Sukses

16 Manfaat Makan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Hilangkan Stress Hingga Bantu Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat makan pisang bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan energi. Pisang adalah salah satu jenis buat yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan kaya nutrisi.

Manfaat makan pisang yang melimpah didapat dari kandungan nutrisinya yang kaya akan protein, serat, vitamin, kalium, folat dan masih banyak lagi. Buah pisang memiliki berbagai macam jenis dan ukuran, namun semuanya memiliki kandungan yang sama dan baik untuk kesehatan tubuh.

Baik dikonsumsi kapan saja, pisang menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan dikonsumsi setiap harinya. Dengan konsumsi pisang teratur, tubuh akan mendapatkan manfaat makan pisang yang berupa tingkat kesehatan tubuh yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022) tentang manfaat makan pisang yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Makan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Pisang membantu otot untuk pulih lebih cepat

Manfaat makan pisang yang pertama adalah membentuk otot kita untuk pulih lebih cepat. Pisang adalah sumber makanan yang kaya akan potasium. Karena merupakan elektrolit, kalium membantu otot anda pulih dari latihan, memperkuat perkembangannya, dan memungkinkan anda berolahraga lebih banyak.

 

2. Pisang mendukung suasana hati yang baik

Pisang juga dapat menjaga suasana hati, hal ini karena pisang mengandung 6 persen dari nilai harian vitamin B9, yang mana merupakan nutrisi yang dapat melawan Depresi dengan meningkatkan substrat yang memiliki sifat antidepresan. Dengan kata lain, ini membantu serotonin, zat kimia yang membuat anda merasa baik, masuk ke otak lebih cepat.

 

3. Menurunkan perasaan cemas dan stres

Selain B9 yang meningkatkan suasana hati, pisang juga memiliki triptofan dan serotonin yang merupakan bahan kimia otak yang paling penting karena merupakan anti-depresan alami dan dapat mengobati, kecemasan dan insomnia, serta masalah suasana hati lainnya seperti kelelahan, lekas marah, agitasi, kemarahan, dan agresi. Pisang juga memiliki norepinefrin, yang mengatur rasa takut yang membuat anda stres.

 

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Pisang mengandung fitosterol yang merupakan senyawa yang memiliki efek penurun kolesterol LDL yang efektif. Selain itu menurut sebuah penelitian di The Journal of Nutrition, Pisang mengandung Vitamin B6 yang penting untuk hampir semua bagian dalam tubuh, mulai dari kesehatan jantung, kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, dan fungsi sistem saraf.

3 dari 5 halaman

Manfaat Makan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mendukung sistem pencernaan yang lebih sehat.

Manfaat makan pisang dapat membantu pencernaan yang buruk. Hal ini karena pisang adalah sumber prebiotik yang sangat baik, pisang bertindak sebagai karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang merupakan makanan untuk bakteri usus yang baik (probiotik) dan meningkatkan pencernaan, karena mengandung fruktooligosakarida, sekelompok molekul fruktosa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik .

 

6. Mendukung kesehatan tulang yang baik.

Meskipun pisang tidak mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, namun pisang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dengan bantuan fruktooligosakarida prebiotik. Saat fructooligosaccharides berfermentasi di saluran pencernaan, mereka meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

 

7. Membantu untuk menangkal penyakit.

Meskipun pisang tidak memiliki vitamin A, pisang tetap dapat membantu meringankan kekurangan vitamin A. Hal ini karena pisang kaya akan tiga jenis karotenoid yaitu karotenoid provitamin A, beta-karoten, dan alfa-karoten, yang sebenarnya diubah tubuh menjadi vitamin A. Selain itu penelitian menunjukan bahwa makanan yang mengandung karotenoid tingkat tinggi telah terbukti melindungi terhadap penyakit kronis, termasuk kanker tertentu, penyakit kardiovaskular dan diabetes.

 

8. Mendukung kesehatan mata dan penglihatan.

Pisang mengandung vitamin A dan C, keduanya adalah antioksidan dan merupakan nutrisi yang menyehatkan mata dan kulit. Pisang juga memiliki beta karoten serta antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dan memperbaiki kerusakan pada tingkat sel. Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E dan lutein yang menyehatkan mata. Lutein adalah nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

4 dari 5 halaman

Manfaat Makan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

9. Membantu tubuh membakar lemak.

Pisang memiliki vitamin B penghancur lemak yang bekerja langsung pada gen yang menyebabkan penyimpanan lemak di perut. Salah satu alasan peminum berat mengalami perut kembung adalah karena alkohol menghabiskan kolin dan menyebabkan penambahan berat badan di sekitar hati. Anda juga dapat menemukannya dalam daging tanpa lemak, makanan laut, dan sawi hijau.

 

10. Membantu detoksifikasi tubuh.

Kaya akan pektin, pisang adalah detoks alami. Dalam pencernaan pisang menempel pada senyawa beracun dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin. Penelitian juga menunjukkan pektin dalam pisang dapat membatasi jumlah lemak yang dapat diserap sel anda. Pektin juga dapat membantu anda mengatur gula darah.

 

11. Merupakan sumber energi yang baik.

Manfaat makan pisang yang selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Pisang kaya akan glukosa, yaitu sumber gula yang paling mudah dicerna yang akan memberikan energi optimal untuk lari, power lift atau kelas Soulcycle. Makan satu kali setelah berolahraga membantu tubuh dengan cepat mengisi kembali simpanan energi yang terkuras selama sesi olahraga.

 

12. Membantu buang air besar secara teratur.

Manfaat makan pisang berikutnya adalah untuk membantu siklus buang air besar anda menjadi lebih teratur. Pisang membantu anda membuang kotoran dalam perut lebih baik dengan membuat tinja lebih mudah dikeluarkan. Pisang juga membantu ketika kesehatan perut terganggu, hal ini karena pisang juga mengandung probiotik yang baik untuk mikroba baik yang hidup di usus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Makan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

13. Membantu mengurangi kembung.

Buah pisang dapat meningkatkan bakteri yang dapat melawan kembung di perut dan juga merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu mengurangi retensi cairan dan gas dalam perut. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang makan pisang dua kali sehari sebagai camilan sebelum makan selama 60 hari, mengalami penurunan kondisi perut kembung hingga 50 persen.

 

14. Membantu mengatur tingkat tekanan darah.

Pisang memiliki kandungan yang tinggi akan potasium dan rendah sodium, buah ini secara resmi diakui oleh banyak peneliti mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kombinasi  asupan rendah sodium, potasium tinggi dikaitkan dengan tingkat tekanan darah terendah dan frekuensi stroke terendah pada manusia.

 

15. Membantu membangun otot tanpa lemak.

Sebagai sumber magnesium yang baik, pisang dapat membantu kontraksi dan relaksasi otot serta sintesis protein yang pada gilirannya, meningkatkan massa otot tanpa lemak. Asupan magnesium juga membantu meningkatkan lipolisis, yaitu suatu proses di mana tubuh anda melepaskan lemak dari tempat penyimpanannya.

 

16. Merasa kenyang lebih lama

Sebelum matang, pisang kaya akan sesuatu yang disebut pati resisten, yang memiliki sifat menolak proses pencernaan. Kandungan ini memberi makan bakteri usus, yang kemudian pada gilirannya menekan nafsu makan dan mengarah pada oksidasi lemak yang lebih efisien. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa mengganti hanya 5 persen karbohidrat hari ini dengan sumber pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak pasca makan hingga 30 persen.

 

Demikian beberapa manfaat makan pisang bagi kesehatan yang bisa diperoleh tubuh dengan mengonsumsi pisang secara teratur setiap harinya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS