Sukses

14 Wisata di Kebumen, Bertema Pantai dan Bukit yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata yang ada di Pulau Jawa memang tak pernah kehabisan tempat wisata yang seru dan menyenangkan. Mulai dari wisata dengan panorama alam pantai, bukit serta gunung dan suasana perkotaan, yang dapat menemani aktivitas liburan wisatawan. Salah satu tempat menarik yang bisa dikunjungi adalah wisata di Kebumen. 

Kebumen merupakan salah satu kota di Jawa Tengah, serta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang didominasi oleh pantai yang indah dan memukau. Wisata di Kebumen ini memiliki jarak tempuh sekitar 101 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, maka Kebumen merupakan tempat yang cocok untuk didatangi para wisatawan. 

Akses yang dapat ditempuh menuju wisata di Kebumen ini sangat mudah dan Aman, dari kota Jogja pengunjung membutuhkan kurang lebih tiga jam untuk sampai ke sini, baik dengan perjalanan menggunakan motor maupun mobil, melewati Jalan Raya Wates, menuju Purworejo dan Kutoarjo hingga sampai ke Kebumen. Namun bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tersedia kereta jurusan purwokerto yang bisa pengunjung gunakan untuk sampai ke sini. 

Berikut ini wisata di Kebumen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata di Kebumen

1. Pantai Suwuk

Wisata di Kebumen dengan panorama pantai yang indah dan menawan adalah Pantai Suwuk. Tempat ini merupakan salah satu wisata Kebumen terbaru dan paling hits, serta terletak di kawasan Puring, Kabupaten Kebumen dan Pulau Lengkuas. Pantai ini bisa dijadikan sevagai pilihan bersantai serta menghabiskan liburan akhir tahun. Pantai Suwuk ini berlokasi di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini, sangat mudah untuk diakses sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Suwuk memiliki pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi di sekitarnya, sehingga pengunjung yang bertandang ke sini akan melihat pemandangan khas pegunungan di sisi barat, dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Pantai ini juga memiliki padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan.

2. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung adalah salah satu wisata di Kebumen yang cukup populer, serta menawarkan nuansa pantai yang indah dan memuaku. Destinasi wisata ini terletak di Desa Argopeni. Pantai ini cukup sulit dijangkau, karena pengunjung harus melalui jalan setapak kecil dan perbukitan. Akan tetapi, energi yang dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan pantai ini. Pantai wisata di Kebumen ini termasuk berkarang sehingga tak banyak ditemui pasir pantai terlebih jika air laut pasang. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat perpaduan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini sangat istimewa.

3. Pantai Ayah

Destinasi wisata dengan panorama alam yang indah, serta wajib dikunjungi adalah Pantai Ayah. Wisata di Kebumen ini terletak sejauh 8 km selatan di Gua Jatijajar. Wisata yang cukup populer ini, berada di antara laut selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu menjadikannya pantai dengan perpaduan hutan yang menawan. Tempat ini juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), sehingga wisatawan juga bisa sekaligus menikmati hasil tangkapan laut yang segar. 

4. Goa Barat

Nama Gua Barat berasal dari karakter alamiah sekitar gua, di mana saat angin kencang dari arah dalam seringkali menerpa mulut gua. Angin kencang dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai gua ini dengan goa barat. Saat berada di sini, pengunjung akan dipandu langsung oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menunjukan tempat-tempat yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan menjelaskan tentang sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

5. Pantai Petanahan

Wisata di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Petanahan. Temopat ini juga masuk dalam wisata yang cukup populer, serta terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Disepanjang jalan menuju pantai, pengunjung akan melihat pohon kelapa yang berjajar sehingga menambah kesan teduh. Tempat wisata ini juga menyajikan perpaduan suasana pantai dan hutan yang menenangkan.

Pantai Petanahan juga dikenal dengan deburan ombak pantai selatannya yang memesona, sehingga maasuk dalam kawasan pantai primadona bagi wisatawan sekitar maupun luar kota. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap menjadikan Pantai Petanahan cocok untuk liburan keluarga yang seru juga menyenangkan. 

3 dari 4 halaman

Wisata di Kebumen

6. Bukit Penutulu Indah

Wisata di Kebumen yang masuk dalam kategori terbaru dan cukup populer adalah Bukit Penutulu Indah. Destinasi wisata ini akan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berkemah atau camping bersama keluarga maupun teman. Jika pengunjung yang ingin berkemah, juga bisa menikmati pemandangan alam dari atas bukit yang menawan. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 dan tiket parkir Rp2.000, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas, seperti outbound dan flying fox. 

7. Bukit Jerit Kebumen

Salah satu destinasi wisata di Kebumen yang cukup populer ini, berada di kawasan Ayah di mana bukit Jerit terletak di komplek wisata Pantai Pasir. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan melihat samudera lepas dari atas perbukitan. Udaranya yang segar dihiasi dengan rerumputan yang rimbun menambah daya tarik dari objek wisata yang satu ini. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan yang seru juga menyenangkan untuk didatangi bersama keluarga. 

8. Bukit Hood

Bukit Hood, Hud, atau Uhud merupakan salah satu bukit yang berada di ketinggian 150 mdpl (meter di atas permukaan laut). Dari ketinggian, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang mengesankan akan pesisir selatan Pulau Jawa. Tempat ini juga memiliki banyak spot menarik dan beragam, yang dibuat warga lokal, yaitu anjungan untuk para pengunjung agar bisa melihat garis pantai dengan lebih jelas. Tentu saja, view yang menawan ini tidak disia-siakan oleh para penggemar fotografi. Lokasinya cukup mudah dijangkau kok, yaitu dekat dengan Pantai Karangbolong.

9. Bukit Langit

Salah satu tempat wisata di Kebumen yang wajib untuk dikunjungi adalah Bukit Langit. Naik ke bukit dengan ketinggian 360 meter Mdpl, membuat pengunjung bisa merasakan kesegaran udara yang bebas dari polusi selayaknya di perkotaan. Tidak heran, jika berbagai komunitas fotografi maupun pecinta alam kerap menjadikan Bukit Langit Karanggayam sebagai lokasi pertemuan.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Wisata di Kebumen

10. Pantai Wedi Putih

Wisata di Kebumen dengan pemandangan alam yang indah dan memukau adalah Pantai Wedi Putih. Tempat wisata ini memiliki hamparan pasir putih dengan karang-karang yang besar, menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Wedi Putih berada di sekitar lokasi Pantai Karang Agung, dan bisa mencapainya dengan menuruni jalan setapak di perbukitan yang indah. Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat keindahan karang-karang yang menjulang tinggi, atau bisa juga untuk sekedar berendam di antara bebatuan besar ini. 

11. Pantai Menganti

Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pantai Menganti. Tempat ini terletak  di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, serta masuk di area perbukitan tebing karst. Wisata Kebumen ini juga ada dalam kawasan Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing. Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah hamparan pasirnya yang putih dan birunya laut dikelilingi bukit-bukit hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Ada juga tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. 

12. Pantai Laguna Puring

Pantai Kebumen yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Laguna Puring. Tempat wisata di Kebumen ini menawarkan air laut semata yang bisa pengunjung nikmati. Tempat ini juga memiliki air tawar yang berasal dari aliran sungai di sekitarnya, serta dihiasi oleh hamparan rumput hijau di sekitarnya. Aliran sungai di sekitar wisata Kebumen ini akan terlihat jelas saat kondisi pantai sedang surut. Sungai wisata ini akan membentuk laguna yang indah dengan hamparan rumput hijau kekuningan di bagian tengahnya.

13. Pantai Surumanis

Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi adalah Pantai Surumanis, yang menawarkan panorama alam indah dan memukau. Tempat ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba, karena medan yang ditempuh cukup ekstrem dan penuh tantangan. Jalan setapaknya kecil dan tanah berlumpurnya licin, oleh karena itu pantai ini jarang dikunjungi orang. Namun jika Anda berhasil sampai ke tempat ini, maka bisa menikmati pantai ini layaknya pantai pribadi.

14. Brujul Adventure Park

Tempat wisata di Kebumen yang cukup populer serta dipenuhi dengan pepohonan dan bebatuan ini adalah Brujul Adventure Park. Tempat ini akan sangat cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan. Selain itu, bagi pengunjung yang mau mengakses lokasi wisata ini hanya perlu membayar tiket sejumlah Rp3000 per orang, dan sudah bisa menikmati indahnya hutan pinus dan pemandangan alam yang masih asri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.