Sukses

Cara Memakai Sumpit yang Benar, Lengkap dengan Etika Penggunaannya

Cara memakai sumpit yang benar, wajib disimak.

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai sumpit akan susah untuk digunakan bagi pemula. Namun jika sering berlatih, maka Anda juga akan terbiasa. Sekarang banyak restoran cepat saji yang menyiapkan peralatan makan seperti sumpit dan bukan sendok atau garpu, terutama yang mengolah bahan dasar mi.

Perlu diketahui bahwa cara memakai sumpit pertama kali digunakan di Negara Cina sejak 1200 sebelum masehi. Melansir dari laman history.com, awal sumpit digunakan, memiliki bahan dasar yang cukup sederhana. Namun sekarang, dengan keragaman budaya yang ada serta berbeda, membuat sumpit hadir dengan gaya dan bahan dasar yang berbeda. 

Cara memakai sumpit akan lebih cocok dipakai dengan beberapa jenis makanan pokok Asia seperti mie, nasi dan makanan lain yang memungkinkan untuk dicapit menggunakan sumpit. Untuk pemula yang kesulitan dalam menggunakan sumpit, maka cari sumpit yang menggunakan engsel pembantu. 

Berikut ini cara memakai sumpit yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memakai Sumpit

Adapun cara mudah untuk memakai sumpit dengan benar:

- Ambil sumpit yang bersih, kemudian pegang dan tempatkan salah satu sumpit di antara jempol dan jari telunjuk juga jari tengah.

- Selanjutnya jempol diletakan harus menyentuh sisi samping jaring telunjuk.

- Pastikan agar sisi bagian atas hanya tersisa 1 cm sumpit dari buku jari telunjuk.

- Pegang kedua sumpit, hingga membentuk huruf ‘V’ di antara jari telunjuk dan jempol.

- Selanjutnya, letakkan bagian sumpit kedua pada jempol dan jari manis. 

- Gerakkan serta pastikan agar ujung sumpit bisa saling sentuh, untuk menjepit makanan.  

- Hanya gerakkan satu sumpit yang berada di depan.

3 dari 4 halaman

Etika dalam Menggunakan Sumpit

1. Jangan menggosok sumpit

Ketika menggosok sumpit secara bersama-sama, maka akan dianggap sebagai penghinaan ketika berada di Jepang. Karena dengan melakukan hal itu, maka Anda mencoba menyingkirkan serpihan karena harganya yang murah.

2. Jangan memasukkan sumpit ke dalam makanan 

Jangan menancapkan sumpit dengan keadaan tegak lurus di makanan Anda saat berada di tempat mana pun, karena hal ini dianggap sebagai kurangnya rasa hormat. 

3. Jangan memberikan makanan ke sumpit lain

Jangan juga memindahkan makanan dari sumpit Anda ke sumpit orang lain, karena hal seperti ini akan dianggap tidak sopan. Maka letakkan makanan di piring atau mangkuk agar orang lain bisa mengambilnya.

4. Jangan gunakan satu sumpit

Jangan menusuk makanan Anda dengan satu sumpit, tetapi gunakan dua sumpit saat sedang makan. 

5. Jangan biarkan sumpit disilangkan di mangkuk 

Jangan meletakkan sumpit  di mangkuk, namun letakkan dengan rapi berdampingan di samping piring atau mangkuk.

6. Jangan menunjuk dengan sumpit Anda

Ketika sedang menggunakan sumpit, maka jangan sesekali menunjuk dengan sumpit, karena akan dianggap sangat kasar, seperti menunjuk seseorang dengan jari. 

7. Jangan mengambil makanan dari tempat berbagi dengan menggunakan sumpit yang telah digunakan

Ketika sedang makan menggunakan sumpit, carilah sumpit lain yang bisa digunakan untuk mengambil makanan dari piring bersama. 

8. Jangan melambaikan sumpit di atas piring

Saat sedang makan, jangan mengangkat sumpit Anda di udara, terutama di atas semua hidangan di depan Anda.

4 dari 4 halaman

Gaya Utama Sumpit

- Sumpit Cina 

Gaya sumpit dari Cina, dapat dibedakan oleh ujungnya yang runcing dan tumpul, sehingga menyediakan lebih banyak area permukaan untuk menampung makanan. Gaya sumpit ini cenderung lebih panjang dari sumpit Jepang atau Korea. Biasanya panjang sumpit ini berkisar antara 11 inci, serta memberikan jangkauan ekstra saat mengambil makanan dari piring umum atau mencegah luka bakar saat menjangkau ke dalam panci.

- Sumpit Jepang 

Selain gaya sumpit Cina, sumpit Jepang ternyata lebih pendek dari sumpit Cina atau Korea karena tradisi berbagi makanan yang kurang, sehingga cara ini dapat menghilangkan kebutuhan untuk meraih hidangan bersama. Rata-rata, panjangnya mencapai 8 inci dan secara tradisional terbuat dari kayu. Sumpit ini memiliki ujung yang runcing, serta membuat manuver yang rumit. 

- Sumpit Korea 

Gaya sumpit dari Korea, serta memiliki panjang yang berada di antara sumpit Cina dan Jepang, dengan panjang 9 hingga 10 inci. Secara tradisional, sumpit Korea berbentuk datar, sehingga mencegah sumpit berguling, tetapi sumpit Korea bulat juga ada. Ujung sumpit Korea meruncing, tetapi tidak setajam gaya Jepang. Secara tradisional terbuat dari logam, sehingga sumpit ini terkadang digunakan untuk mengambil makanan dan meletakkannya di atas sendok. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.