Sukses

Relatif Adalah Kata yang Bersifat Subjektif, Pahami Maknanya

Liputan6.com, Jakarta Relatif adalah istilah yang kerap kali digunakan dalam berbicara sehari-hari. Kata relatif adalah kata yang bisanya digunakan untuk menilai sesuatu. Sehingga penggunaannya dalam kalimat sangatlah berperan penting.

Relatif adalah salah satu kata sifat dalam bahasa Indonesia yang banyak ditemui pada media sosial. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata relatif adalah tidak mutlak atau nisbi.

Untuk lebih memahami makna dari kata relatif dalam bahasa Indonesia, anda perlu menyimak penjelasan ini. Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna kata relatif dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Arti dan Makna Relatif

Relatif adalah kata yang berasal dari bahasa Latin yaitu relativus yang artinya berhubungan dengan. Dalam bahasa Inggris, kata ini sering disebut relative. Relatif memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga relatif dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Arti relatif adalah sebuah hal yang tidak dapat didefinisikan tanpa acuan pada sesuatu hal lainnya. Arti relatif bisa juga suatu penilaian, hal, atau benda yang belum memiliki nilai tetap atau dapat berubah-ubah dari satu waktu ke waktu lainnya.

Hal ini juga tergantung dari konteks penggunaan dari kata relatif. Sesuatu dikatakan relatif jika nilainya dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, hal yang relatif kerap bersifat subjektif yaitu berbeda pendapat dari satu orang ke orang lain. Sehingga, relatif tidak bisa dijadikan sebuah acuan pasti. Oleh karena itu, nilai dari relatif bisa berubah-ubah, baik karena waktu ataupun karena pandangan serta pola pikir seseorang. 

Relatif adalah kata sifat dari suatu hal yang tidak dapat ditentukan secara mutlak bagi setiap pengamat. Maknanya, apakah sesuatu adalah sesuatu tidak dapat ditentukan secara universal karena persepsi masing-masing pengamat adalah berbeda. 

3 dari 5 halaman

Arti Kata Relatif dalam Filsafat

Dalam ilmu filsafat, kata relatif digunakan dalam penyebutan kebenaran relatif atau kebenaran sementara. Kebenaran relatif adalah sebuah kebenaran yang diciptakan oleh manusia dan hal itu bisa saja berubah secara terus-menerus.

Kebenaran ini biasanya berupa teori-teori dalam kehidupan yang bersumber dari gagasan dan dilakukan oleh seorang ilmuwan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bisa membuktikannya. Dengan kata lain, kebenaran relatif masih belum dipastikan benar atau tidaknya sesuatu yang sedang dibicarakan.

4 dari 5 halaman

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Relatif

Relatif adalah kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikut contoh kalimat yang menggunakan kata relatif di dalamnya:

1. Seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.

2. Pengalaman yang sama dapat menimpa siapapun, tapi sejauh mana dan secepat apa pengalaman yang sama itu memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda atau relatif satu sama lain.

3. Bahagia itu relatif, tapi bagi saya kebahagiaan selalu bermuara di hati keluarga.

4. Kebohongan yang paling umum adalah yang mana seseorang berbohong pada dirinya sendiri, berbohong kepada orang lain relatif merupakan pengecualian.

5. Orang bijak adalah dia yang tahu nilai relatif benda.

6. Seni cenderung menuju keseimbangan, keteraturan, penilaian nilai-nilai relatif, hukum pertumbuhan, ekonomi kehidupan, dan hal-hal yang sangat baik bagi siapa saja yang tertarik.

7. Bahasa seperti uang, yang tanpanya nilai-nilai relatif spesifik mungkin ada dan dirasakan, tetapi tidak dapat direduksi menjadi penyebut yang sama.

8. Cewek jaman sekarang itu mottonya; Cantik itu relatif, Photoshop itu alternatif.

9. Kecantikan bukan berada pada raut wajah, dia terpancar bagai serunai sinar dari dalam hati.

10. Hanya melalui kontak dan perbandingan bahwa nilai relatif atau tidak berharga dari berbagai elemen budaya dapat dilihat dan dipahami dengan jelas dan kritis.

5 dari 5 halaman

Kata Mutiara Cantik Itu Relatif

21. Bukan pakaian, tas, dompet atau perhiasan yang membuat Anda cantik, tapi kebaikan hati dan senyuman, itulah kecantikan yang tiada tara.

22. Di semesta ini, kecantikan paling cantik hanya dia, yaitu ibu kita.

23. Kebanggaan masa muda adalah kekuatan dan kecantikan. Sedangkan kebanggaan masa tua adalah mengendalikan lidah.

24. Kecantikan adalah kekuatan, sebuah senyuman adalah senjatanya.

25. Ketampanan atau kecantikan itu terlihat lebih jelas dari kebiasaan hidup.

26. Kecantikan yang tidak disertai dengan iman dan budi  pekerti, bagai bunga yang indah, namun tiada harum.

27. Wanita ingin dicintai bukan karena dia cantik, atau baik, atau pintar, tapi dia ingin dicintai karena diri dia apa adanya.

28. Kecantikan ibu itu, tak hanya di wajahnya, tetapi selalu lebih cantik pada hatinya.

29. Wanita ingin dicintai tanpa sebuah alasan, bukan karena mereka cantik, atau baik, atau pintar, namun karena mereka adalah mereka.

30. Siapa pun bisa melihat wanita cantik, tapi hanya si bijak yang melihat hati cantiknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS