Sukses

16 Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi, Rekomendasi Liburan Edukasi dan Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Saat memiliki waktu luang, kebanyakan orang akan memilih menghabiskan waktu untuk istirahat, bersantai, dan tidak sedikit memilih untuk mengisinya dengan liburan asik bersama keluarga. Nah jika ingin menghabiskan waktu untuk liburan, maka destinasi yang cocok untuk dikunjungi adalah wisata di Dieng

Dieng adalah salah satu kawasan dengan vulkanik yang cukup aktif, sehingga tempat ini juga dianggap sebagai gunung api raksasa yang dikelilingi beberapa kawah gunung berapi. Dieng juga merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang secara administratif masuk dalam dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Oleh karena itu, wisata di Dieng akan sangat mudah untuk dijangkau dari berbagai arah. 

Selain itu, wisata di Dieng juga memiliki berbagai destinasi alam yang memesona, salah satunya adalah Gunung Prau dan Telaga Warna. Tempat yang terletak di dataran tinggi ini, memiliki destinasi liburan dengan nuansa alam lengkap, juga sarat edukasi. Wisata di Dieng juga memiliki wisata budaya dan sejarah yang lengkap untuk dinikmati oleh pengunjung. 

Berikut ini wisata di Dieng yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Wisata di Dieng

1. D’qiano waterpark 

Tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk liburan keluarga adalah D'qiano Waterpark, yang terletak di Krajan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara. Tempat ini merupakan salah satu wahana yang akan mengembalikan tubuh ke kondisi yang lebih segar dan fit.

D’qiano adalah salah satu destinasi yang cocok dijadikan wisata berlibur yang seru juga menyenangkan bagi keluarga. Hanya dengan Rp 25.000 saja, pengunjung bisa berenang sepuasnya bersama dengan keluarga. Tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas untuk dinikmati, salah satunya penginapan dengan kualitas yang cukup memadai.  

2. Kawah sikidang dieng 

Wisata di Dieng selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Kawah Sikidang Dieng. Tempat wisata ini menawarkan kolam kawah yang unik serta sering berpindah-pindah. Terdapat hamparan bukit hijau yang kecil, juga tanah yang memutih sehingga menambah kesan asing, seolah pengunjung berada di dimensi yang lain.

Tempat wisata yang merupakan kawah vulkanik ini, berada di dataran tinggi Dieng, yang sangat populer dengan salah satu fenomena unik, di mana saat tertentu kolam kawah akan berpindah tempat seolah karakter binatang Kijang. Letaknya yang berada di tanah yang datar, membuat pengunjung akan melihat letupan-letupan lumpur panas disertai gas putih yang mengepul. 

3. Telaga merdada

Salah satu Destinasi wisata di Dieng yang indah juga populer, adalah telaga merdada. Tempat ini merupakan danau yang indah dan memesona, sehingga wisatawan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga saat berada di tempat ini.

Keindahan serta spot wisata yang tersedia, membuat pengunjung bisa menikmati wisata perahu, camping, memancing bahkan menghabiskan waktu untuk berswafoto dengan latar belakang menarik. Jangan khawatir, karena tempat ini mudah diakses dengan kendaraan, karena memiliki akses jalan yang cukup memadai.

3 dari 5 halaman

Wisata di Dieng

4. Kompleks Candi Arjuna

Wisata di Dieng selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Candi Arjuna. Tempat wisata ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Tempat yang memiliki luas hingga 90 hektar ini juga sekitarnya terdapat beberapa candi-candi kecil di antaranya Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan menemukan ruang kosong yang biasanya digunakan untuk meletakan arca. Sebagian besar arca yang terdapat di sini, akan disimpan di Museum Kailas yang memiliki jarak tidak jauh dari kompleks candi.

5. Telaga Menjer Dieng

Wisata di Dieng yang wajib untuk dikunjungi adalah Telaga Menjer Dieng yang memiliki luas kurang lebih 70 hektar. Tempat ini adalah salah satu kawasan luas dengan telaga alami yang memiliki kedalaman mencapai 50 meter juga berada pada ketinggian 1300 mdpl.

Tempat ini merupakan bekas letusan vulkanik yang berbentuk cekung, dan dipenuhi air hujan serta beberapa mata air, sehingga terbentuklah Telaga Menjer. Tempat ini juga sangat populer, baik dalam negeri maupun luar negeri mengetahui tempat ini. Telaga ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar dalam berbagai keperluan juga sebagai mata pencaharian. Selain tempat ini dijadikan sebagai wisata, air yang terdapat di telaga ini juga berfungsi sebagai salah satu irigasi lahan pertanian. 

6. Padang Savana Dieng

Wisata di Dieng selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Padang Savana yang cukup populer. Tempat ini memiliki pesona alam dengan keindahan yang sangat memesona. Salah satunya adalah padang rumput yang hijau sejauh mata memandang, juga pemandangan pegunungan yang luar biasa indah. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru juga menyenangkan, karena bisa digunakan sebagai tempat piknik keluarga, berbagai aktivitas camping, hingga berburu foto kece yang indah. 

7. Kawah Sileri 

Wisata di Dieng selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Kawah Sileri, tempat ini juga tidak kalah menarik dengan wisata sebelumnya, meskipun jarang diketahui oleh wisatawan. Tempat wisata ini memiliki spot menarik, serta berbagai wahana permainan yang seru untuk dinikmati pengunjung.

Tempat ini juga memiliki harga tiket masuk yang lumayan murah, namun pengunjung bisa menjelajah tempat ini sepuasnya. Tempat ini terletak di daerah Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

4 dari 5 halaman

Wisata di Dieng

8. Batu Angkruk

Salah satu wisata di Dieng yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Batu Angkruk. Wisata ini adalah salah satu tempat yang memiliki spot foto terbaik dengan latar pegunungan. Nuansa alam yang tersedia, menjadi tempat terbaik untuk healing bersama keluarga.

Saat berada di tempat ini, maka pengunjung bisa naik di platform kaca yang aman dan berfoto. Tempat ini juga memiliki area untuk bersantai di rerumputan dengan kursi bean bag, serta area lain yang juga dilengkapi ayunan rotan berwarna putih yang semakin mempercantik suasana di tempat ini. 

9. Telaga Warna Dieng

Wisata di Dieng yang cukup populer juga memukau adalah Telaga Warna Dieng. Tempat yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini memiliki keindahan warna yang dapat berubah-ubah setiap waktu, tergantung dengan cuaca, sudut pandang serta jarak pandang pengunjung. Untuk bisa melihat fenomena perubahan warna yang terjadi, maka pengunjung harus mencari tempat yang cukup strategis.

Tempat ini masuk dalam kawasan Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sekitar tempat ini, pengunjung juga bisa melihat berbagai bangunan juga gua-gua alam yang indah dan memesona.  

10. Telaga Pengilon

Wisata di Dieng selanjutnya adalah Telaga Pengiloan. Selain Telaga Warna, Dieng juga memiliki telaga pengiloan yang letak tidak jauh, namun berdampingan. Berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki fenomena unik di mana airnya bisa berganti warna, maka Telaga pengiloan memiliki air yang sangat jernih dan tidak bisa berubah warna.

Meskipun begitu, tempat ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan dengan bukit yang hijau sejauh mata memandang. 

11. Desa Sembungan

Tempat wisata di Dieng selanjutnya adalah Desa Sembungan. Desa ini merupakan salah satu yang dianggap sebagai desa tertinggi di Jawa, dengan ketinggian 2.300 m di atas permukaan laut. Karena jaraknya yang jauh dari desa sebelah, masyarakat Sembungan dikatakan memiliki dialek, kebiasaan, dan budaya Jawa yang berbeda. Selain itu, Sembungan juga merupakan salah satu desa unik yang tidak hanya menawarkan berbagai atraksi menakjubkan di sekitarnya tetapi juga kehangatan masyarakatnya. 

5 dari 5 halaman

Wisata di Dieng

12. Pemandian Air Panas

Wisata di Dieng juga memiliki tempat Pemandian Air Panas, yang menawarkan sensasi berendam bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tempat yang terletak di dataran tinggi Dieng ini terdapat beberapa kolam yang memiliki suhu air hangat dengan tingkat yang berbeda-beda.

Sekitar tempat ini juga memiliki wahana permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Oleh karena itu, wisata di Dieng ini, akan sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat untuk liburan keluarga yang menyenangkan. 

13. Wisata Kebun Teh Tambi 

Selain gunung dan bukit, salah satu tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi adalah Kebun Teh Tambi. Tempat wisata ini memiliki perkebunan juga outbound yang terletak di kaki Gunung Sindoro. Bagi pengunjung yang suka mencicipi teh, maka Kebun Teh Tambi adalah tempat yang cocok.

Hasil dari perkebunan ini akan di distribusi ke berbagai tempat, sehingga pengunjung yang datang juga bisa mencoba teh dengan rasa yang khas ini. Selain itu, tempat ini memiliki pemandangan alam yang memukau juga banyak spot foto menarik yang bisa pengunjung jelajahi. 

14. Dieng Plateau Theater

Tempat wisata selanjutnya adalah Dieng Plateau Theater. Tempat yang terletak di dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu wisata edukasi, di mana saat wisatawan yang mau berkunjung, akan diarahkan menuju ruangan yang menampung sekitar 100 orang untuk menonton film tentang sejarah, kondisi geografis budaya dan semua hal yang berkaitan dengan dataran tinggi. Hanya dengan Rp 4.000 pengunjung akan menikmati film dengan durasi kurang lebih 23 menit. 

15. Museum Kailasa

Salah satu wisata di Dieng yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Museum Kailasa. Museum ini merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan pemujaan terhadap Dewa Siwa, yang diketahui merupakan salah satu peninggalan candi serta prasasti.

Saat memilih untuk berkunjung, tersedia berbagai fasilitas mulai dari gazebo, cafe, mushola juga toilet dan tempat parkir kendaraan. Museum ini memiliki berbagai peninggalan sejarah, ruang informasi dan artefak serta beberapa ruangan pertunjukan. Tempat wisata ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat akan edukasi dan sejarah.  

16. Gunung Prau

Wisata di Dieng yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Gunung Prahu atau yang lebih akrab dikenal sebagai Gunung Prau. Tempat wisata ini cukup populer, dan banyak sekali wisatawan yang berkunjung di sini. Tempat ini memiliki pesona alam yang memukau juga khas, dengan nuansa pegunungan sehingga pengunjung bisa menikmati sunrise dan sunset dengan indah.

Saat berada di puncak gunung, pengunjung akan melihat hamparan bunga Daisy juga Bukit Teletubbies, bahkan saat malam hari tiba, pengunjung akan melihat langit dengan taburan bintang serta pemandangan gunung- gunung di Pulau Jawa yang kian eksotis saat malam hari. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.