Sukses

Kiamat Sugra Adalah Kiamat Kecil, Ketahui Tanda-Tanda dan Hikmahnya

Berikut adalah penjelasan mengenai hari kiamat, kiamat sugra, termasuk tanda-tanda dan hikmah beriman pad aahri akhir.

Liputan6.com, Jakarta Kiamat sugra adalah kiamat kecil. Artinya, kiamat ini merupakan hari akhir bagi sebagian kecil dari keseluruhan alam semesta. Kiamat sugra adalah hari berakhirnya dari kehidupan manusia atau sebagian makhluk di dunia.

Kiamat sugra adalah kiamat yang yang ditandai dengan adanya kematian seseorang atau beberapa orang, bencana alam, dan sebagainya. Yang pasti, kiamat sugra adalah akhir dari kehidupan seseorang atau makhluk di dunia.

Kiamat sugra telah terjadi berulang kali sejak alam semesta ini diciptakan. Maka dari itu, penting bagi kita, khususnya sebagai orang yang beriman untuk mengimani hari akhir atau kiamat.

Seperti yang telah dijelaskan dalam Alquran, cepat atau lambat kehidupan di dunia ini akan berakhir. Akhir dari kehidupan di dunia ini bisa berarti akhir dari kehidupan sebagian makhluk maupun semua makhluk di dunia tanpa terkecuali.

Untuk lebih memahami lebih dalam mengenai kiamat sugra, berikut adalah pengertian dan tanda-tanda kiatam sugra, hikmah beriman pada hari akhir, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Kiamat

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI SD, hari kiamat atau hari akhir merupakan hari berakhirnya kehidupan manusia dan semua makhluk di atas dunia.

Peristiwa hari akhir banyak dijelaskan oleh Allah Swt di dalam Alquran. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang hari akhir atau hari kiamat terdapat di dalamsurah al-Qari'ah ayat 1-11, yang berarti:

“Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Dan tahukah kamu apa hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang berterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan, maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang), dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas."

Pada hari kiamat, akan terjadi kehancuran menyeluruh pada bumi dan alam semesta beserta semua isinya. Pada hari kiamat, tidak akan ada satu pun makhluk yang tersisa. Bahkan, planet-planet yang mengorbit di tata surya dan semua galaksi yang ada akan hancur.

Namun, tentang kapan hari itu akan terjadi, semua masih menjadi rahasia yang hanya Allah SWT sendiri yang tahu. Bahkan Nabi dan para malaikat pun tidak mengetahui kapan hari kiamat akan terjadi.

Meski demikian, penting bagi kita sebagai muslim dan mukmin untuk mengimani datangnya hari akhir. Apalagi, beriman pada hari akhir merupakan salah satu dari rukun iman. Tidak sempurna iman seorang mukmin jika tidak mengimani salah satu dari 6 rukun iman, termasuk iman kepada datangnya hari akhir.

3 dari 5 halaman

Jenis Kiamat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, hari kiamat adalah hari di mana kehidupan berakhir, baik itu bagi sebagian atau keseluruhan alam semesta. Berdasarkan kejadiannya, hari kiamat dapat dibedakan menjadi dua, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra.

Kiamat Sugra

Kiamat Sugra adalah kiamat kecil. Artinya, saat hari kiamat sugra terjadi, hanya sebagian kecil dari kehidupan di alam semesta yang berakhir. Sementara itu, sebagian lain dari alam semesta masih dapat melanjutkan hidupnya.

Kiamat sugra adalah kiamat yang dapat ditandai dengan kematian seseorang atau sekelompok orang, atau datangnya bencana alam. Ketika seseorang meninggal, maka kehidupannya di dunia ini berakhir. Hari berakhirnya hidup seseorang itulah yang disebut sebagai kiamat sugra.

Sedangkan dalam peristiwa bencana alam, sebagian alam yang ada di bumi hancur, yang dapat menyebabkan makhluk seperti tumbuhan dan hewan mati. Matinya tumbuhan dan hewan dalam peristiwa bencana alam itulah yang termasuk dalam golongan kiamat sugra.

Berikut ini adalah beberapa contoh kiamat kecil.

a. Gempa bumi merupakan hari kehancuran sebagian orang dan tempat tertentuyang terkena gempa tersebut.

b. Tanah longsor merupakan peristiwa alam yang terjadi dan dialami oleh sebagianorang yang tinggal di daerah longsor.

c. Kematian merupakan hari berakhirnya kehidupan di dunia bagi seseorang.

d. Peristiwa kebakaran merupakan hari kehancuran bagi seseorang yang terkenamusibah.

Kiamat Kubra

Kiamat kubra adalah kiamat besar. Artinya pada saat kiamat kubra terjadi, tidak akan ada satu pun makhluk yang ada di alam semesta ini yang dapat menghindar dari kehancuran. Bahkan planet-planet yang mengorbit di tata surya pun akan ikut hancur.

Di hari kiamat kubra ini kehidupan makhluk di alam semesta akan berakhir. Bahkan di hari kiamat kubra ini, malaikat pun akan dimatikan oleh Allah SWT.

Kiamat kubra ini akan terjadi setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama. Semua makhluk yang memiliki kehidupan akan mengalami kematian, termasuk Israfil, iblis dan sebangsanya.

Cepat atau lambat hari akhir dari kehidupan di dunia ini akan terjadi. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun tidak tahu kapan hari kiamat terjadi. Namun, tidak ada yang tahu kapan hari kiamat akan terjadi. Yang jelas, waktu datangnya hari kiamat telah ditetapkan oleh Allah SWT. Dalam Alquran juga dijelaskan bahwa hari kiamat akan datang secara tiba-tiba.

4 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Kiamat

Kendati waktu pastinya tidak diketahui oleh siapa pun kecuali Allah SWT, namun kita dapat mengetahui datangnya hari kiamat dari tanda-tandanya, antara lain sebagai berikut:

Tanda-Tanda Kiamat Sugra:

a. munculnya berbagai fitnah;

b. banyak bermunculan nabi palsu;

c. banyak hujan tetapi sedikittanaman;

d. banyaknya kebohongan dankesaksian palsu;

e. perbuatan riba berkembangpesat dan merajalela;

f. terjadinya pertempuran besarantara 2 golongan; dan

g. Banyaknya anak yang tidak menghormati orang tuanya.

 

Tanda-Tanda Kiamat Kubro:

a. Terbitnya matahari dari sebelah barat

b. Munculnya Dajjal. Dajjal sendiri merupakan ancaman yang menjadi bahaya besar yang tidak ada tandingannya sejak Nabi Adam a.s. sampai hari kiamat.

Dajjal berbuat sesuka hatinya dengan perkara-perkara yang luar biasa. Dia akanmengklaim bahwa dirinya adalah Tuhan.

c. Turunnya Nabi Isa a.s. Nabi Isa a.s. akan turun dari Negeri Syam, dan membunuh Dajjal. Kemudian Nabi Isa a.s akan menjalankan syariat Islam.

d. Turunnya Imam Mahdi

e. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj

f. Munculnya binatang melata di bumi

g. Munculnya asap di timur dan barat

h. Terjadinya gerhana di timur, barat, dan di Jazirah Arab.

5 dari 5 halaman

Hikmah Beriman pada Hari Kiamat

Mengenal kiamat sugra adalah salah satu cara mengimani kebesaran Allah SWT. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penting bagi mukmin untuk beriman pada hari kiamat atau hari akhir. Sebagai salah satu bagian dari rukun iman, hari kiamat adalah sesuatu yang wajib diimani oleh semua mukmin. Tidak sempurnalah iman seorang mukmin jika tidak beriman pada hari kiamat.

Selain itu, ada berbagai macam hikmah yang bisa didapatkan dengan beriman pada hari kiamat dan hari akhir. Adapun hikmah beriman pada hari kiamat adalah sebagai berikut:

a. Mendorong umat manusia untuk senantiasataat dan ikhlas dalam menjalankan perintahAllah SWT.

b. Bertindak dengan penuh tanggung jawabdan berhati-hati dalam melakukan setiap pekerjaan agar tidak mendatangkan dosa

c. Menunjukkan perilaku yang terpuji dalamkehidupan sehari-hari

d. Selalu teguh dalam melakukan setiap perbuatan dan pekerjaan yang diridai olehAllah SWT.

e. Senantiasa menjalankan hidup dengan penuh harapan karena keyakinan akan mendapat ganjaran dari Allah SWT.

f. Menyadarkan manusia agar tidak terlena dengan kesenangan dunia.

g. Menyadarkan manusia agar memperbanyak sedekah untuk kebaikan di akhirat kelak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.