Sukses

10 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Buah pepaya atau battek merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Meksiko Selatan, juga Amerika Selatan. Hingga saat ini, pepaya telah menyebar luas di dunia, serta ditanam di daerah yang tropis untuk menikmati buahnya. Buah pepaya selain memiliki rasa yang manis, kandungan nutrisi serta vitaminnya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Akan tetapi, selain buah yang sarat nutrisi, manfaat biji pepaya juga sarat kalori energi yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Manfaat biji pepaya bisa Anda dapatkan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Perlu diketahui bahwa nilai gizi yang terkandung dalam biji pepaya, memuat nilai gizi yang menyediakan kalori energi yang kaya akan protein, lemak dan serat. Biji pepaya  juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng yang baik untuk tubuh.  

Manfaat biji pepaya juga berfungsi sebagai anti kanker yang baik, serta berfungsi baik untuk mencegah peradangan. Biji pepaya memiliki warna yang hitam dan memiliki penutup yang mengkilat, basah juga berlendir. Oleh sebab itu, untuk mengonsumsinya, Anda bisa keringkan kemudian digiling.

Berikut ini manfaat biji pepaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Biji Pepaya

1. Mencegah Terjadinya Peradangan

Manfaat biji pepaya sangat baik untuk mencegah peradangan yang terjadi dalam tubuh. Biji pepaya juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit, pembengkakan, hingga nyeri sendi juga dapat disembuhkan, hanya dengan mengonsumsi biji pepaya. Kandungan yang terdapat pada biji pepaya berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang sangat ampuh meredakan penyakit penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Namun takaran dalam mengonsumsi juga perlu diperhatikan, karena jika hal ini sering berlanjut, maka dapat merusak struktur DNA serta mengganggu kerja sel sehat yang ada di dalam tubuh. Untuk laki - laki, mengonsumsi biji pepaya secara berlebihan bisa menurunkan kualitas sel sperma.

2. Menyembuhkan Penyakit Hati

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan, dapat menyembuhkan penyakit hati. Pada biji pepaya, terdapat agen yang berfungsi membersihkan racun di organ hati. Dalam sebuah studi juga membuktikan bahwa mengonsumsi biji pepaya yang sudah dihancurkan serta dicampur dengan jus lemon dapat menyembuhkan penyakit sirosis hati, atau kerusakan hati kronis. Sirosis hati adalah salah satu jenis penyakit yang terlihat dari penyusutan hati akibat konsumsi alkohol berlebihan. Oleh sebab itu, dengan biji pepaya yang telah dihancurkan dan dicampur dengan jus lemon sebanyak dua kali sehari, membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Biji Pepaya

3. Berfungsi sebagai  Anti-kanker

Manfaat biji pepaya yang mengandung polifenol, berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga mencegah tubuh dari berbagai jenis kanker. Biji pepaya juga mengandung isothiocyanate, yang dapat menghambat pembentukan serta perkembangan sel kanker. Selain itu, manfaat lain dari biji pepaya melindungi ginjal dari kerusakan. 

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan dapat Anda peroleh, salah satunya menjaga kesehatan kardiovaskular. Manfaat biji ini kaya akan berbagai antioksidan yang melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Biji pepaya juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang melindungi jantung kita dari berbagai gangguan.

5. Baik untuk Kulit

Manfaat biji pepaya juga dapat menunjukkan sifat anti-penuaan, sehingga berfungsi secara baik untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian biji pepaya dapat mencegah perkembangan garis-garis halus dan kerutan. Manfaat biji pepaya juga sebagai antibakteri yang baik untuk melindungi tubuh dari bakteri seperti Staphylococcus aureus, Shigella dysenteriae, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dll.

6. Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat biji pepaya juga berperan baik dalam meredakan nyeri menstruasi. Hal ini karena buah pepaya mengandung karoten serta zat penting, yang membantu tubuh untuk mengatur produksi hormon yang dikenal sebagai estrogen. Sementara untuk biji pepaya dapat membantu menginduksi menstruasi serta meningkatkan frekuensinya. Dengan mengolah biji pepaya dan mengonsumsinya, maka hal ini dapat membantu tubuh mengelola kram menstruasi.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Biji Pepaya

7. Kelola Sirosis Hati

Manfaat biji pepaya juga diketahui mengandung nutrisi yang penting, untuk membantu mengelola penyakit seperti sirosis hati. Dengan mengkonsumsi 3 sampai 4 biji pepaya, yang diolah dengan menghancurkannya, kemudian dicampur dengan air jeruk nipis setiap hari, maka membantu dalam pengobatan dan pemulihan sirosis hati.

8. Menyembuhkan Keracunan Makanan

Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menyiapkan dan mengonsumsi ekstrak biji pepaya, akan sangat membantu tubuh, dalam membunuh bakteri seperti E.coli, Salmonella, Staphylococcus, juga bakteri lainnya yang bertanggung jawab atas sebagian besar kasus keracunan makanan.

9. Mendukung Pengobatan Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu virus yang dapat ditularkan oleh nyamuk, sehingga mempengaruhi trombosit dalam darah. Virus juga dapat menghancurkan trombosit yang sehat sehingga kebanyakan orang mengalami demam berdarah. Oleh karena itu, biji pepaya telah terbukti meningkatkan jumlah trombosit dalam penelitian yang dilakukan untuk hewan, sehingga biji pepaya juga dapat bermanfaat sebagai penunjang pemulihan pada penyakit demam berdarah. 

10. Membantu Kontrol Ketombe

Manfaat biji pepaya juga terbukti ampuh dalam mencegah ketombe, yang biasanya berasal dari jamur, terutama jamur Malassezia. Buah dan biji pepaya memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga berguna bila diterapkan pada rambut serta kulit kepala dan mengurangi atau bahkan mencegah perkembangan ketombe. Gunakan paket rambut atau scrub yang mengandung ekstrak biji pepaya untuk mencoba manfaat ini.

 

 

5 dari 5 halaman

Efek Samping Biji Pepaya

Selain banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika mengonsumsi biji pepaya, ada juga efek samping yang timbul. Biasanya jika kamu mengonsumsi dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan, maka manfaat baik bisa kamu peroleh. Tetapi sebaliknya jika mengonsumsi dalam jumlah yang banyak maka efek sampimng yang timbul adalah:

- Konsumsi berlebih pada kehamilan dapat berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh.

- Kelebihan konsumsi biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria dengan mempengaruhi jumlah sperma juga kualitasanya. 

- Kelebihan konsumsi biji pepaya dapat menyebabkan diare.

- Makan terlalu banyak biji pepaya tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang dalam fase menyusui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.