui. Mengingat dampak buruknya tidak hanya membuat individu sulit menemukan kebahagiaannya. Apa dampak buruk stres bagi manusia?

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI dalam keterangan tertulisnya menjelaskan dampak buruk stres tidak hanya berdampak pada kejiwaan, tetapi berdampak pula pada kesehatan fisik seseorang.

Mulai dari rambut rontok, bibir sariawan dan kering, masalah sesak napas, mengalami masalah otak (insomnia, sakit kepala, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, dan depresi), kulit lebih sensitif, mengalami gangguan jantung, saluran cerna, otot, masalah pankreas, hingga organ reproduksi.

Inilah mengapa sangat penting mengetahui cara mengatasi stres menurut psikologi. Apalagi stres adalah masalah yang pasti dialami semua orang dan tidak terelakan kecuali mampu dikendalikan oleh diri sendiri.

Cara mengatasi stres menurut psikologi bisa dimulai dengan enam langkah sederhana, melansir dari Psikologi Today sebagai berikut:

1. Identifikasi Penyebab Stres

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mengidentifikasi penyebab stres atau mencaritahunya. Buatlah daftar faktor-faktor yang selama ini banyak memengaruhi kehidupan.

Kemudian cara mengatasi stres menurut psikologi adalah buatlah solusi yang bisa dijadikan upaya melupakan masalah tersebut. Ini akan menjadi cara mengatasi stres menurut psikologi yang efektif pada setiap orang, jika mereka bisa mengenali diri sendiri dengan baik.

2. Berhenti Menunda

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah berhenti menunda segala sesuatu. Ini adalah cara mengatasi stres menurut psikologi guna mengurangi atau meredakan tekanan-tekanan dalam kehidupan. Secara tidak sadar, menunda pekerjaan akan memengaruhi stres seseorang.

3. Mengendalikan Pengeluaran

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mulailah dengan mengendalikan pengeluaran. Secara sederhana, mulailah melek finansial atau memahami manajemen keuangan pribadi yang benar. Menurut psikologi, ini cara mengatasi stres yang cukup efektif.

4. Menghindari Pelarian Negatif

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah menghindari segala bentuk pelarian negatif. Ketika sedang stres, mayoritas individu akan tergoda untuk beralih ke makan berlebihan, belanja, atau penyalahgunaan zat.

Mereka yang melakukan hal-hal tersebut, akan berdalih hanya itu yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati. Meski demikian, sebenarnya kacamata psikologi melihatnya sebagai sesuatu yang akan menyebarkan hal negatif sepanjang hidup.

5. Bersosialisasi atau Keluar dari Zona Nyaman

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mulailah dengan bersosialisasi. Studi menunjukkan, hubungan yang mendukung sangat penting untuk meningkatkan cara individu mengalami dan memproses stres.

Faktanya, kesepian tidak hanya terkait dengan depresi, tetapi juga masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penurunan kognitif. Studi lain menunjukkan orang yang terlibat dalam komunitas agama cenderung memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah.

6. Merawat Tubuh dengan Baik

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah jangan ragu untuk mulai komitmen merawat tubuh dengan baik. Mulailah cara mengatasi stres menurut psikologi, seperti makan dengan benar, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur.

Meski akan sulit memulainya, tetapi dampaknya pada pengelolaan stres luar biasa. Ini akan menghilangkan perasaan stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan memberi energi pada tubuh, otak, dan emosi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres Menurut Psikologi

Apalagi yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi stres menurut psikologi? Melansir dari Health Line, begini cara mengatasi stres menurut psikologi:

7. Mencari Keseimbangan

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mencari keseimbangan hidup. Penting untuk mengatur sebagian waktu untuk bisa sibuk dengan nyaman tanpa kewalahan. Bekerja keras tidak sama dengan bekerja secara efisien. Itu artinya,bekerja terlalu banyak bisa menurunkan produktivitas.

8. Bersandarlah pada Orang yang Dipercaya

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah bersandar pada orang yang dipercaya. Baik itu teman, pasangan, atau orang tua. Sebelum tingkat stres meningkat, hubungi seseorang yang dipercayai, terutama untuk berbagai kekhawatiran dalam hidup.

9. Makan Makanan Seimbang dan Teratur

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mengonsumsi makanan secara seimbang dan teratur. Dalam hal mengelola stres, nutrisi yang tepat adalah teman yang harus dipercayai.

Melewatkan makan dapat menurunkan gula darah, yang dapat menekan suasana hati. Dalam beberapa kasus, ini juga dapat memicu perasaan marah dan frustrasi yang intens.

10. Berolahraga Secara Teratur

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah lakukan olahraga secara teratur. Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi tingkat stres. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin. Hormon perasaan baik ini dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan.

Kemudian dilengkapi pula dari American Psychological Association (APA), cara mengatasi stres menurut psikologi yang bisa dilakukan sebagai berikut:

11. Luangkan Waktu Sejenak di Alam

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mau meluangkan waktu sejenak di alam. Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang dilakukan di beberapa negara, bahwa ruang hijau meningkatkan suasana hati.

Ini termasuk menyaksikan video tentang alam, dapat mempercepat pemulihan dari stres dibandingkan dengan video pemandangan perkotaan. Meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan alam, termasuk dalam bentuk taman kota yang ramai dapat memfokuskan kembali dan menenangkan pikiran.

12. Cukupkan Waktu Tidur

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah mencukupkan waktu tidur. Stres di siang hari memengaruhi tidur di malam hari. Paling buruk lagi, kehilangan waktu tidur dapat memengaruhi kognisi dan suasana hati.

Bagaimana cara tidur yang lebih baik sebagai cara mengatasi stres menurut psikologi?

Cobalah untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten. Meditasi dan relaksasi dapat membantu mengatasi insomnia. Hindari kafein dan alkohol di sore dan malam hari. Hindari alat elektronik sebagai cara mengatasi stres menurut psikologi, karena cahaya biru dapat menekan hormon melatonin yang membuat mengantuk.

13. Melakukan Meditasi

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah melakukan meditasi. Sebuah badan penelitian menunjukkan meditasi mindful dapat mengurangi stres dan kecemasan psikologis, ini termasuk program meditasi mindfulness jangka pendek berhasil.

Cara mengatasi stres menurut psikologi, mulailah dengan menyisihkan lima menit di tempat yang tenang untuk duduk dan bernapas. Fokus pada saat ini, jika pikiran menyimpan mengganggu, akui mereka dan kemudian lepaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.