Sukses

15 Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata baru di Bandung memang menjadi incaran banyak wisatawan. Kota Bandung memang tepat dijadikan pelarian bagi wargga Ibukota Jakarta, karena suasana yang sejuk dan asri membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama.

Kota Bandung menyajikan ragam pilihan wisata yang variatif, tak terkecuali wisata baru di Bandung yang bisa anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Mulai dari pegunungan, taman bermain, sampai wisata edukasi.

Tempat wisata baru di Bandung menarik dan unik untuk dieksplore. Sebagai kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, Bandung memang memiliki daya tariknya tersendiri yang tak pernah gagal menggaet pengunjung.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata baru di Bandung yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable

1. Orchid Forest Cikole 

Tempat wisata baru di Bandung yang kekinian dan instagramable adalah Orchid Forest Cikole. Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya, Orchid Forest berlokasi di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini merupakan Taman Konservasi Anggrek terbesar di Indonesia dengan hutan pinus seluas 12 hektar.

Ada beberapa wahana di Orchid Forest Cikole diantaranya Petventura, Woodbridge, Orchid Castle serta Green House. Harga tiket masuk di Orchid Forest Cikole adalah Rp 40.000 ditambah Rp 10.000 untuk asuransi perhutani per orang.  Jam buka Orchid Forest Cikole mulai pukul 09.00 WIB-18.00 WIB setiap hari. Sementara reservasi dapat dilakukan melalui 08112221284. 

2. The Great Asia Africa

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah The Great Asia Africa. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengusung tema wisata edukasi budaya dan mempelajari keragaman budaya di tujuh negara yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Tempat ini juga lengkap dengan kuliner tradisional dari beberapa negara di benua Asia dan Afrika.

The Great Asia Afrika berlokasi di Jl. Raya Lembang-Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya berada tepat di seberang objek wisata Farm House Susu Lembang,

Di tempat wisata ini, Anda dapat menyaksikan berbagai arsitektur rumah tradisional dari negara-negara seperti Korea, Thailand, India, Jepang, Indonesia, Afrika, dan Timur Tengah. Tentu saja ini menjadi spot berfoto yang menarik. Terlebih, Anda juga melengkapi pose Anda dengan menyewa pakaian tradisional Jepang dan India.

3. Lembang Wonderland

Tempat wisata baru di Bandung yang selanjutnya adalah Lembang Wonderland. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Ada berbagai wahana, di mana setiap wahananya memiliki daya tarik tersendiri, seperti Wahana Magic Forest (Rumah Buah, Rumah Pisang, Rumah Serangga, Rumah Tarzan, Rumah Dasar Laut), Wahana Ice Cream Park, dan Wahana Sweet Fell.

Fasilitas di Lembang Wonderland juga sudah lengkap. Anda dapat menikmati kuliner, dan juga ada tempat perbelanjaan. Jadi jangan khawatir merasa bosan ketika berada di tempat wisata ini. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable

4. Glamping Lakeside Rancabali

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Glamping Lakeside Rancabali. Di sini terlihat seperti tenda-tenda dengan pemandangan alam yang indah. Pengalaman menginap dai Glamping Lakeside Rancabali dijamin tak akan terlupakan. Wisata baru di Bandung ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Pantengan KM 39, Situ Pantengan, Rancabali, Bandung.

5. Jembatan Gantung Rengganis

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Jembatan Gantung Rengganis. Jembatan gantung ini membentang sepanjang 370 meter dan tinggi 75 meter. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang se-Asia Tenggara yang berada di atas Jembatan Gantung Situ Gunung yang ada di Sukabumi. Jembatan ini menggunakan kawat sling baja yang diimpor dari luar negeri dan telah melalui hasil uji coba serta penelitian pabrik. Lantai dasar jembatan dibuat menggunakan kayu ulin atau besi yang didatangkan dari Kalimantan.

6. Jungle Milk

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Jungle Milk. Jungle Milk berlokasi di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sebagai tempat wisata alam yang asri, tempat ini memiliki konsep private dengan camping ground yang luas. Jungle Milk berada pada ketinggian kurang lebih 1.600 meter di atas permukaan laut. Di lokasi ini, wisatawan bisa berkemah dan piknik sembari melihat atau berinteraksi dengan kuda-kuda yang sengaja dilepas.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable

7. Dusun Bambu Lembang

Selanjutnya, tempat wisata baru di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Dusun Bambu Lembang. Dusun Bambu Lembang adalah obyek wisata di kaki Gunung Burangrang, kawasan ekowisata Dusun Bambu.  Tepatnya, letak Dusun Bambu Lembang di Jalan Kolonel Masturi km 11 Lembang, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Ada berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat ini, seperti Kampung Layung Cottage, Sayang Heulang Camp, dan Restoran khas Dusun Bambu. Harga tiket masuk Dusun Bambu yakni WE Playground Rp 50.000, Sampan Rp 20.000, Sepeda Bamboo Rp 30.000, Paket photo Rp 40.000 dan paket video drone Rp 150.000. Sementara, jam buka Dusun Bambu yakni pukul 10.00-17.00 WIB. 

8. Nimo Highland

Nimo Highland adalah lokasi wisata yang merupakan kepanjangan dari Nini Mountain. Tempat wisata baru di Bandung ini berlokasi di Gunung Nini, tepatnya di kawasan Banjarsari, Pengalengan, Bandung Selatan, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini baru dibuka sekitar awal Mei 2022. Lokasi Nimo Highland berada di hamparan perkebunan teh khas Pengalengan. Dari lokasi ini pengunjung bisa melihat pemandangan alam secara 360 derajat berupa kebun teh. Nimo Highland memiliki konsep area serupa Santorini yaitu spot wisata terkenal yang ada di Yunani. Di lokasi ini, terdapat juga jembatan kaca sepanjang 150 meter yang Instagramable.

9. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Cakrawala Sparkling Nature Restaurant. Restoran yang mengusung konsep angkasa ini memiliki gaya arsitektur modern dengan konsep cakrawala di setiap sisinya. Ada konsep Pelangi dengan dinding kaca berwarna-warni yang bisa menantulkan cahaya. Ada juga konsep Galaxy, di mana sinar matahari akan menerobos ke bangunan. Begitu pun konsep Atlantis yang merupakan tempat dengan sensasi makan seperti di bawah samudera.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable

10. Centrum Million Balls

Selain wisata alam dan kulinernya, Bandung juga memiliki tempat wisata lain yang unik, yaitu arena mandi bola raksasa. Jika Anda biasa melihat ukuran arena mandi bola hanya cukup bagi anak-anak, namun di sini, Anda akan menemukan bola-bola mengisi kolam yang seukuran kolam renang.

Wahana Big Pool Party ini memang menjadi wahana utama dari tempat ini. Anda bisa menceburkan diri ke kolam dengan luas sekitar 560 meter persegi yang telah diisi bola. Kolam ini memang dulunya adalah kolam renang yang kemudian beralih fungsi. Yang perlu diingat, selalu gunakan kaos kaki ketika hendak masuk ke kolam ini.

Di tempat ini juga tersedia berbagai spot berfoto yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Spot-spot foto yang bisa Anda jumpai antara lain seperti Disco Darling, Butter Popcorn, Story of My Life dan masih banyak lagi.

11. Kawah Putih Ciwidey

Kemudian, salah satu tempat wisata baru di Bandung adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Lokasinya ada di Desa Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisatawan dapat menyaksikan danau dengan air berwarna putih kehijauan. Danau ini dikelilingi hutan yang menambah suasana alami di tempat tersebut.

12. Skywalk Cantigi

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Skywalk Cantigi. Tempat wisata baru di Bandung ini berada di Kawah Putih Ciwidey. Di sini anda dapat merasakan pemandangan Kawah Putih Ciwidey dari ketinggian, sangat cocok untuk memacu adrenalin anda.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Baru di Bandung yang Kekinian dan Instagramable

13. Sendang Geulis Kahuripan

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Sendang Geulis Kahuripan. Tempat wisata baru di Bandung ini merupakan salah satu mata air alami di Kabupaten Jawa Barat. Tak banyak yang mengetahui lokasinya yang jauh dari pusat kota. Di sini anda dapat bermain air dan berenang di danau alami dengan air yang sangat jernih.

14. Forest Walk Babakan Siliwangi

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya yaitu Hutan Babakan Siliwangi. Di sini, Anda dapat menyegarkan pikiran dengan menikmati asrinya hutan kota. Rimbunnya pepohonan dapat Anda jelajahi dengan santai melalui jembatan yang telah dilengkapi dengan meja dan kursi.

Kicauan burung, melihat tupai, panorama teduh yang tenang, dan tentunya udara yang segar menjadi fasilitas utama yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lain. Meja dan kursi bisa Anda gunakan untuk beristirahat atau sekedar mengobrol sambil menikmati angin dan pemandangan. Jika datang saat musim hujan, sebaiknya gunakan alas kaki yang tidak licin agar tidak mudah terpeleset. Dan perlu diingat untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini.

15. Tebing Keraton

Tempat wisata baru di Bandung yang berikutnya adalah Tebing Keraton. Tebing Keraton ini merupakan wisata baru di Bandung yang paling populer di media sosial. Di atas tebing ini anda bisa menikmati pemandangan alam Taman Hutan Raya Bandung yang sangat luas. Dengan suasana yang sejuk dan asri, membuat tempat wisata ini banyak didatangi oleh wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.