Sukses

11 Cara Membasmi Rayap Kayu Secara Alami yang Ampuh dan Mematikan

Kumpulan cara membasmi rayap kayu.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara membasmi rayap kayu secara alami ini penting mengingat rayap adalah jenis hewan perusak. Rayap suka merusak sesuatu yang berbahan kayu, baik itu perabot, pintu, dan lainnya. Selain kayu, sebenarnya rayap juga bisa merusak buku hingga pakaian.

Bagaimana cara membasmi rayap kayu secara alami yang ampuh? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara membasmi rayap kayu secara alami adalah menggunakan bahan rumah tangga yang mematikan bagi rayap. Seperti garam, sabun, aroma terapi, dan lainnya.

Cara membasmi rayap kayu secara alami selanjutnya, menjaga area rumah atau ruang tidak lembap dan gelap. Ini karena rayap sangat menyukai tempat-tempat yang demikian. Cobalah memperbaiki bagian rumah atau bangunan yang rusak. Begitu pula mencegah adanya genangan air yang memicu kelembapan dalam ruang. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sebelas cara membasmi rayap kayu secara alami, Senin (19/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

1. Asam Borat

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah cobalah menggunakan asam borat. Praktikkan cara membasmi rayap kayu secara alami ini dengan membuat larutan bubuk boraks dan air, kemudian semprotkan pada area yang terkena.

Ini cara membasmi rayap kayu secara alami karena dikenal tidak beracun, tetapi bisa memastikan rayap di lemari dan perabotan kayu lainnya lenyap setelah beberapa aplikasi. Apabila perlu, gabungkan metode ini dengan perangkap kardus untuk hasil yang lebih baik.

2. Nematoda Parasit

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah menggunakan nematoda parasit. Mendapatkan bahan pembasmi rayap ini bisa dibeli pada pembibit lokal maupun secara online melalui toko online atau marketplace. Nematoda parasit sebagai cara membasmi rayap kayu secara alami ini berupa cacing kecil yang menggali larva rayap dan membunuhnya dalam waktu dua hari.

3. Kertas Karton

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah mengandalkan kertas karton. Mengapa ini bisa? Karton bisa dijadikan cara membasmi rayap kayu secara alami karena terbuat dari selulosa dan memiliki bau kayu yang tidak dapat dilawan rayap.

Mulailah cara membasmi rayap kayu secara alami dengan basahi kertas karton dengan air. Tujuannya, membuat baunya lebih jelas dan letakkan di dekat area yang terkena rayap. Kemudian, rayap akan keluar ke kotak kardus yang terbuka dan buang.

4. Sinar Matahari

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah meletakkan kayu atau bahan berbahan kayu di tempat cukup sinar matahari. Ini karena rayap tumbuh subur dalam kondisi lembap dan gelap.

Apabila sudah terlanjut diserang rayap, cara membasmi rayap kayu secara alami adalah biarkan furnitur atau barang berbahan kayu tersebut di bawah sinar matahari 2-3 hari berturut-turut.

5. Memperbaiki Kebocoran

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah memperbaiki kebocoran yang terjadi di dalam rumah. Ini mengingat rayap dapat tumbuh subur di tempat yang lembap. Menjaga kelembapan rumah dengan baik akan membantu mencegah timbulnya rayap sekaligus membasminya.

Melansir dari Urban Company, atap atau dinding yang rusak bisa menjadi rumah sempurna untuk rayap. Cobalah cara membasmi rayap kayu secara alami dengan memperbaiki dan tutup kebocoran, lakukan inspeksi secara berkala terutama di ruang bawah tanah atau sudut-sudut rumah yang kotor.

3 dari 3 halaman

Cara Membasmi Rayap Kayu Secara Alami Selanjutnya

6. Larutan Air Garam

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah menggunakan larutan air garam. Mengapa ini wajib dicoba? Rayap sangat tidak menyukai garam, karena itu air dan campuran garam yang banyak akan ampuh membasmi rayap.

Campurkan garam dan air bersih ke dalam wadah, cara membasmi rayap kayu secara alami adalah pastikan air benar-benar asin. Setelah larutan tercampur dan garam larut, cara membasmi rayap kayu secara alami masukkan larutan ke dalam botol spray.

7. Aroma Terapi

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah memanfaatkan aroma terapi yang tidak disukai rayap. Jenis yang tidak disukai rayap adalah jeruk, lavender dan eukaliptus. Terapkan pada sudut-sudut kayu atau ruang agar rayap tidak kembali.

8. Solar

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah menggunakan solar. Ini karena solar dikenal sebagai bahan yang bisa membuat kayu menjadi lebih awet, termasuk melindunginya dari rayap.

Penerapannya, sebelum kayu dijadikan karya seni atau bahan dalam membuat bangunan, kayu akan dilapisi dengan solar, lalu dibiarkan hingga beberapa hari. Setelah cukup meresap dan melapisi seluruh bagian kayu, baru setelah itu kayu yang sudah diberi lapisan solar siap digunakan.

9. Merendam Kayu di Sungai

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah merendamnya di sungai. Mengapa ini akan berhasil? Metode ini umum dikenal dengan nama fermentasi berantai. Fermentasi ini akan menghasilkan asam organik, gas, dan alkohol yang akan menurunkan kadar air di dalam kayu.

Cara membasmi rayap kayu secara alami ini dinilai ampuh karena air berkurang, membuat kandungan pati kayu sebagai sumber makanan rayap akan menurun. Itulah mengapa cara membasmi rayap kayu secara alami ini efektif, sebab minat serangga perusak seperti rayap untuk memakan kayu menjadi berkurang.

10. Kapur Barus

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah menggunakan kapur barus. Kapur barus memiliki kandungan naftalena yang menjadikannya cara membasmi rayap kayu secara alami yang ampuh. Aromanya pun tidak disukai rayap.

Cobalah cara membasmi rayap kayu secara alami dengan meletakkan kapur barus di sudut-sudut rumah atau di perabotan kayu yang sangat rentan terkena serangan rayap. Maka dengan sendirinya, rayap akan menghindari area tersebut dan cara membasmi rayap kayu secara alami ini berhasil.

11. Air Sabun

Cara membasmi rayap kayu secara alami adalah memanfaatkan air sabun. Cobalah campurkan sabun dan air. Mengapa cara ini dinilai ampuh? Air sabun dapat mengganggu sistem pernapasan rayap.

Inilah mengapa cara membasmi rayap kayu secara alami dengan sabun akan lebih mudah mati. Cobalah cara membasmi rayap kayu secara alami dengan larutkan terlebih sabun dengan air. Lalu masukkan ke dalam semprotan air dan semprot ke perabotan yang diserang rayap. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.