Sukses

Pulau Terbesar di Indonesia Adalah Papua, Ini Penjelasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Pulau terbesar di Indonesia adalah penting untuk diketahui oleh warga Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak pulau, termasuk pulau terbesar. Lantas apa pulau terbesar di Indonesia?

Dikutip dari lam Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Jecil, jumlah pulau di Indonesia yang tertera pada Undang-Undang No.6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia adalah 17.508 pulau.

Jumlah tersebut mengalami penurunan pertahunnya, pada tahun 2019 jumlah pulau di Indonesia menjadi 16.671 yang sudah dilaporkan ke PBB melalui sidang UNGEGN. Kemudian pada tahun 2020, jumlah pulau di Indonesia mengalami kenaikan menjadi 16.771 pulau. Dari jumlah pulau tersebut, pulau terbesar di Indonesia adalah Papua.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pulau terbesar di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pulau Terbesar di Indonesia Adalah

Pulau terbesar di Indonesia adalah Papua. Pulau terbesar di Indonesia adalah Papua dengan luas wilayah 785.753 kilometer persegi. Papua adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Selain sebagai pulau terbesar di Indonesia, Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Sekitar 47% wilayah pulau Papua merupakan bagian dari Indonesia, yaitu yang dikenal sebagai Netherland New Guinea, Irian Barat, West Irian, serta Irian Jaya, dan akhir-akhir ini dikenal sebagai Papua. Sebagian lainnya dari wilayah pulau ini adalah wilayah negara Papua New Guinea (Papua Nugini), yaitu bekas koloni Inggris. 

Papua, terbagi menjadi dua wilayah yaitu bagian baratnya adalah wilayah Indonesia. Sedangkan bagian timur Papua merupakan wilayah negara Papua Nugini. Apabila dilihat melalui peta, pulau Papua memiliki bentuk menyerupai burung cendrawasih. Di Papua pula, terletak gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 m. Menurut data dari Badan Pusat Statistik atau BPS yang dirilis tahun 2021, jumlah penduduk pulau Papua adalah 4.355.445 jiwa.

3 dari 4 halaman

Suku-Suku di Pulau Papua

Dengan beragam kekayaan budaya dan suku, pulau Papua juga memiliki beragam suku yang wajib anda ketahui. Berikut penjelasannya:

1. Suku Amungme

Suku Amungme dikenal juga dengan sebutan suku Amui atau Hamung. Masyarakat suku Amungme tinggal di wilayah Pegunungan Jayawijaya. Suku Amungme memiliki jumlah orang sebanyak kurang lebih 3.500 jiwa.

Bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh suku Amungme adalah bahasa Uhunduni, yang terbagi menjadi beberapa dialek, di antaranya Amung, Damal, dan Enggipilu. Suk Amungme merupakan suku yang hidu berkelompok dan mendirikan rumahnya di atas tiang-tiang kayu, dengan atap alang-alang atau daun rumbia (sagu). Setiap kelompok terdiri atas 5-10 rumah tangga.

Pakaian asli kaum wanita dari suku Amungme adalah rok atau cawat, yang terbuat dari serat kulit kayu. Sementara itu, untuk kaum laki-lakinya memakai koteka, yang merupakan pakaian khas dari kulit buah labu yang telah dikeringkan.

2. Suku Asmat

Selanjutnya, suku Asmat banyak mendiami Papua di bagian selatan, yaitu di sekitar sungai-sungai besar, seperti Aswets, Pomats, Undir, dan Bets. Suku Asmat Papua ini terkenal sebagai suku yang terasing dari dunia luar karena berada di wilayah yang sulit untuk terjangkau.

Bahan makanan suku Asmat banyak didapatkan dari pohon sagu yang tumbuh liar, serta hewan-hewan hasil perburuan untuk mendapatkan protein hewaninya, seperti babi hutan, burung, dan ikan. Biasanya suku Asmat mendirikan pemukiman rumahnya di pinggir sungai.

Setiap rumah di satu kampung suku Asmat ditandai dengan ye, je, dan yeu. Ye merupakan rumah yang dihuni oleh para bujang atau laki-laki masyarakat Asmat, sedangkan je adalah rumah yang ditempati oleh kaum perempuan dan anak.

Sementara itu, rumah yeu merupakan pusat kegiatan sosial religius masyarakat suku Asmat. Hal ini disebabkan rumah yeu menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Asmat ketika ada yang perlu dimusyawarahkan, serta merayakan jika ada kegiatan religius.

3. Dani (Ndani)

Berikutnya, jenis suku di pulau Papua adalah suku Dani. Suku Dani hidup di pedalaman Papua, tepatnya di dataran tinggi Pegunungan Jayawijaya bagian tengah. Pemukiman masyarakat suku ini umumnya berada di sekitar hulu sungai besar, seperti sungai Memberamo.

Bahasa yang digunakan oleh suku Dani mirip dengan rumpun bahasa Melanesia dan Pasifik Barat, yang terbagi menjadi dua dialek, yaitu dialek Dani Barat (bahasa Lanny) dan dialek Dani Lembah Besar (Dani Baliem).

Untuk pakaian yang digunakan oleh suku Dani juga sangat khas. Laki-laki hanya perlu menutupi kemaluannya dengan kulit labu air yang sudah kering. Sementara itu, wanitanya hanya memakai rok dari untaian serat rumput.

4 dari 4 halaman

Pulau-Pulau Terbesar di Indonesia Lainnya

Selain Papua sebagai pulau terbesar di Indonesia, ada beberapa pulau terbesar di Indonesia yang lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Kalimantan

Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia. Total luas wilayah pulau Kalimantan sendiri adalah 743.330 km persegi. Pulau Kalimantan memiliki julukan yaitu Pulau Seribu Sungai, karena memiliki banyak sungai yang mengalir di kepulauan ini.

Pulau Kalimantan memiliki batas laut sebelah Barat dengan Selat Karimata, sebelah Timur dengan Selat Makassar, sebelah Selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah Utara dengan Laut China Selatan.

2. Sumatera

Sumatera memiliki total luas wilayah 473.481 km persegi. Sumatera terletak di bagian barat gugusan kepulauan nusantara. Tepatnya di sebelah utara Teluk Benggala, timur Selat Malaka, selatan Selat Sunda, dan barat Samudra Hindia.

Melansir laman worldatlas.com, Pulau Sumatera menjadi pulau terluas keenam setelah Baffin Island. Pulau ini terletak di bagian barat Indonesia dengan bentuk membujur dari utara ke selatan.

3. Sulawesi

Pulau Sulawesi atau disebut pula sebagai pulau Celebes adalah pulau terbesar keempat di Indonesia. Total luas wilayah Pulau Sulawesi diperkirakan mencapai sekitar 174.600 km persegi. Bentuk pulau sulawesi cukup unik karena menyerupai huruf K jika dilihat pada peta. Itulah yang menjadi ciri khas dari pulau Sulawesi.

4. Jawa

Pulau Jawa memiliki jumlah total wilayah 126.700 km persegi dan menjadi pusat industri serta perekonomian di Indonesia. Pulau Jawa juga merupakan pulau terpadat di Indonesia bahkan di dunia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik atau BPS yang dirilis tahun 2021, menempati peringkat kelima sebagai pulau terbesar di Indonesia, Jawa memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 126 juta jiwa dan lebih dari setengah populasi di Indonesia berada di Pulau Jawa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS