Sukses

12 Cara Mengobati Mata Ikan, Dengan Garam Hingga Batu Apung

Cara mengobati mata ikan, mulai dengan menggunakan garam epsom hingga menggunakan batu apung.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati mata ikan bisa dilakukan dengan melalui jalur medis maupun dengan menggunakan bahan alami, hal ini tergantung dari tingkat keparahan mata ikan yang dialami dan preferensi dari penderita. Mata ikan sendiri merupakan kondisi yang mirip seperti kapalan, namun disertai dengan rasa sakit setiap kali mata ikan mendapat tekanan.

Mata ikan adalah area kulit yang keras dan menebal yang terbentuk akibat gesekan atau tekanan pada kulit yang kemudian membentuk kapalan. Kapalan yang terus menumpuk dan menebal kemudian menimbulkan rasa sakit pada kulit setiap kali tersentuh. Hal inilah yang membuat mengetahui cara mengobati mata ikan perlu diketahui oleh banyak orang.

Menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit saat berjalan, penting untuk mengetahui cara mengobati mata ikan sesegera mungkin. Hal ini karena jika tidak segera diatasi, mata ikan dapat berkembang menjadi iritasi yang dapat membahayakan terutama bagi penderita diabetes.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang berbagai cara mengobati mata ikan serta cara mencegahnya, Selasa (6/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan

1. Garam epsom

Cara mengobati mata ikan yang pertama adalah dengan menggunakan garam Epsom. Menambahkan garam Epsom ke bak mandi air hangat dapat membantu mengobati mata ikan. Garam epsom dapat membantu melunakkan kapalan pada mata ikan sebagai persiapan untuk perawatan lain, tambahkan segenggam garam Epsom ke dalam bak mandi atau baskom berisi air hangat, lalu rendam kulit yang terkena selama 10 menit.

 

2. Batu apung

Batu apung adalah batu ringan dan berpori yang banyak digunakan orang untuk mengelupas kulit mati dan kapalan. Batu-batu ini bekerja paling baik setelah seseorang melembutkan kulitnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan merendam area yang terdapat mata ikan dan kapalan dalam air hangat selama 5-10 menit sebelum menggunakan batu.

Menambahkan garam Epsom ke dalam air dapat meningkatkan hasil yang lebih baik. Setelah kulit melunak, gunakan gerakan melingkar atau sisi ke sisi yang lembut dengan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati. Anda mungkin perlu melakukan eksfoliasi selama beberapa hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

3. File kaki

File kaki adalah alat lain untuk pengelupasan kulit. Sebuah file biasanya memiliki jeruji logam dan pegangan karet atau plastik. Seperti halnya batu apung, yang terbaik adalah melembutkan kulit kapalan dengan air hangat sebelum menggunakan kikir. Banyak orang menggunakan kikir kaki saat berendam atau mandi. Setelah mengikis kalus, menggunakan pelembab dapat membantu menjaga kulit tetap lembut.

 

4. Krim pengelupasan kulit

Krim pengelupasan dapat mengangkat sel kulit mati. Alih-alih pengelupasan kulit secara manual, seseorang dapat memilih untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dengan krim atau lotion pengelupasan.

Produk yang mengatasi kapalan biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat, urea, atau ammonium laktat. Anda mungkin perlu menerapkan ini setiap hari untuk mendorong pengelupasan sel-sel kulit yang menumpuk. Seiring waktu, kulit akan melunak, dan kapalan serta mata ikan menjadi kurang terlihat.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan

5. Pasta soda kue

Cara mengobati mata ikan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta soda kue. Pasta soda kue adalah alternatif krim pengelupasan kulit komersial. Untuk menyiapkannya, campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya hingga berbentuk pasta, lalu tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Oleskan pasta ke area kapalan, dan tutupi dengan kaus kaki, sarung tangan, atau perban kasa. Ulangi aplikasi ini setiap malam sampai mata ikan hilang.

 

6. Krim pelembut kulit

Coba oleskan krim pelembab berat atau petroleum jelly, seperti Vaseline, ke area kapalan dan biarkan semalaman. Ini dapat membantu melembutkan kapalan dan mencegah kulit mengering. Mengenakan sarung tangan atau kaus kaki katun setelah pelembab juga dapat membantu melindungi area tersebut dan mengunci kelembaban saat tidur.

 

7. Bantal pelindung

Mengurangi gesekan atau tekanan yang menyebabkan kalus dapat mendorong area tersebut untuk sembuh secara alami. Bantalan clavus adalah jenis perban empuk yang dapat melindungi atau mencegah kapalan. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan banyak yang telah dirancang untuk kaki. Jika mata ikan ada di tangan, mengenakan sarung tangan pelindung atau empuk juga dapat membantu melindungi area mata ikan.

 

8. Sisipan sepatu

Mata kaki juga dapat disebabkan karena ukuran sepatu yang tidak pas, sehingga membuat kulit kaki sering bergesekan dengan bahan sepatu yang kasar. Jika anda memiliki kelainan bentuk kaki yang mendasarinya, penyedia layanan kesehatan seperti apotik mungkin meresepkan sisipan sepatu empuk yang dibuat khusus (orthotics) untuk mengatasi dan mencegah mata ikan muncul.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan

9. Bawang putih

Cara mengobati mata ikan di kaki berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih ini. Caranya cukup dengan memotong bawang putih yang masih segar dan gosokkan pada mata ikan selama satu menit. Kemudian tutup area yang terdapat mata ikan dengan perban yang diisi dengan bawang putih yang ditumbuk.

 

10. Aspirin

Campuran spirin, air lemon, dan air dapat digunakan untuk mengobati masalah mata ikan. Caranya adalah dengan menghaluskan enam tablet aspirin, tambahkan sedikit air dan air lemon. Oleskan ramuan itu pada mata ikan dan bungkus kaki dengan kantong plastik dan handuk hangat di sekitarnya. Diamkan selama 15 menit sebelum dicuci bersih, perawatan ini perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapat hasil yang diinginkan.

 

11. Kompres es batu

Kerap kali menimbulkan rasa sakit, cara mengobati mata ikan di kaki yang terasa nyeri dan bengkak adalah dengan memberikan kompres dingin di area mata ikan. Caranya cukup dengan membungkus es batu menggunakan kain bersih. Setelah itu, letakkan bungkusan es batu ke bagian tubuh yang terdapat mata ikan selama 10-20 menit.

 

12. Cuka sari apel

Cara mengobati mata ikan yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel dapat membantu melembutkan dan menyingkirkan mata ikan. Caranya dengan merendam daerah yang terkena mata ikan di dalam larutan berisi cuka sari apel selama 25 menit. Gosok dengan batu apung dan kemudian bungkus dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Mata Ikan

Cara Mencegah Mata Ikan

Mencuci kaki setiap hari dan mengeringkan secara menyeluruh dapat mencegah kapalan dan mata ikan. Kapalan terjadi akibat tekanan atau gesekan yang berlebihan pada kulit. Mengambil langkah-langkah untuk mengatasi penyebab yang mendasari dapat membantu mengurangi kemungkinan kapalan kembali.

Cara mencegah kapalan dan mata ikan antara lain dengan cara:

- Mencuci kaki dengan sabun dan air setiap hari, lalu mengeringkannya secara menyeluruh dan mengoleskan krim pelembab

- Memakai sepatu yang pas, karena sepatu yang terlalu ketat atau hak tinggi dapat meningkatkan gesekan

- Menggunakan bantalan gel atau sisipan busa di sepatu untuk mencegah tekanan berlebih pada kulit

- Mengenakan sarung tangan pelindung saat melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan kapalan, seperti berkebun, menggunakan alat, mengangkat benda berat, atau mengendarai sepeda

- Hindari sepatu dengan ukuran kaki yang ketat atau yang bergesekan dengan kaki dengan tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.