Sukses

8 Wisata Singkawang Paling Populer, Lengkap dengan Harga Tiketnya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Singkawang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk anda yang akan berkunjung ke Kalimantan. Singkawang menawarkan tempat yang indah, budaya lokal yang menarik, makanan yang lezat dan juga penduduk lokal yang terkenal dengan keramahannya.

Wisata Singkawang menyajikan pengalaman yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Menjadi salah satu kota di Indonesia yang mayoritas dihuni oleh etnis Tionghoa. Di sini wisatawan akan merasakan budaya Tionghoa yang kental, bangunan bergaya china dan makanan yang tiada duanya.

Selain terkenal dengan wisata budayanya, tempat wisata Singkawang juga menyajikan wisata alam yang tidak kalah memukau. Terletak di antara berbagai pegunungan, Singkawang menghadirkan suasana alami dan asri, yang pasti akan membantu anda untuk menenangkan pikiran.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Singkawang, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2022) rekomendasi tempat wisata Singkawang yang wajib dikunjungi, lengkap dengan harga tiket masuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Singkawang Paling Populer

1. Pantai Pasir Panjang

Wisata Singkawang popular yang pertama adalah pantai pasir panjang. Dinamakan Pasir Panjang karena pantainya sendiri membentang sepanjang kubah laut lepas. Airnya yang biru dan bersih membuat pantai ini dikenal sebagai pantai paling menarik dibandingkan dengan pantai lain di Singkawang.

Disini anda dapat melakukan berbagai macam olahraga air atau dapat juga menikmati waktu dengan bersantai atau berjemur di tepi pantai. Satu hal yang harus anda lakukan di sini adalah menikmati matahari terbenam.

Berjarak sekitar 142 kilometer dari Pontianak, ibu kota provinsi. Anda bisa naik bus atau taksi dari Bandara Supadio. Kemudian anda dapat menyewa mobil, atau naik bus atau taksi atau skuter sejauh sekitar 17 kilometer untuk berada di Pantai Pasir Panjang.

Tiket Masuk: Rp 25.000 per orang.

 

2. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura menjadi sangat populer karena keindahannya. Perjalanan dari Pontianak menuju Pantai Kura-Kura akan memakan waktu 3 jam atau lebih. Pantai ini akan memanjakan diri anda dengan pasir emasnya, air murni dan ombaknya yang tenang.

Dinamakan “Pantai Kura-Kura” karena pantai ini dipenuhi dengan penyu. Disini kura-kura memiliki arti yang sama dengan penyu, anda dapat menemukan penyu dengan sangat mudah di sepanjang sisi pantai. Anda juga dapat menyentuh penyu dan bermain bersama mereka. Pastikan anda stay sampai matahari terbenam untuk menikmati indahnya sunset di Singkawang.

Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang.

3 dari 5 halaman

Wisata Singkawang Paling Populer

3. Pulau Randayan

Wisata Singkawang yang tidak boleh terlewatkan adalah Pulau Randayan. Dikenal sebagai pulau terkecil dengan panjang 450 meter, Pulau Randayan memiliki pemandangan paling indah di antara pulau-pulau lainnya. Setelah melewati sedikit perjalanan panjang ke Pulau Randayan, anda akan terpukau dengan pemandangannya.

Pulau kecil ini dikelilingi oleh air jernih yang masih alami. Anda dapat menggunakan perahu untuk melihat-lihat, atau tinggal di pulau dan menikmati pemandangan yang indah. Cuaca di sini juga cocok untuk mereka yang datang untuk berjemur.

Tiket Masuk: Gratis (Terdapat biaya kapal yang berbeda-beda tergantung tipe kapal yang digunakan)

 

4. Pulau Lemukutan

Selain Pulau Randayan, ada satu pulau yang tidak boleh anda lewatkan di Singkawang yaitu Pulau Lemukutan. Pulau Lemukutan memiliki keunikan tersendiri yang akan memukau pengunjung. Tidak hanya memiliki air yang jernih pulau ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Untuk mencapai pulau Lemukutan anda bisa memulai perjalanan dari Pontianak, menuju Teluk Suak dalam jarak 115 kilometer, sekitar 3 jam 20 menit perjalanan. Tiba di Teluk Suak, naik perahu motor untuk menuju Pulau Lemukutan. Setidaknya butuh waktu satu jam sebelum bisa sampai di pulau Lemukutan.

Tiket Masuk: Gratis (Terdapat biaya kapal yang berbeda-beda tergantung tipe kapal yang digunakan)

4 dari 5 halaman

Wisata Singkawang Paling Populer

5. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Vihara Tri Dharma Bumi Raya merupakan salah satu vihara tertua di Kalimantan Barat. Berdiri sejak tahun 1878, vihara ini dibangung sebagai persembahyangan Dewa Hutan yang bernama Tua Pek Kong. Walaupun candi ini tidak besar, namun candi ini sudah menjadi ikon kota Singkawang, khususnya bagi masyarakat Tionghoa.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya juga digunakan sebagai tempat merayakan Tahun Baru Imlek. Puncak dari perayaan itu adalah pada Cap Go Meh, hari ke-15 Tahun Baru Imlek, yang dikenal sebagai perayaan penutup. Cap Go Meh tidak hanya dihadiri oleh orang Tionghoa di Singkawang saja. Itu juga dimeriahkan oleh orang-orang dari kota dan negara lain.

Tiket Masuk: Gratis.

 

6. Festival Cap Go Meh

Seperti disebutkan di atas, Cap Go Meh adalah perayaan penutupan Tahun Baru Imlek terbesar. Orang-orang datang dari kota dan negara lain untuk memeriahkan perayaan tersebut. Festival Cap Go Meh adalah festival paling menarik yang tidak boleh Anda lewatkan di Singkawang.

Wisata Singkawang menjadi destinasi saat Cap Go Meh karena memiliki festival yang keren dan menakjubkan. Banyak atraksi akan diadakan di sini. Selain atraksi, anda juga bisa menikmati varian makanan dan minuman yang dibuat oleh etnis Tionghoa. Cap Go Meh sendiri memiliki arti sebagai festival syukuran untuk merayakan puncak musim panen. Juga sebagai ucapan syukur selama 15 hari non-stop selama Tahun Baru Imlek

Tiket Masuk: Gratis

5 dari 5 halaman

Wisata Singkawang Paling Populer

7. Rumah Marga Tjhia

Di samping Vihara Tri Dharma Bumi Raya, terdapat Rumah Marga Tjhia yang kaya akan budaya. Untuk mencapai rumah tersebut, anda harus melalui jalan setapak yang sempit. Tepat di Jl. Budi Utomo nomor 36, Singkawang, anda akan menemukan salah satu bangunan tertua yang dibangun di lebih dari 100 tahun yang lalu.

Rumah Marga Tjhia milik Si He Yuan memiliki teras yang luas dengan banyak ruangan di dalamnya. Ada ruang untuk putra, putri, orang tua, tamu, pelayan, dan taman di tengah bangunan. Taman tersebut merupakan tempat sentral yang digunakan untuk berkumpul dan bertemu dengan anggota keluarga, terutama di Tahun Baru Imlek.

Tiket Masuk: Gratis.

 

8. Pasar Hongkong Singkawang

Setelah mengunjungi Rumah Marga Tjhia, anda bisa langsung menuju Pasar Hongkong pada malam harinya. Tempat ini menawarkan suasana terbaik dan nyaman, terutama pada malam hari. Selain jalan-jalan, anda juga bisa menikmati kue dan kuliner lokal istimewa yang mungkin tidak akan anda temukan di kota lain.

Wisata Singkawang ini bisa menjadi penutup manis perjalanan anda di Singkawang, selain kuliner, disini juga terdapat banyak restoran yang menjual oleh-oleh khas Singkawang. Anda bisa berbelanja berbagai macam benda untuk dibawa pulang sebagai pengingat.

Tiket Masuk: Gratis.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS